Gerindra “Tersingkir” dari Kocok Ulang AKD

KUNINGAN (MASS) – Pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPRD Kuningan dikocok ulang, Kamis (4/10/2018). Dari lima AKD yang ada, salah satu diantaranya mengalami pergantian ketua.

AKD yang diganti itu ialah Komisi 1. Sebelumnya posisi ketua Komisi 1 diduduki oleh H Dede Ismail SIP dari Fraksi Gerindra. Namun kini digeser oleh A Rusdiana asal Golkar yang sebelumnya tidak kebagian “jatah”.

Berbeda dengan Komisi 1, ketua Komisi 2 tidak mengalami pergantian. Yudi Moh Rodi dari PAN masih bertengger. Meski termasuk salah satu partai pengusung Prabowo-Sandi, PAN mampu bertahan dari koalisi parlemen.

Untuk Komisi 3 pun, posisi ketua tidak diganti. Tresnadi dari PDIP masih menduduki pucuk pimpinan AKD “basah” tersebut. Ini dialami pula oleh Komisi 4. H Ujang Kosasih dari PKB tak tergantikan.

Ketua Bapemperda juga senasib dengan Komisi 2, 3 dan 4. Posisinya masih dijabat Apang Sujaman dari PDIP.

“Ini dalam rangka penyegaran. Meski sekarang belum 2,5 tahun, tapi dalam Tata Tertib DPRD dibolehkan, karena aturannya maksimal 2,5 tahun,” jelas Ketua Fraksi Restorasi PDIP, Nuzul Rachdy kala ditanya alasan kocok ulang AKD.

Kocok ulang tersebut atas ajuan 3 partai besar dan menengah yaitu PDIP, Golkar dan PKB. Setelah dibahas pada forum Badan Musyawarah, akhirnya semua menyepakatinya.

“Tinggal Badan Kehormatan (BK) yang belum. Untuk BK ini, nanti tiap fraksi mengajukan 1 orang. Kemudian disepakati hanya 5 orang saja. Khusus BK itu jadwalnya hari Senin,” tukas Zul, sapaan akrab caleg incumbent dapil 2 itu. (deden)

Hasil Kocok Ulang AKD :

KOMISI 1

– Ketua : A. Rusdiana

– Wakil : H. Dede Ismail S.Ip.

– Sekretaris : H. Iis Istohari

KOMISI 2

– Ketua : Yudi Moch Rodi

– Wakil : H. Eka Sugiarto

– Sekretaris : Hj. Aas Hasanah

KOMISI 3

– Ketua : Tresnadi

– Wakil : Etik Widiati

– Sekretaris : Arifudin

KOMISI 4

– Ketua : H. Ujang Kosasih

– Wakil : H. Maman Wijaya

– Sekretaris : Drs. Ir. H Rusliadi

BAPEMPERDA

– Ketua : Apang Sujaman

– Wakil : Hj. Titi H. Noorbandah

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com