Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Inspiration

Prof Kadarsyah: Pengguna Internet di Asean Capai 360 Juta Orang

KUNINGAN (MASS) – Dalam menghadapi tantangan dan dinamika inovasi kedepan, terdapat 5 hal yang penting diperhatikan oleh para pemangku kepentingan. Ke-5 hal tersebut adalah Re-Skill (Pembekalan ulang keterampilan), New Skill (Keahlian baru), Up Skill (Peningkatan kualitas keahlian), Shift Skill (Pergeseran keterampilan) dan Long Life learning (Pendidikan yang berkelanjutan).

Hal tersebut diungkapkan Prof Kadarsyah Suryadi Guru Besar Teknik Industri ITB / Rektor ITB 2015-2020 dalam program Inspirasi dari Hati yang digelar Kuningan Knowledge and Innovation Center (KKIC) / Pusat Pengetahuan dan Inovasi Kuningan pada Jumat (5/6/2020) melalui media daring.

Selain Kadarsyah, acara ini menampilkan juga Maudy Koesnaedy (aktris/budayawan), Achmad Fauzi (Praktisi Perbankan Syariah), Adi Junjunan (Analis Kebijakan), Ade Kadarisman (Founder KKIC) dan moderator M Nurdiyansyah (Alumni FEM IPB / Presiden Mahasiswa IPB 2019).

Menurut Kadarsyah, pengembangan sumber daya manusia harus diperhatikan dengan baik dalam kebijakan pembangunan saat ini baik di pusat maupun daerah. Inovasi menjadi penting untuk menghadapi adaptasi kedepan termasuk perkembangan digital saat ini.

“Sebagai dampak dari transformasi digital, pengguna internet di Asean telah tumbuh dari 260 juta di tahun 2015 menjadi 360 juta di tahun 2019 dan 90% diantaranya menggunakan telepon seluler (seperti dikutip dalam laporan dari e-Conomy SEA 2019),” lanjut Kadarsyah.

Hasil penelitian Digital 2019-We Are Social and Hootsuit sebagaimana dicantumkan dalam e-Conomy SEA 2019 rata-rata penggunaan mobile internet di dunia adalah 3 jam 13 menit per hari, sedangkan di Indonesia, Philipina dan Malaysia adalah 4 jam per hari; sementara di Thailand sebesar 5 jam 13 menit per hari.

Pembicara lainnya Adi Junjunan Analisis Kebijakan di Kemetrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengatakan manajemen talenta sangat penting diperhatikan dalam upaya pengembangan SDM yang inovatif.

“Potensi alam, pertanian, peternakan, budaya, pariwisata,UMKM, dll memerlukan dukungan SDM yang adaptif dan profesional,” ungkap Adi.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Adi mengatkan, untuk itu kebijakan pengembangan SDM untuk masyarakat baik dari pemerintah pusat dan daerah harus menjadi prioritas. Hal tersebut dapat dioptimalkan melalui peningkatan kualitas aparatur, kebijakan pendidikan pendidik, kebijakan pendidikan vokasi, dll.

Aspek seni budaya tak luput menjadi perhatian. Maudy Koesnaedi seorang aktris tanah air yang sempat menjejak panggung Festival Film Cannes Perancis mengatakan, budaya menjadi bagian penting dalam pembangunan.

“Kreativitas karya seni dapat membantu upaya-upaya kebudayaan sehingga memberi manfaat untuk masyarakat,” ungkap Maudy.

Untuk itu, imbuhnya, pendidikan yang inovatif dibidang seni budaya harus diperhatikan, serta semakin banyaknya ruang ruang publik untuk masyarakat. Sehingga bisa menjadi tempat menunjukan ekspresi seni-budaya.

Kepedulian semua elemen terhadap perkembangan digital harus semakin ditingkatkan. Achmad Fauzi praktisi perbankan syariah menjelaskan inovasi yang kompetitif mau tidak mau harus dihadapi dengan tepat. Penyesuaian dalam berbagai sendi kehidupan masyarakat seperti transporatsi, kuliner, perbankan, dan layanan jasa lainnya telah merubah beberapa tatanan inovasi.

Menurutnya, karena inovasi berdampak pada kesejahteraan dalam berbagai aspek baik GDP, pendidikan, keseharan,dll.

Inspirasi dari Hati

Inspirasi dari Hati adalah program yang digelar oleh Kuningan Knowledge and Innovation Center (KKIC) / Pusat Pengetahuan dan Inovasi Kuningan dalam upaya membangun dan menjembatani komunikasi antar berbagai stakeholders untuk memberikan spirit, inspirasi dan motivasi dari para Inspirator berbagai bidang.

“Inspirasi merupakan hal penting dalam pengembangan ide, karya, dan inovasi. Inspirasi ini juga menjadi daya gerak seseorang menentukan aktivitas, kolaborasi, dan kontribusi untuk masyarakat,” tutur Ade Kadarisman Founder Kuningan Knowledge and Innovation Center (KCIC).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Staf Pengajar Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad ini mengatakan dalam era saat ini, inovasi menjadi penggerak lahirnya karya produk yang berdampak bagi kesejahteraan.

Pada tayangan perdana ini, Inspirasi Dari Hati menampilkan sosok sosok Inspirator dalam berbagai bidang. Pengalaman, kiprah, ide dan gagasannya dalam melakukan transformasi diri, inovasi karya pada bidang nya serta masukan / harapan atas pengembangan inovasi kedepan diharapkan dapat memberikan semangat untuk semua, baik untuk pembangunan berskala lokal, regional maupun global.

KKIC atau Pusat Pengetahuan dan Inovasi Kuningan merupakan rintisan platform komunikasi dan networking yang akan dikembangkan untuk mengoptimalkan berbagai potensi inovasi berbasis kearifan lokal, yang diinisiasi oleh putra-putri asal Kuningan yang tersebar di berbagai wilayah baik regional maupun internasional.

“Potensi kearifan lokal dari berbagai daerah sesungguhnya menjadi kekuatan bangsa jika digarap dan dioptimalkan dengan sebaik-baiknya, untuk itu semua pemangku kepentingan harus saling berkolaborasi,” pungkasnya. (deden)

Advertisement

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS) – Ikatan Alumni SMA/SMU Negeri 2 Kuningan (IKA SMANDA) menggelar kegiatan ARUJI (Ajang Ngariung Jeung Inspirasi) seri-1 pada Minggu (12/6/2022) melalui kanal...

Education

KUNINGAN (MASS) – Sebagai alumni Smanda yang baru lulus tahun ini, diharapkan dapat terus menjalin silaturahmi dengan sekolah dan juga dengan teman-teman seangkatan sebaik...

Education

KUNINGAN (Mass)- Universitas Kuningan dan Institut Tehnologi Bandung (ITB) Selasa lalu (26/7)  menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) di bidang penelitian, pendidikan dan pengabdian masyarakat. MoU...

Education

KUNINGAN (Mass) – Prestasi membanggakan dicapai sejumlah mahasiswa STKIP Muhammadiyah Kuningan. Pada Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) 5 bidang program Dikti 2017, mereka berhasil lolos....

Advertisement