Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Sejarah, Mahasiswa Uniku Kuliah di Lapas

KUNINGAN (MASS)- Pada dasarnya, setiap orang berhak untuk menuntut ilmu tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu, Baik tua muda perempuan ataupun pria dapat belajar menambah ilmu pengetahuan.

Menyadari pentingnya ilmu pengetahuan, Kepala Lapas Kuningan mendorong petugasnya untuk melanjutkan tingkat pendidikan ke jenjang yang lebih seperti strata 1. Sebanyak 16 orang petugas Lapas Kuningan terdaftar sebagai Mahasiswa Fakultas Hukum Uniku tahun ajaran 2019 2020.

Pagi tadi 25 September 2019 jam 09.00 WIB, 16 mahasiswa Lapas Kuningan mengikuti Kuliah Umum yang di adakan oleh Fakultas Hukum Universitas Kuningan. Dalam paparannya, Kalapas Sebagai Pemateri menjelaskan antara lain peran Lapas sebagai bagian dari Criminal Justice System, Hak dan Kewajiban Narapidana.

Sebelum proses kuliah umum, dilaksanakan terlebih dulu penandatanganan MoU antara Lapas Kuningan dengan Universitas Kuningan. Salah satu poin dalam kerjasama tersebut adalah mahasiswa yang berasal dari Lapas bisa melaksanakan perkuliahan di Lapas Kuningan. Hal ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya jumlah pegawai Lapas Kuningan.

Kalapas Kuningan mengaku  bangga para petugas  bisa melanjutkan pendidikan dan tentu  didorong sepenuhnya untuk hal tersebut. Namun di lain sisi karena banyaknya petugas yang kuliah dapat menjadi persoalan tersendiri, saat anggota kuliah akan terjadi kekurangan petugas jaga.

Maka lanjut dia,  agar terjadi keseimbangan, pihak Lapas koordinasi dan komunikasi dengan Rektor dan Dekan agar pelaksanaan perkuliahan bisa dilakukan di Lapas, ternyata pihak Uniku menginjinkan.

“Dengan perkuliahan yang dilaksanakan di Lapas selain proses belajar dapat berjalan, kantor pun akan ada aktivitas tambahan sehingga petugas selain bertugas dapat kuliah juga,” jelasnya.

Meskipun perkuliahan dilaksanakan di Lapas, mahasiswa harus belajar dengan sungguh-sungguh tidak ada yang istimewa. Ucapan terima kasih disampaikan untuk civitas akademika Uniku yang semakin “mesra” bekerja sama dengan Lapas. (agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS)- Kegiatan Sosmascamp ke 7 di tahun ini yang diadakan oleh BEM KM UGM dengan tema “Kontribusi Mahasiswa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembangunan...

Education

KUNINGAN (MASS) – Mahasiswa Universitas Kuningan (Uniku), Alan Maulana, meraih juara 3 di ajang Foto Hunting se-wilayah 3 Cirebon yang digelar oleh Batik Trusmi....

Politics

KUNINGAN (MASS)- Bawaslu Jabar selama Pilkada 2018 mencatat ada 400 pelanggaran yang dilakukan oleh para calon pada saat pilkada serentak. Dari jumlah tersebut, 111...

Government

KUNINGAN (MASS) – Dalam sebuah acara menyangkut pemilu, seorang mahasiswa secara tidak sengaja memunculkan kasus dugaan korupsi pupuk urea. Dalam kasus itu, pupuk urea...

Advertisement