Soal Pilbup, Rana Masih Misterius?

KUNINGAN (Mass) – Kendati pesta demokrasi Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Kuningan terbilang masih cukup jauh, namun genderang persaingan diantara para politisi maupun tokoh masyarakat Kuningan yang tertarik maju di Pilkada mulai dikumandangkan. Anehnya, disaat beberapa tokoh dan politisi itu terlihat jelas bakal maju di Pilbup, posisi Ketua DPRD Kuningan Rana Suparman Sos sendiri hingga kini masih misterius apakah maju atau tidak.

“Sosok yang cukup misterius itu figur seorang Rana Suparman. Sebagai pucuk pimpinan partai yang mendominasi kursi Parlemen Daerah, belum menyiratkan pernyataan yang pasti, dan sikap ‘diam’ Rana Suparman itu disinyalir sebagai bagian dari strategi tersendiri,” kata pengamat politik daerah, Sujarwo BA saat memberikan keterangan pers disela-sela kesibukannya, Minggu (9/4).

Menurutnya, walaupun Pilbup Kuningan masih lebih dari satu tahun ini, konstelasi persaingan diantara mereka yang tertarik untuk mengemban amanah dan mengabdi kepada rakyat sebagai Bupati maupun Wakil Bupati Kuningan, terlihat sudah cukup jelas. Bahkan, para peminat posisi bupati maupun Wabup di Kota Kuda tidak hanya didominasi oleh mereka yang kini sedang menduduki kursi empuk baik di lembaga eksekutif maupun legislatif.

“Lihat saja sekarang, sudah santer terdengar beberapa nama yang menyatakan siap memperebutkan posisi pucuk pimpinan lembaga eksekutif di Kabupaten Kuningan. Mereka itu diantaranya ada H Mamat Roby Suganda, Yosa Octora Santono, H Yusron, Dr Toto hingga tokoh muda Dani Iskandar dan M Ridho Suganda,” sebutnya.

Namun lanjut Ewo sapaan akrab Sujarwo BA, dari elit-elit eksekutif tak kalah pamor yakni H Acep Purnama yang kini sebagai Bupati Kuningan. Terlebih, Acep telah terbuka sudah menyatakan hendak maju kembali dalam arena Pilbup nanti.

“Lalu ada Dede Sembada yang kini menempati posisi Wakil Bupati. Walau belum secara gamblang menyatakan akan ikut ‘bertarung’, diprediksi akan ambil bagian dalam Pilbup nanti,” katanya.

Tak hanya di eksekutif, Ewo juga menyebutkan sejumlah kalangan politisi daerah yang kini masih mengemban amanah sebagai legislator daerah. Tak sedikit pula, para legislator itu melontarkan sinyal bakal maju di Pilkada seperti Toto Suharto (PAN), Ujang Kosasih (PKB), Dudy Pamuji (Golkar), dan Dede Ismail (Gerindra). (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com