Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

PMKM di Parakan, Ini Yang Dilakukan Mahasiswa Unpam

PAMULANG (MASS) – Mahasiswa Universitas Pamulang (Unpam) , baru-baru ini menggelar Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) di Kampung Parakan Kelurahan Pondok Benda Pamulang.

PMKM yang mengusung tema “Meningkatkan Motivasi dan Kreatifitas pemuda/i dalam Mengelola Laporan Keuangan dalam Berorganisasi di Kampung Parakan” Itu, mendorong para mahasiswa untuk berbaur dan berkontribusi ke masyakat.

Kegiatan pengabdian sendiri, dilakukan mahasiswa/i produ Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Mahasiswa Unpam, yang terdiri dari Mia Julhiya Rayundi, Aizul Fitri, Ani Nuraeni, dan Arhaditha Qorina, dengan dosen pembimbing Mawardi Nurullah, M.Pd. Kegiatan, menyasar pemuda-pemudi setempat.

Ketua PMKM Mia Julhiya mengatakan, kegiatan yang dilakukan pada Minggu (22/5/2022) lalu itu dilakukan untuk memberikan pemahaman bahwa jika mereka memiliki motivasi kreatifitas yang rendah, akan berpotensi untuk kurang kreatif dalam menyelesaikan permasalahan dalam mengelola keuangan dalam berorganisasi.

Untuk mewujudkan kreativitas, lanjutnya. diperlukan adanya dorongan dari dalam diri individu (motivasi intrinsik) dan motivasi dorongan dari lingkungan (motivasi ekstrinsik).

Bakat seseorang dapat terwujud apabila ada dorongan yang kuat dari lingkungan dan kemauan yang kuat untuk menghasilkan sesuatu. Jika lingkungan mendukung maka kemampuan atau bakat dapat berkembang dengan baik, sebaliknya jika lingkungan tidak mendukung maka kemampuan akan terhambat.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan pemuda/pemudi Kampung Parakan dapat lebih memahami tentang pentingnya mengelola keuangan dalam kehidupan sehari-hari ataupun dalam berorganisasi sehingga dapat memberi kemudahan dalam pengelolaannya”. Ujarnya dengan nada semangat.

Dosen pembimbing Mawardi Nurullah, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan kewajiban rutin setiap semester yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa sebagai wujud pelaksanaan kewajiban salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Advertisement. Scroll to continue reading.

PMKM ini, sekaligus melaksanakan PPL sebagai matakuliah intrakulikuler dengan bobot 8 sks yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. Juga, melakukan penarikan mahasiswa PPL yang sudah mentunaikan kewajibannya kurang lebih hingga 3 bulan lamanya.

“Kegiatan PMKM ini kami inisiasi sebagai bentuk kontribusi nyata kami sebagai insan akademik terhadap persoalan di masyarakat. Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan motivasi dan kreatifitas pemuda/i dalam mengelola laporan keuangan dalam berorganisasi di Kampung Parakan Kel. Pondok Benda Pamulang,” ujarnya.

Dirinya juga berterima kasih, pada stakeholder kampung setempat baik itu ketua RT Nur Ustadih maupun ketua Karang Taruna Shahrul Muttaqin atas kerjasama yang terjalin dan terlibat dalam kegiatan sejak awal.

Sementara, ketua RT Nur Ustadih juga memang menyambut baik kegiatan PMKM ini. Dirinya juga bersyukur, tempatnya bisa jaadi sasaran lokasi untuk berbagi ilmu dan dialog.

“Semoga kegiatan ini bisa berlanjut di lain kesempatan,” sebutnya. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS) – Para peserta yang mengikuti program Beasiswa Mahasiswa Tanggung (BMT), mengikuti Diklatsar (Pendidikan dan Pelatihan Dasar), Minggu (12/6/2022) kemarin. Diklatsar ini, merupakan...

Education

KUNINGAN (MASS) – Mahasiswa program studi Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomi Unpam, kelompok 10, turut terjun memperkenalkan aplikasi si Apik, kepada pemuda Kampung Parakan...

Education

KUNINGAN (MASS) – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kuningan Drs H Uca Somantri M Si, terlihat menyambangi STKIP Muhammadiyyah Kuningan, Rabu (8/6/2022) siang ini....

Education

KUNINGAN (MASS) – Pada LK2 nasional yang diselenggarakan HMI Cabang Kuningan di Aula BKPSDM, Ketua Umum Pengurus Besar (PB) HMI Raihan Ariatama terlihat hadir...

Advertisement