Mimpi Anak Kampung yang Ingin Jadi Wakil Rakyat

KUNINGAN (MASS)- Ratus caleg DPRD Kuningan dari latar belakang berbeda akan bertarung pada tanggal 17 April. Mereka akan memperebutkan 50 kursi yang terbesari di lima dapil.

Dari sekian banyak calon yang akan bertarung, terseliplah salah satu putra Desa Kalapa Gunung Kecamatan Kramatmulya. Ia lahir 39 tahun silam di RT 08 Blok Kliwon II (sekarang berubah menjadi Dusun Manis).

Iyan Irwandi, SIP itulah namanya. Ia mencalonkan caleg DPRD dari Daerah Pemilihan (Dapil) II Kuningan. Anak kampung ini awalnya tidak bermimpi akan terjun ke dunia politik.

Namun setelah sekian lama bergelut di dunia jurnalistik yang banyak memberitakan tentang apa yang terajdi di masyarakat, maka keinginan menjai wakil rakyat semakin kuat.

Pemuda yang dilahirkan dari rahim ibu Almarhumah Onah Saonah (pedagang gorengan serta masakan keliling) dan ayah Maman Surachman (sopir) tersebut mencalonkan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Ia bersama dengan sembilan calon legislatif lainnya akan bertarung. Niatan kuat menjadi wakil rakyat bagi masyarakat Dapil II yang meliputi Kecamatan Kramatmulya, Jalaksana, Cilimus, Japara, Cigandamekar, Mandirancan, Pancalang dan Kecamatan Pasawahan itu karena ingin mengabdikan diri.

Sedangkan nama Iyan sendiri, sudah tidak asing lagi di kalangan para pemburu berita dan pemerintahan karena yang bersangkutan telah menekuni dunia jurnalistik sejak tahun 2003 sampai sekarang.

Sekaligus tercatat sebagai ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kuningan selama dua periode. Di dunia wartawan, ia yang bekerja di salah satu media cetak harian ternama di wilayah III Cirebon, sempat beberapa kali mendapatkan penghargaan sebagai wartawan terbaik di lingkup pemerintahan dan kriminal.

Bahkan, dinobatkan sebagai ketua dan lulusan terbaik Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) II tingkat Provinsi Jawa Barat. Di samping pekerjaannya, Iyan juga memiliki hobi olahraga pencak silat sehingga dari tahun 1995/1996 sampai sekarang, masih melakukan pembinaan generasi muda di sejumlah satuan latihan (satlat).

Ditambah lagi, mendirikan klub olahraga prestasi PBSS Kuningan yang telah menelorkan atlet-atlet berprestasi di berbagai tingkatan.

Mempertimbangkan dalam kesehariannya selalu berbaur dengan peserta didik dan orang tuanya, maka dalam pergerakan pencalonan pun, tidak lepas dari bantuan mereka beserta unsur lainnya.

Sehingga dibentuklah sayap-sayap relawan Generasi Milenial. Di antaranya, PBSS KAWANI, Pasukan KAWANI, Pendekar KAWANI, Srikandi KAWANI dan Crew KAWANI.

“Ketika Allah SWT berkehendak, maka tidak ada hal yang tidak mungkin. Untuk itu, semoga langkah yang saya lakukan ini, mendapatkan dukungan dari warga-warga Dapil II terutama keluarga besar dan jaringan generasi binaan. Aamiin,” ungkap Caleg Nomor Urut 2 itu. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com