Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/kuninganmass/public_html/wp-content/themes/zoxpress/zoxpress/parts/post/post-img.php on line 35

Anything

Ratusan Calhaj Kuningan Dilepas

KUNINGAN (Mass) – Sebanyak 334 calon jamaah haji asal Kabupaten Kuningan kloter 05 dilepas langsung Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH menuju Embarkasi Bekasi kemarin, Kamis (11/8). Tampak ribuan pengantar Calhaj dari berbagai penjuru Kuningan ikut menghadiri pelepasan yang penuh haru tersebut.

Sebelum diberangkatkan, Bupati Acep berpesan, agar para calon jamaah haji bisa memelihara dan berhati-hati dalam menjaga kesucian nilai ibadah, serta mematuhi nasehat pembimbing ibadah haji dalam menjalankan semua rukun dan wajib haji, serta sunahnya sebagaimana tuntunan yang telah diperoleh selama persiapan keberangkatan.

“Ibadah haji ini memiliki makna dan hikmah yang sangat luhur, yakni sebagai perjalanan wisata suci sebagaimana diungkapkan dalam hadits Nabi Muhammad SAW, yang artinya umatku tidak diajurkan kuat untuk berpergian kecuali pada tiga masjid, yaitu Masjidil Haram, Nabawi dan Masjid Al-Aqso,” ungkapnya.

Menurutnya, berhaji merupakan pengungkapan syiar atau kebesaran Allah SWT, sekaligus mengambil pelajaran dari pergaulan antar bangsa dengan ragam budaya dan adat istiadatnya.

“Namun, semuanya terikat dengan balutan kesucian dengan simbol kain ihrom warna putih, ikhlas duduk bersimpuh beralaskan tikar seadanya seperti saat melakukan wukuf di padang arafah yang merupakan puncaknya prosesi ibadah haji,” ujarnya.

Selain itu, baginya ibadah haji merupakan bentuk penyerahan diri secara total kepada Allah SWT. Sekaligus berziarah kepada fisik monumen keagamaan guna menggali nilai kesejahteraannya, mendalami makna kerahasiannya dan itulah pintu ampunan ridho Allah SWT kemudian ujungnya akan memperoleh derajat haji yang mabrur.

“Untuk itu, semoga yang akan berangkat dan keluarga yang ditinggalkan mendapat rahmat dan perlindungan dari Allah SWT. Sehingga, calon haji ini dapat kembali dengan sehat wal-afiat ke tengah-tengah keluarga dan tempat bekerja dengan semangat kerohanian yang luhur, serta mampu beraktivitas kehidupan dan lahan pengabdian secara lebih berkualitas,” pungkasnya.(andri)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Advertisement