Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Anything

Profil Sanggar Seni Astagiri, Enam Tahun Konsisten Lestarikan Kesenian dan Budaya

KUNINGAN (MASS) – Warisan kebudayaan, memang harus dilestarikan. Mungkin hal itulah yang selama 6 tahun terakhir, terus dilakukan sanggar seni yang satu ini.

Berdiri sejak 2015, Sanggar Seni Astagiri Kuningan ini ada di JI Desa Gunungkeling Rt02/ Rw01, No 02 Lingkungan Cikedung Kelurahan Cirendang, Kuningan.

Sanggar yang satu inu, merupakan milik Fahmi Rakhman M Pd dengan No TDOK 430/700/Kebudayaan/2019, Nomor lnduk Kesenian 2015210274.

Pada kuninganmass.com, Fahmi menyebut Sanggar Seninya ini memang memiliki visi untuk menjadi Sanggar Seni yang terkemuka dan profesional.

Visinya itu, bertujuan agar mampu menjadi wadah pembinaan dan aset wisata dibidang seni budaya serta mampu menjadi pilar penyangga pariwisata dan budaya di Kabupaten Kuningan.

Mewujudkan cita-citanya itu, Fahmi menyebut terus melakukan langkah yang diperlukan, sesuai misi yang diemban.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Menyelenggarakan kegiatan non formal bidang kesenian, yaitu pembinaan dan pelatihan kesenian dan pelatihan kesenian mulai usia dini baik seni tari maupun karawitan,” ujarnya menjelaskan, Minggu (7/11/2021) siang.

Selain itu, Astagiri juga menggali potensi kesenian yang ada di Kabupaten Kuningan, hingga dapat diwacanakan ditingkat nasional dan yang lebih tinggi.

Astagiri juga, jelas Fahmi, memelihara dan mengembangkan warisan budaya leluhur, hingga generasi sekarang dan di masa yang akan datang.

“Kita juga terus berupaya mengembangkan kreativitas generasi muda Kabupaten Kuningan dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan bermartabat,” sebutnya.

Menunjang hal itu, lanjut Fahmi, Astagiri juga menyelenggarakan kegiatan pendidikan, melatih dan membina generasi muda yang beminat mengembangkan keterampilan berolah seni budaya dengan harapan dapat menumbuhkan insan yang bertaqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa, berkepribadian, berbudi pekerti luhur.

“Kita juga terus membina minat, bakat, kecerdasan dan keterampilan. Menumbuhkan peran masyarakat dalam berkarya, menyajikan dan apresiasi seni,” imbuhnya.

Saat ini, pelatihan yang rutin dilakukan Astagiri meliputi pelatihan tari, pelatihan musik tradisional serta pelatihan pembuatan kostum dan aksesoris tari.

Biasanya, pelatihan dilakukan setiap akhir pekan Sabtu-Minggu, mulai dari pukul 09.00 WIB pagi, sampai pukul 15.00 WIB. Kegitan, dilakukan berpusat di Bale Candakara (Studio Sanggar Astagiri Kuningan).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kepengurusan Astagiri sendiri berjumlah mencapai 28 Orang dengan siswa pelatihan sampai saat ini yang sudah berjumlah 75 siswa.

Astagiri, sering terlihat dalam berbagai perlimbaan dan festival seperti festival tari dan kawih, baik online maupun offline.

Selain melestarikan budaya, Astagiri juga menerima jasa untuk berbagai kegiatan seperti upacara adat, entertainment (etnik Sunda), sewa kostum tari, penjualan kostum, dan sewa sound system. Astagiri, bisa dihubungi di kontak 085798832905 melalui seluler/WA. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PD

PKB

Advertisement

PAM

Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Ini sejarah baru bagi masyarakat Kuningan dikatagorikan sebagai Kabupaten dengan penduduk miskin ekstrim.   Sebagai warga Kuningan tentu ada rasa malu...

Anything

KUNINGAN (MASS)- Pasca dilantik PAC Pemuda Pancasila  Kecamatan Luragung langsun bergertak. Bukti nyata adalah melakukan kegiatan Jumat Berbagi. Kegiatan ini hasil kerjasama dengan Unit...

Headline

KUNINGAN (MASS)- Insiden kecelakaan terjadi di ruas jalan Kuningan-Cikijing tepatnya di Desa Haurkuningan Kecamatan Nusaherang pada Jumat pukul 11.30 WIB. Insiden kecelakaan itu melibatkan...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Untuk memperkuat kohesi sosial dan moderasi beragama, yayasan Pasamoan Kuningan menggelar pelatihan pangan berbasis kearifan lokal. Kegiatan itu, dikakukan di Highland...

Advertisement