UMKM Pelopor Ekonomi Kerakyatan

KUNINGAN (MASS) – Kedatangan Calon Wakil Bupati Kuningan m Ridho Suganda untuk berkampaye ke di Desa Karangmangu, Kecamatan Karamatmulya  disambut hangat ratusan warga, terutama ibu-ibu.

Terlebih ibu-ibu komunitas senam. Begitu Cawabup Nomor 3 itu tiba. mereka langsung menunjukan aksinya bersenam ria.

Sebelumnya Edo sapaan akrab M Ridho Suganda juga telah menyapa beberapa desa di Kecamatan Karamatmulya. Diantaranya Desa Kalapagunung, dan Desa Cibentang untuk melakukan perkenalan sekaligus menyampaikan visi misinya menjadi Cawabup Kuningan Periode 2018-2022 dihadapan warga yang mayoritas pengrajin usaha percetakan batu bata merah.

Di Desa Karangmangu, seorang warga Dedi Junaedi (45), berharap kepada Ridho Suganda untuk lebih memperhatikan para pengusaha kecil khususnya para pengrajin bata.

Ia juga  berharap agar kedua calon kepala daerah untuk lima tahun mendatang itu bisa lebih memperhatikan UMKM di desanya. Sehingga mereka bisa berusaha dengan baik.

“Selain masalah modal kesulitan masyarakat khususnya para pengrajin bata disini adalah bahan baku. Selain itu kadang kalau lagi musim produksi, kami sulit  memasarkan hasil produksinya. Jadi saya harap kepada bupati dan wakil bupati terpilih nanti, para pengusaha bata disini lebih diperhatikan lah,” harap Dedi, Senin (10/4/2018).

Minimnya modal serta kendala pemasaran yang masih mengalami kendala terkadang membuat pengrajin batu bata merah harus mempunyai modal yang doubel. Bahkan tak jarang para pengrajin harus menanggung resiko rugi akibat mahalnya bahan baku serta kadang sulitnya memasarkan hasil produksinya.

“Kami pastikan menangkan Acep-Ridho disini. Kalau sudah menang, kami mohon akses untuk permodalan usaha semakin mudah. Sehingga para pengrajin batu bata merah disini  bertambah maju pesat. Kesejahteraan masyarakat di desa kami pun meningkat,” kata dia.

Cawabup Ridho Suganda, berkomitmen  jika terpilih Ia bersama Cabupnya Acep Purnama akan memfasilitasi program untuk meningkatkan kuantitas maupun kualitas produk UMKM di Desa Karangmangu.

Begitu terkait kendala modal yang selama ini menjadi hambatan kemajuan UMKM para pengusaha akan dimudahkan, tetapi tidak membebani masyarakat  karena menurutnya  sudah kewajiban pemerintah dalam memajukan UMKM

Ridho juga berkeinginan besar mendorong kemitraan usaha besar dan kecil. Hal ini diyakini akan meningkatkan kontribusi UMKM sebagai tulang punggung perekonomian di Kabupaten Kuningan.

“Keberadaan UKM menjadi tanggung jawab bersama semua pihak. Apalagi UMKM mampu menjadi penopang hajat hidup orang banyak dan menjadi pelopor roda ekonomi kerakyatan,” tandasnya.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com