Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Headline

Saluran Irigasi Tertutupi Runtuhan TPT, Tiga Rumah Kebanjiran

KUNINGAN (MASS)- Warga Dusun Manis Rt 01/Rw 01 Desa/Kecamatan  Sindangagung  pada Jumat  (5/4/2019) malam sekitar  jam 19.30 WIB dibuat panik. Pasalnya, air dari  saluran irigasi  di dekat Perumahan Girya Kuningan Permai tiba-tiba meluap dan menyebabkan banjir.

Akibat air meluap setinggi 50-80 Cm itu membuat  tiga rumah milik warga terendam. Bukan hanya rumah tapi dua kolom ikan pun ikut terendam.

Mengetahui kejadian ini anggota Polsek Garawangi Ka SPKT 1 Aiptu Sopar Silalahi dan Bripka Aas Rosnawan, SE beserta anggota Piket Koramil 1513/Grw Sertu Bagyo dan Serda Mutohar mendatangi TKP. Mereka membantu mengangkat longsoran TPT bersama masyarakat Perum GKP,  dan Damkar untuk meminimalisir air yang masuk ke pemukiman dan kolam ikan milik warga sekitar.

Menurut Bripka Aas Rosnawan, asal mula kejadian Jumat sekitar pukul 10.00 WIB Tembok Penahan Tebing (TPT) panjang 20 M dan Tinggi 3 M di Perum GKP  longsor dan menutupi saluran irigasi. Setelah itu  sekitar pukul 17.20 WIB mulai turun hujan kecil.

Ternyata  jam 19.30 WIB  terjadi hujan lebat yang mengakibatkan saluran irigasi yang tertutup longsoran tembok TPT tersendat, sehingga air dari irigasi tersebut meluber dan masuk ke pemukiman dan kolam ikan milik warga setempat, adapun ketinggian air 50-80 cm.

Aas menyebutkan, adapun tiga warga yang rumahnya kebanjiran adalah rumah dan Kolam ikan milik Toto Hasyim (61), Rumah milik Asep Bambang (53)  dan terakhir  rumah milik  Uum (52). Sedangkan  kolam ikan satunya lagi milik  H Amud (57)  yang merupakan  Pensiunan TNI.

“Untuk pembersihan dan pengangkatan lonsoran material tembok TPT ke saluran irigasi akan dilaksanakan pada hari Sabtu Pagi di mulai sekitar pukul 08.00 WIB oleh masyarakat sekitar, anggota polri, TNI, BPBD dan Damkar Kuningan,” ujar Aas yang hingga jam 00.01 Sabtu dini hari masih berada di lokasi. (agus)

 

 

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Incident

SUBANG (MASS) – Hujan intensitas sedang hingga lebat yang terus mengguyur Kuningan selatan baru-baru ini, mengakibatkan TPT sebuah rumah di Desa Pamulihan Kecamatan Subang,...

Headline

KUNINGAN (MASS)- Hujan deras yang terjadi pada Kamis (18/11/2021) membuat TPT logsor di Blok Sukasari RT 001/ RW 001 Kelurahan Cipari Kecamatan  Cigugur longsor....

Headline

KUNINGAN (MASS)-  Hujan deras yang terjadi di Desa/Kecamatan Ciwaru Selasa (19/10/2021) yang sejak pukul 13.00 WIB membuat TPT di Dusun Dusun Cimanggang RT01/ RW...

Headline

KUNINGAN (MASS)-  Hujan deras yang akhir-akhir ini terjadi membuat TPT yang terletak di Dusun Kliwon RT 05/01 Desa/Kecamatan Garawangi longsor. Akibat TPT longsor itu...

Advertisement