Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Saka Adhyaksa Pemilu Dilantik

KUNINGAN (MASS) – Bupati Kuningan H Acep Purnama menghadiri pelantikan dan pengukuhan Pramuka Saka Adhyaksa Pemilu Tahun 2019 bertempat di Hotel Horison Kuningan, Selasa 16/10. Hadir juga ketua DPRD yang juga ketua Kwarcab Pramuka Kuningan Rana Suparman SSos.

Meraka yang dilantik oleh Ketua Kwarcab Rana Suparman adalah ketua Bawaslu Kabupaten Kuningan Ahmad Jubaedi sebagai ketua Saka Adhayasta Pemilu 2019 dan kawan-kawan dari unsur Panwaslu Kabupaten Kuningan.

Dalam sambutannya Bupati Kuningan Acep Purnama mengatakan, apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bawaslu Kabupaten Kuningan yang telah mengadakan dan memfasilitasi kegiatan sosialisasi ini. Kegiatan ini merupakan upaya dalam menyiapkan Pemilihan Umum yang berkualitas.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Tahun 2019 merupakan tahun hajat besar demokrasi di negara Indonesia khususnya di Kabupaten Kuningan karena pada tahun 2019 akan diadakan pesta demokrasi pemilhan Presiden dan Pemilihan Legislatif,” ujar Acep.

Pemilu merupakan sarana perwujudan kedaulatan rakyat, sekaligus sarana aktualitasi partisipasi masyarakat sebagai pemegang kedaulatan dalam penentuan jabatan publik. Sebagai pemegang kedaulatan posisi masyarakat dalam pemilu ditempatkan sebagai subyek, termasuk dalam mengawal integritas pemilu, salah satunya melalui pengawasan pemilu.

DIkatakan, Gerakan Pramuka merupakan wujud asosiasi dalam masyarakat, dalam asosiasi ini anggota mendapatkan pembelajaran berorganisasi dan pelatihan skill. Gerakan ini mempunyai potensi besar turut berpartisipasi dalam melakukan pengawasan pemilu.

Gerakan pramuka juga berfungsi sebagau sekolah demokrasi karena mengajarkan hal-hal yang berkaitan dengan Civic Skil seperti pengorganisasian, mengadakan pertemuan, menulis gagasan, berargumentasi, berpidato dan sebagainya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Gerakan pramuka mempunyai pondasi yang kuat dalam mengasah civil skill seluruh anggotanya dan menumbuhkan kesadaran politik atas pentingnya partisipasi dalam melakukan pengawasan pemilu dan menciptakan pemilu yang bebas dan adil,” ujar Acep mengakhiri sambutan. (agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Religious

KUNINGAN (MASS) – Bupati Kuningan H Acep Purnama, didampingi sang istri, Hj Ika Siti Rahmatika, nampak menghadiri tabligh akbar, safari dakwah KH Abdullah Gymnastiar...

Government

LOMBOK (MASS) – Pemda Kabupaten Kuningan berhasil meraih penghargaan dari Kementrian Kesehatan atas penilaiannya sukses Eradikasi Frambusia (pembasmian dari penyakit kulit) sehingga tidak jadi...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Pasca dirujuk ke rumah sakit di Jakarta pada pertengahan bulan Mei 2022 ini, kondisi mantan Bupati Kuingan H Aang Hamid Suganda...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Kondisi kesehatan tokoh Kuningan, H Aang Hamid Suganda, kini mulai membaik. Bahkan menurut kabar dari RSUD 45 Kuningan, pria berjuluk Bapak...

Advertisement