Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/kuninganmass/public_html/wp-content/themes/zoxpress/zoxpress/parts/post/post-img.php on line 35

Uncategorized

Rela Patungan Rp15 Ribu , Warga Dukuh Dalem Turun ke Sungai

KUNINGAN (MASS) –  Berbagai cara dilakukan oleh semua warga Kuningan untuk memeriahkan Hari Jadi Kuningan yang jatuh pada tanggal 1 September. Warga Blok Cantilan Desa Duku Dalem Kecamatan Japara memilih ramai-ramai terjun ke  sungai.

Ternyata warga di desa tersebut rela patungan Rp15 ribu/orang. Lalu, uang itu dibelikan ikan dan ikan tersebut dimasukan ke sungai dan oleh warga ditangkap ramai-rami  dengan menggunakan tangan kosong.

Kegiatan gogo ikan ini dilakukan usai salat dzhur hingga beres jam 14.00. Begitu panitia memperbolehkan warga untuk menangkap ikan tanpa dikomandu pun warga langsung terjun ke sungai.

Dalam sekejap sungai tersebut menjadi keruh dan ikan yang ditebar lebih dari 100 KG itu mabok dan dengan mudah warga menangkap. Mereka tanpa sumringah dengan kegiatan ini karena selain hiburan dan silaturhami, juga memperingati Harjad Kuningan ke 519.

“Dari pada kita menanggap hiburan yang tidak karuaan, maka lebih baik gogo ikan. Semua senang dan terhibur,” ucap Waboy salah seorang pantia.

Ia menerangkan, acara gogo ikan tidak setiap tahun digelar. Namun pada saat momen-momen penting seperti Harjad dan Pilkades.

 

Advertisement. Scroll to continue reading.

Terpsiah, Maman warga Dukuh Dalem menyambut positif acara ini karena bagian dari pelestarian seni tradisi dan juga hiburan bagi warga.

“Pokoknya membuat warga sangat terhibur. Dengan modal uang Rp15 ribu pulang membawa ikan cukup banyakm,” tandas Maman. (agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Advertisement