KPU dan PPK Matangkan Persiapan

KUNINGAN (MASS) – Empat Hari Menjelang Pemungutan dan Penghitungan Surat Suara pada Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Bupati dan Wakil Bupatil Kuningan Tahun 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan bersama PPK se-Kabupaten Kuningan menggelar Rapat Konsolidasi yang digelar  di  Restoran Lembah Ciremai (LC) Kuningan Sabtu (23/6/2018) .

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua KPU Kuningan Heni Susilawati, Komisioner KPU Kuningan Divisi SDM dan Parmas Asep Z. Fauzi serta Komisioner KPU Kuningan Divisi Teknis Dadan Hamdani. Adapun peserta pada kegiatan kali ini adalah 5 orang PPK yang masing-masingnya terdiri dari Ketua dan Anggota PPK dari 32 Kecamatan di wilayah Kabupaten Kuningan.

Agenda ini bertujuan untuk membangun konsolidasi yang lebih baik dan kesiapan yang matang antara KPU dan PPK jelang Pemungutan Suara pada Pilkada Serentak 27 Juni  2018 mendatang.

Ketua KPU Kuningan Heni Susilawati  mengatakan, terkait persiapan P2S ini,  PPK di masing-masing wilayah dihimbau untuk sering-sering mendalami regulasi-regulasi yang ada terutama terkait Pemungutan dan Penghitungan Suara ini yang tercantum dalam PKPU Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota,  juga terutama terkait PKPU Nomor 9 Tahun 2018 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

“Ini merupakan Rakor P2S yang terakhir menjelang  Pilkada Rabu 27 Juni 2018. Pada kesempatan ini saya tekankan dengan segala daya dan upaya seluruh kemampuan kita.  Mari kita jadikan Pilkada 2018 ini sebagai bentuk inspirasi keteladanan bagi berbagai pihak, Insipirasi keteladanan yang dilakukan oleh seluruh jajaran penyelenggara dari mulai PPK hingga ke KPPS,” jelasnya.

Dimana menjadi penyelenggara lanjut dia, harus menjadi teladan di garda terdepan dalam mengawal demokrasi di Kabupaten Kuningan 2018,  karena inspirasi keteladanan ini merupakan tolak penting sejarah dalam penyelenggaraan Pilkada Kedepannya.

Dalam kegiatan tersebut juga terdapat pembekalan materi oleh Komisioner Komisioner Divisi Teknis dan Perencanaan Data Dadan Hamdani terkait Teknis Rekapitulasi dan Penghitungan Suara, selain itu Dadan Hamdani sebagai Divisi Teknis KPU Kabupaten Kuningan melakukan uji materi tentang kesiapan PPK dalam mengarungi tahapan P2S Pilkada Serentak 2018,.

Hal ini juga dilakukan sebagai evaluasi sudah sejauh mana PPK memahami Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS. Kemudian,  agar jalannya tahapan pungut hitung nantinya baik PPK, PPS maupun KPPS dapat memahami hal apa yang harus dilakukan dan dapat menangani setiap potensi masalah yang timbul ketika di TPS.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com