Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Headline

Praktisi Panti Rehab, Iyan Mukdiana: Pecandu Bisa Pulih

KUNINGAN (MASS) – Salah satu praktisi dan pengelola panti rehabilitasi, Iyan Mukdiana yang menjalankan Padepokan Cipta Wening Subang Kuningan menyebut para pecandu narkotika sebenarnya bisa pulih.

Iyan menjelaskan hal tersebuut saat diwawancarai perihal apakah masa pandemi ini narkoba merajalela atau tidak.

“Sejak pandemi, kita bingung disisi lain
faktanya sekarang narkoba, tambah merajalela apalagi ada yang depresi,” sebutnya beberapa waktu lalu sembari menegaskan covid tak mempengaruhi narkoba.

Padepokannya sendiri, setiap bulannya menerima 5 hingga 8 orang yang memang diserahkan langsung oleh pihak keluarga. Jumlah itu, diluar binaannya yang tidak mendaftar secara resmi.

“Dari Kuningan, kadang dari luar daerah juga, ada dari Garut, Indramayu, Bengkulu, Semarang juga,” imbuhnya.

Saat ditanya apakah pengguna bisa pulih, disebutnya bisa saja. Di tempatnya sendiri, lama rehabilitasi biasanya disesuaikan dengan tingkat keparahan dan konsumsi serta efeknya. Namun kebanyakan 2 hingga 3 bulan.

Saat ditanya apakah saat ini masih ada pasien limpahan dari Cisantana, dirinya menjawab tidak.

Apalagi sekarang sudah tutup. Dirinya mengaku prihatin, Cisantana (Yayasan Tenjo Laut, red) dikorbankan, padahal menyangkut masa depan bangsa.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Metode (pemulihan)? Kalo yang di tenjo laut itu udah standar BNN. Kalo untuk saya sendiri ada PC dan DS, kita gunakan juga metode spiritual. Alhamdulillah tidak ada yang mempermasalahkan, selagi metode kita memang efektif,” paparnya diakhir. (deden/eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Law

KUNINGAN (MASS) – Pemohon sita eksekusi lahan Mayasih Cigugur, Jaka Rumantaka, turunan Pangeran Madrais dan Tedjabuana, membantah bahwa lahan yang akan dilakukan konstatering dan...

Business

CILIMUS (MASS) – Pada Jumat (6/5/2022) malam kemarin, Coffee and Resto Saung Tengah Sawah di Desa Linggaindah Kecamayan Cilimus, resmi di-launching secara resmi. Kedai...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Kecelakaan laka lantas di Jalan Baru Lingkar Timur yang melibatkan dua kendaraan, tidak memakan korban jiwa. Hal itu dipastikan Kapolres Kuningan...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Keluarga Alumni Pondok Pesantren Al-Mutawally (KAPPA), menggelar halal bi halal dengan tema “Membangun Ukhuwah Makhluqiyah, Memperkuat Soliditas, Mengasah Solidaritas Alumni” pada...

Advertisement