Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Politics

PKB Desak Eksekutif Naikkan Insentif Guru Ngaji Rp5 M

KUNINGAN (MASS) – Pada rancangan APBD 2022 ternyata pagu anggaran untuk insentif guru ngaji direncanakan Rp2,5 miliar. Namun jika dikaji secara mendalam, angka sebesar itu masih dinilai kurang memadai.

Sedangkan sebelumnya, APBD 2021, anggaran insentif guru ngaji senilai Rp1 miliar, kemudian diturunkan karena refocusing menjadi Rp750 juta.

Untuk itu dalam Pandangan Umum (PU) terhadap RAPBD 2022 pada Paripurna DPRD Kuningan Kamis (4/11/2021), Fraksi PKB meminta agar pagu anggarannya dinaikkan mendekati angka ideal minimal Rp5 miliar.

“Sejak awal kami sangat berbangga hati bahwa visi Kuningan salah satunya Agamis. Kami berpandangan pemda akan memberikan perhatian luar biasa terhadap berbagai lembaga dan kegiatan keagamaan yang tumbuh dan berkembang ditengah masyarakat,” ujar Ketua Fraksi H Hariri.

Fraksi ini mengapresiasi political will pemda terhadap kegiatan-kegiatan keagamaan selama ini. Namun menurut Hariri, anggaran insentif guru ngaji yang semula Rp1 miliar dan setelah direfocusing menjadi Rp750 juta, masih kurang memadai setelah dikaji secara filosofis dan sosiologis.

Disamping konsisten menyuarakan anggaran untuk kepentingan pondok pesantren, guru ngaji dan sarana agama lainnya, PKB juga mempertanyakan komitmen TAPD dalam menaikan PAD (Pendapatan Asli Daerah). Sesuai pembahasan KUA PPAS, kenaikannya telah disepakati 12,5%.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Tapi faktanya hanya naik kurang dari 4% saja,” ungkap Hariri dengan sekretarisnya, M Apip Firmansyah.

Dalam paripurna tersebut, Fraksi PKB mengajak forum paripurna untuk membaca sholawat Thibbil Qulub dengan harapan Kuningan terbebas dari Covid-19 dan penyakit-penyakit berbahaya lainnya. Sayangnya, PU semua fraksi tidak dibacakan, hanya diserahkan kepada pimpinan saja. (deden)

Berikut ini PU Fraksi PKB secara utuh:

FRAKSI PARTAI KEBANGKITAN BANGSA

DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

KABUPATEN KUNINGAN

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Advertisement. Scroll to continue reading.

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

ALHAMDULILLAH

WA SYUKURILLAH

WA NIKMATILLAH

LAA HAULA WA LAQUWWATA ILLA BILLAH

PANDANGAN UMUM

FRAKSI PARTAI KEBANGKITAN BANGSA

Advertisement. Scroll to continue reading.

DPRD KABUPATEN KUNINGAN

TERHADAP

 RANCANGAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH

KABUPATEN KUNINGAN TAHUN ANGGARAN 2022

YANG TERHORMAT  PIMPINAN DAN SELURUH ANGGOTA DPRD

KABUPATEN KUNINGAN

YANG TERHORMAT SAUDARABUPATI DAN WAKIL BUPATI

KABUPATEN KUNINGAN

Advertisement. Scroll to continue reading.

YANG TERHORMAT  FORUM KOORDINASI PIMPINAN DAERAH

KABUPATEN KUNINGAN

YANG TERHORMAT KETUA PENGADILAN NEGERI DAN KETUA

PENGADILAN AGAMA KABUPATEN KUNINGAN

YANG TERHORMAT SAUDARA SEKRETARIS DAERAH

KABABUPATEN  KUNINGAN

YANG TERHORMAT PARA ASISTEN PEMERINTAH DAERAH, STAF AHLI,

Advertisement. Scroll to continue reading.

KEPALA DINAS, BADAN, LEMBAGA DAN BAGIAN DI LINGKUP

SEKERTARIAT DAERAH KABUPATEN KUNINGAN

PARA CAMAT, HADIRIN TAMU UNDANGAN DAN INSAN PERS YANG BERBAHAGIA.

MULA PERTAMA MARILAH KITA PANJATKAN PUJI DAN SYUKUR KE HADIRAT ALLAH SWT ATAS SEGALA LIMPAHAN RAHMAT DAN KARUNIANYA, SEHINGGA  HARI INI KITA DAPAT BERKUMPUL BERSILATURAHMI DALAM RAPAT PARIPURNA MEMENUHI TUNTUTAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN, DENGAN AGENDA PENYAMPAIAN PANDANGAN UMUM FRAKSI-FRAKSI TERHADAP RANCANGAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH KABUPATEN KUNINGAN TAHUN ANGGARAN 2022.

SHOLAWAT DAN SALAM SEMOGA SENANTIASA TERCURAH LIMPAH KEPADA PANUTAN KITA SEMUA  HABIBANA WANABIYYANA ROSULULLAH MUHAMAD SAW, KEPADA PARA KELUARGANYA PARA SAHABATNYA DAN KEPADA KITA SEMUA SEBAGAI UMAT YANG SENANTIASA TAAT DAN PATUH DALAM MELAKSANAKAN SYARIATNYA SERTA TETAP TEGAR DALAM MEMBELA RAKYAT, AAMIIN……

SAUDARA BUPATI, WAKIL BUPATI, SAUDARA PIMPINAN DAN HADIRIN YANG BERBAHAGIA.

SEBELUM KAMI MENYAMPAIKAN PANDANGAN UMUM TERHADAP RANCANGAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH KABUPATEN KUNINGAN TAHUN ANGGARAN 2022 TERLEBIH DAHULU KAMI MENGAJAK HADIRIN UNTUK SEJENAK MEMBACAKAN SHOLAWAT THIBBIL QULUB SEBAGAI PENANGKAL SEGALA MACAM PENYAKIT TERUTAMA VIRUS COVID-19, ALHAMDULILLAH KABUPATEN KUNINGAN SUDAH TERMASUK ZONA HIJAU, DENGAN IKHTIAR KITA MELALUI SHOLAWAT INI MUDAH-MUDAHAN KITA SEMUA TERHINDAR DARI BERBAGAI PENYAKIT.

Advertisement. Scroll to continue reading.

ORANG YANG MEMBACA SHOLAWAT INI DALAM BILANGAN BERAPAPUN, NISCAYA AKAN DIBERIKAN KESEHATAN LAHIR DAN BATIN SERTA AKAN DISEMBUHKAN DARI BERBAGAI PENYAKIT ATAS SEIZIN ALLAH. DISARANKAN JUGA UNTUK MEMBACA SHOLAWAT INI DENGAN MENGHAYATI MAKNANYA. LEBIH LANJUT, MARI KITA  BERSAMA-SAMA MEMBACAKANNYA:

ARTINYA: “YA ALLAH LIMPAHKANLAH RAHMAT KEPADA JUNJUNGAN KAMI NABI MUHAMMAD SAW, SEBAGAI OBAT HATI DAN PENYEMBUHNYA, PENYEHAT BADAN DAN KESEMBUHANNYA, SEBAGAI PENYINAR PENGLIHATAN MATA BESERTA CAHAYANYA. DAN SEMOGA RAHMAT TERCURAH LIMPAHKAN KEPADA PARA SAHABAT BESERTA KELUARGANYA.”

SELANJUTNYA KAMI MENGUCAPKAN SELAMAT HARI SANTRI YANG JATUH PADA TANGGAL 22 OKTOBER YANG LALU, SEMOGA PARA SYUHADA YANG TELAH BERJUANG MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DITEMPATKAN DI SURGANYA ALLAH SWT DAN PARA KIYAI SERTA PARA SANTRI PENERUS PERJUANGAN DALAM MENGISI KEMERDEKAAN SENANTIASA DIBERI KEKUATAN OLEH ALLAH SWT AAMIIN..

IZINKANLAH KAMI FRAKSI PARTAI KEBANGKITAN BANGSA MENGINGATKAN KEMBALI KEPADA KITA SEMUA TERHADAP PERJUANGAN KAUM SANTRI DIMASA KEMERDEKAAN DAHULU. SEBAGAIMANA KITA MAKLUMI BAHWA INDONESIA MERDEKA TANGGAL 17 AGUSTUS 1945, NAMUN BELUM GENAP SATU BULAN USIA KEMERDEKAAN, INDONESIA LANGSUNG MENDAPATKAN UJIAN YANG SANGAT BERAT, DIMANA TENTARA SEKUTU YANG MEMBONCENG TENTARA BELANDA MENDARAT DI JAKARTA DAN KOTA-KOTA BESAR LAINNYA DI INDONESIA. BUNG KARNO DAN BUNG HATTA BERUPAYA MELAKUKAN UPAYA DIPLOMATIK UNTUK MENDORONG TENTARA SEKUTU BEKERJA PROPESIONAL HANYA MENGURUS TAHANAN SAJA DAN TIDAK MENGOTAK ATIK STATUS KEMERDEKAAN INDONESIA, NAMUN UPAYA ITU TIDAK MEMBUAHKAN HASIL. BUNG KARNO GALAU SAAT ITU, BELIAU MENGANALISA BILA SAMPAI TERJADI PEPERANGAN SECARA SISTEMATIS INDONESIA PASTI TIDAK AKAN  BISA MENGALAHKAN TENTARA SEKUTU KARENA PERSENJATAAN MEREKA JAUH LEBIH LENGKAP DAN KEAHLIAN MILITERNYA JAUH LEBIH MEMADAI. ATAS SARAN DARI PANGLIMA BESAR JENDERAL SOEDIRMAN BUNG KARNO DIMINTA UNTUK MENGIRIM UTUSAN KHUSUS KEPADA ROISUL AKBAR NAHDLATUL ULAMA (KETUA UMUM NU) YAITU HADROTUS SYEH KH. HASYIM ASY’ARI DI PESANTREN TEBU IRENG JOMBANG. TUJUANNYA UNTUK MEMINTA FATWA TENTANG BAGAIMANA HUKUMNYA BERJIHAD MEMBELA NEGARA YANG NOTABENE BUKAN NEGARA ISLAM SEPERTI INDONESIA. KIYAI HASYIM LANTAS MEMANGGIL KH. WAHAB HASBULLAH DARI TAMBAK BERAS JOMBANG DAN KIYAI WAHAB DIMINTA UNTUK MENGUMPULKAN PARA KETUA NU SE-JAWA MADURA DIMANA SALAH SATUNYA ADALAH MBAH KIYAI ABAS DARI PONDOK PESANTREN BUNTET CIREBON JAWA BARAT UNTUK MEMBAHAS PERSOALAN BERJIHAD MEMBELA NEGARA. TANGGAL 22 OKTOBER 1945 SELURUH DELEGASI NU SE-JAWA DAN MADURA TELAH BERKUMPUL DI KANTOR PUSAT ANSOR JALAN BUBUTAN SURABAYA. KIYAI HASIM LANGSUNG MEMIMPIN PERTEMUAN DAN KEMUDIAN DILANJUTKAN DIPIMPIN OLEH KIAYI WAHAB. SETELAH BERDISKUSI YANG CUKUP PANJANG DAN MENDENGARKAN HASIL ISTIKHARAH PARA KIYAI UTAMA NU PADA SIANG HARINYA DIHASILKAN TIGA RUMUSAN PENTING YANG KEMUDIAN DIKENAL DENGAN ISTILAH RESOLUSI JIHAD NAHDLATUL ULAMA YANG ISINYA :

  1. SETIAP MUSLIM, TUA, MUDA DAN MISKIN SEKALIPUN WAJIB MEMERANGI ORANG KAFIR YANG MERINTANGI KEMERDEKAAN INDONESIA.
  2. PEJUANG YANG MATI DALAM PERANG KEMERDEKAAN LAYAK DI ANGGAP SEBAGAI SYUHADA (MATI SYAHID).
  3. WARGA YANG MEMIHAK KEPADA BELANDA DIANGGAP MEMECAH BELAH PERSATUAN DAN KESATUAN OLEH KARENA ITU HARUS DIHUKUM MATI.

BERSELANG TIGA HARI SETELAH RESOLUSI JIHAD DICETUSKAN 6000 TENTARA SEKUTU MENDARAT DITANJUNG PERAK SURABAYA DENGAN PERSENJATAAN LENGKAP, MENDENGAR KEDATANGAN PASUKAN PENJAJAH RIBUAN SANTRI MUJAHIDIN DAN KIYAI JAWA TIMUR BERGERAK MENUJU SURABAYA DAN SIAP BERGERAK MELAWAN PASUKAN PENJAJAH SEKUTU. RESOLUSI JIHAD NU TELAH MEMOMPA SEMANGAT PERLAWANAN RAKYAT DAN MEMICU TERJADINYA PERTEMPURAN HEBAT SELAMA TIGA HARI TIGA MALAM DI SURABAYA YAITU TANGGAL 27 SAMPAI TANGGAL 29 OKTOBER 1945 AKHIRNYA TENTARA SEKUTU KEWALAHAN  MENGHADAPI PERLAWANAN RAKYAT JAWA TIMUR.

RESOLUSI JIHAD NU ADALAH SEJARAH YANG TERLUPAKAN KARENA TIDAK TERCATAT DALAM SEJARAH RESMI INDONESIA. OLEH KARENA ITU MELALUI MOMENTUM HARI SANTRI NASIONAL YANG KE TUJUH KAMI FRAKSI PKB MENGAJAK KEPADA SEMUA KOMPONEN MASYARAKAT UNTUK MERENUNG SEJENAK TENTANG :

  1. SUDAHKAH KITA MENGAMBIL PERAN MASING-MASING SESUAI DENGAN POSISI DAN KEMAMPUAN DALAM MENGISI KEMERDEKAAN, KARENA SEJATINYA MENGISI KEMERDEKAAN SESUAI DENGAN CITA-CITA PROKLAMASI KEMERDEKAAN MERUPAKAN KEWAJIBAN KITA SECARA BERSAMA-SAMA.
  2. SUDAHKAH KITA SEMUA SEBAGAI PENYELENGGARA PEMERINTAHAN DAN PEMANGKU KEKUASAAN MEMBERIKAN PERHATIAN YANG SERIUS TERHADAP KEBERADAAN DAN KELANGSUNGAN PARA KIAYI, PARA SANTRI DAN PONDOK PESANTRENNYA, KARENA SEJATINYA DARI LEMBAGA YANG MASIH BELUM MENDAPATKAN PERHATIAN ITU LAHIRLAH ANAK BANGSA YANG ALIM ALAMAH DALAM MENGISI KEMERDEKAAN INI.

HADIRIN PARA UNDANGAN YANG BERBAHAGIA

PADA KESEMPATAN KALI INI KAMI MENYAMPAIKAN PANDANGAN UMUM INI DALAM 3 (TIGA) POKOK BAHASAN YAITU :

  1. PENDAPATAN DAERAH.
  2. BELANJA DAERAH.
  3. PEMBIAYAAN DAERAH

BAIKLAH, KAMI MULAI PANDANGAN UMUM FRAKSI PARTAI KEBANGKITAN BANGSA TERHADAP RANCANGAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH KABUPATEN KUNINGAN TAHUN ANGGARAN 2022.

  1. PENDAPATAN DAERAH, TAHUN ANGGARAN 2022 PEMERINTAH DAERAH MERENCANAKAN PENDAPATAN DAERAH SEBESAR Rp. 2,592 TRILIUN LEBIH YANG TERDIRI DARI PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DIRENCANAKAN SEBESAR Rp. 349 MILYAR LEBIH, DANA TRANSFER DIRENCANAKAN SEBESAR Rp. 2,243 TRILIUN LEBIH DAN LAIN-LAIN PENDAPATAN DAERAH YANG SAH BELUM DIANGGARKAN.

TERHADAP PERENCANAAN PENDAPATAN DAERAH SEBAGAIMANA TERSEBUT DIATAS, MENURUT FRAKSI KAMI ADA BEBERAPA CATATAN DAN PERTANYAAN SERTA MOHON PENJELASAN DARI SAUDARA BUPATI.

CATATAN DAN PERTANYAAN DIMAKSUD SEBAGAI BERIKUT :

  1. PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) YANG DIRENCANAKAN OLEH PEMERINTAH DAERAH UNTUK TAHUN 2022 ADALAH SEBESAR Rp. 349 MILIAR LEBIH. JIKA DIKOMPERASIKAN DENGAN PENDAPATAN ASLI DAERAH TAHUN 2021 SEBESAR Rp. 339  MILIAR LEBIH. MAKA TARGET PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TAHUN 2022 MENGALAMI KENAIKAN SEBESAR Rp. 10 MILYAR LEBIH.

NAMUN DEMIKIAN BESARAN PENDAPATAN ASLI DAERAH TIDAK SESUAI DENGAN KOMITMEN PADA SAAT PEMBAHASAN KUA PPAS TAHUN ANGGARAN 2022, DIMANA PENDAPATAN ASLI DAERAH TAHUN 2022 AKAN MENGALAMI KENAIKAN SEBESAR 12,5% DARI PENDAPATAN ASLI DAERAH TAHUN 2021.

MOHON PENJELASAN SAUDARA BUPATI.

Advertisement. Scroll to continue reading.
  • ITEM PENDAPATAN ASLI DAERAH DIANTARANYA ADALAH TENTANG RETRIBUSI DAERAH, RETRIBUSI DAERAH TERDIRI DARI RETRIBUSI JASA

UMUM, RETRIBUSI JASA USAHA, DAN RETRIBUSI PERIJINAN TERTENTU. BERDASARKAN PENELAAHAN KAMI RETRIBUSI JASA UMUM YANG DIPEROLEH DARI RETRIBUSI PENYEDIAAN PELAYANAN PARKIR DI TEPI JALAN UMUM MENGALAMI PENURUNAN SEBESAR Rp. 17 JUTA LEBIH JIKA DIKOMPERASIKAN DENGAN PENDAPATAN ASLI DAERAH TAHUN 2021. HAL INI MENUNJUKAN TIDAK ADA UPAYA PEMERINTAH DAERAH DALAM MELAKUKAN PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DARI SEKTOR RETRIBUSI PARKIR, SEMENTARA LAHAN PARKIR SEMAKIN BERTAMBAH DAN PASTINYA JUMLAH KENDARAANPUN SEMAKIN BERTAMBAH.

LAINHALNYA DENGAN PAJAK PARKIR DALAM RANCANGAN APBD TAHUN 2022 KODE REKENING 4.1.01.11.01.01. JIKA DIKOMPARASIKAN DENGAN APBD TAHUN 2021 PAJAK PARKIR DENGAN KODE REKENING YANG SAMA MENGALAMI KENAIKAN YANG LUAR BIASA SEBESAR  Rp. 240 JUTA LEBIH, FRAKSI KAMI MENGAPRESIASI JIKA INI MEMANG BENAR ADANYA.

MOHON PENJELASAN LENGKAP SAUDARA BUPATI BENARKAH SAJIAN DATA YANG ADA DI RANCANGAN APBD TAHUN 2022 INI. JIKA TIDAK BENAR, ADA KESALAHAN COPY PASTE ATAU KESALAHAN DALAM PENULISAN KAMI MENYAYANGKAN ITU TERJADI.

  • MOHON PEJELASAN SAUDARA BUPATI SECARA TERPERINCI MENGENAI RETRIBUSI TEMPAT KHUSUS PARKIR DENGAN KODE REKENING 4.1.02.02.05.01 PADA RANCANGAN APBD TAHUN ANGGARAN 2022 DENGAN BESARAN Rp. 270 JUTA, YANG TIDAK ADA DI APBD TAHUN 2021.
  • PADA PENGANTAR NOTA KEUANGAN YANG DISAMPAIKAN SAUDARA BUPATI, KABUPATEN KUNINGAN TIDAK MENDAPATKAN ALOKASI DID.

TERKAIT HAL TERSEBUT FRAKSI KAMI MOHON BUKTI OTENTIK DAN PENJELASAN SAUDARA BUPATI.

  • FRAKSI PARTAI KEBANGKITAN BANGSA MENYOROTI TENTANG PENDAPATAN DAERAH YANG TERKAIT DENGAN PAJAK PASIR BETON PADA PAJAK MINERAL BUKAN LOGAM DAN BATUAN DI RANCANGAN APBD TAHUN 2022 DENGAN KODE REKENING 4.1.01.14.23.01 DIRENCANAKAN Rp. 6.600.000.000 JIKA DIKOMPARASIKAN DENGAN RANCANGAN APBD  TAHUN 2021 DENGAN KODE REKENING YANG SAMA SEBESAR Rp. 6.550.000.000 ,HANYA MENGALAMI KENAIKAN SEBESAR Rp. 50.000.000.

MOHON PENJELASAN SAUDARA BUPATI ATAS KENAIKAN ITU.

  • TERKAIT DENGAN PENYAJIAN DATA RANCANGAN APBD TAHUN 2022 FRAKSI KAMI MENGALAMI KESULITAN DALAM MEMERIKSA PAGU ANGGARAN YANG DI RENCANAKAN OLEH SETIAP SKPD, KARENA SAJIAN DATA YANG DISAMPAIKAN BERUPA GELONDONGAN.

UNTUK ITU FRAKSI KAMI MEMINTA KEPADA SAUDARA BUPATI DATA SECARA TERPERINCI TERKAIT DENGAN RENCANA KEGIATAN YANG AKAN DILAKSANAKAN OLEH PEMERINTAH DAERAH PER SKPD SAMPAI DENGAN PROGRAM YANG AKAN DILAKSANAKN SESUAI DENGAN BIDANG-BIDANG YANG TERDAPAT PADA SKPD.

  • ITEM LAIN-LAIN PENDAPATAN DAERAH YANG SAH DIANTARANYA HASIL KERJASAMA DAERAH YAITU KOMENPENSASI SUMBER DAYA AIR DENGAN KODE REKENING 1.04.04.01.01 YANG DIANGGARKAN SEBESAR Rp. 4.094.453.247 DENGAN RINCIAN SEBAGAI BERIKUT :
  • PT PERTAMINA CIREBON ANGGARAN SEBESAR Rp. 50.000.000
  • PT. INDOCEMENT CIREBONANGGARAN SEBESAR Rp. 850.000.000
  • PEMERINTAH KOTA CIREBON ANGGARAN SEBESARRp. 2.944.453.247
  • PEMERINTAH KABUPATEN CIREBON ANGGARAN SEBESARRp. 250.000.000

JIKA DIKOMPARASIKAN DENGAN PENYAJIAN DATA YANG DISAMPAIKAN KEPADA KAMI PADA RANCANGAN APBD TAHUN 2021 DENGAN KODE REKENING YANG SAMA SEDIKITPUN TIDAK MENGALAMI PERUBAHAN.

KAMI MOHON PENJELASAN SAUDARA BUPATI SUDAH SEJAUH MANA HASIL KERJASAMA TERSEBUT, APAKAH NEGOSIASI MASIH WACANA ATAU SUDAH DISEPAKATI?

INFORMASI YANG KAMI PEROLEH BAHWA PERJANJIAN TERSEBUT TELAH DILAKUKAN WALAUPUN TANPA RAPAT DENGAN DPRD KABUPATEN KUNINGAN.

JIKA SUDAH DISEPAKATI KENAPA TIDAK MASUK KEDALAM PEMBAHASAN PENDAPATAN DAERAH?

  • DARI DATA RANCANGAN APBD 2022 YANG DISAMPAIKAN PEMERINTAH DAERAH DENGAN KODE REKENING 4.2.01.01.02.01 DANA ALOKASI UMUM DIANGGARKAN SEBESAR Rp. 1.112.116.937.000 JIKA DIKOMPARASIKAN DENGAN RANCANGAN APBD TAHUN 2021 DENGAN KODE REKENING YANG SAMA DIANGGARKAN SEBESAR Rp. 1.148.735.374.000 INI BERARTI MENGALAMI PENURUNAN SEBESAR Rp. 36 MILIAR LEBIH.

MOHON PENJELASAN SAUDARA BUPATI, MENGINGAT PADA TAHUN INI KABUPATEN KUNINGAN MENGALAMI PENAMBAHAN PEGAWAI DARI TES CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DAN TES PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA (PPPK).

SAUDARA BUPATI, WAKIL BUPATI, SAUDARA PIMPINAN DAN HADIRIN YANG BERBAHAGIA.

  • BELANJA DAERAH, PEMERINTAH DAERAH DALAM RANCANGAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH TAHUN 2022  TELAH MERENCANAKAN BELANJA DAERAH SEBESAR Rp. 2,560 TRILIUN LEBIH YANG TERDIRI DARI BELANJA OPERASI SEBESAR Rp. 1,919 TRILIUN LEBIH, BELANJA MODAL SEBESAR Rp. 134 MILYAR LEBIH, BELANJA TIDAK TERDUGA SEBESAR Rp. 28 MILYAR DAN BELANJA TRANSFER SEBESAR Rp. 478 MILYAR LEBIH.

DARI RENCANA BELANJA DAERAH SEBAGAIMANA DISAMPAIKAN OLEH PEMERINTAH DALAM RANCANGAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH TAHUN 2022 KAMI SAMPAIKAN CATATAN DAN PANDANGAN SEBAGAI BERIKUT:

  1. TINGGINYA BELANJA PEGAWAI TENTU HARUS MENJADI PERHATIAN DAN TANGGUNGJAWAB BERSAMA. KAMI SENANTIASA PERCAYA BAHWA KEBIJAKAN BELANJA PEGAWAI SELAMA INI SUDAH DIRENCANAKAN SECARA MATANG DAN SESUAI PROSEDUR. NAMUN DEMIKIAN, TENTU SAJA KAMI TETAP MENGINGATKAN AGAR BANYAKNYA JUMLAH PEGAWAI TERSEBUT BISA SEBANDING DENGAN PENINGKATAN KUALITAS DAN KINERJA DALAM RANGKA MEMBERIKAN PELAYANAN YANG TERBAIK KEPADA MASYARAKAT.

MENGENAI HAL TERSEBUT MOHON PENJELASAN DAN RINCIAN SAUDARA BUPATI TERKAIT BELANJA PEGAWAI DENGAN KODE REKENING 5.1.01 DENGAN ANGGRAAN SEBESAR Rp. 1.321.830.322.217 YANG DISAJIKAN PADA RANCANGAN APBD TAHUN 2022.

  • FRAKSI KAMI MENGAPRESIASI KEPADA BAPAK PRESIDEN JOKO WIDODO ATAS PERATURAN PRESIDEN NOMOR 82 TAHUN 2021 TENTANG DANA ABADI PONDOK PESANTREN, HAL INI MENUNJUKKAN BAHWA PRESIDEN JOKO WIDODO MEMBERIKAN PERHATIAN LEBIH TERHADAP TUMBUH DAN BERKEMBANGNYA PONDOK PESANTREN, SETELAH SEBELUMNYA SUDAH DISAHKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 18 TAHUN 2019 TENTANG PONDOK PESANTREN.

KAMI FRAKSI PARTAI KEBANGKITAN BANGSA MENDORONG AGAR PEMERINTAH DAERAH JUGA SERIUS DALAM MEMPERHATIKAN TUMBUH DAN BERKEMBANGNYA PONDOK-PONDOK PESANTREN YANG ADA DI KABUPATEN KUNINGAN.

MOHON PENJELASAN SAUDARA BUPATI SUDAHKAN PEMERINTAH DAERAH MENGINVENTARISIR KEBERADAAN PONDOK-PONDOK PESANTREN YANG ADA DI KABUPATEN KUNINGAN DAN MERENCANAKAN PROGRAM UNTUK MENDUKUNG AGAR PROSES PEMBELAJARAN YANG ADA DI PONDOK PESANTREN INI BERJALAN DENGAN BAIK.

Advertisement. Scroll to continue reading.
  • VISI PEMERINTAH KABUPATEN KUNINGAN TAHUN 2018-2023 ITU ADALAH KUNINGAN “MAJU“ (MAKMUR AGAMIS PINUNJUL) BERBASIS DESA. SEJAK AWAL KAMI SANGAT BERBANGGA HATI BAHWA VISI KABUPATEN KUNINGAN SALAH SATUNYA ADALAH AGAMIS, KARENA DALAM PANDANGAN KAMI PEMERINTAH DAERAH AKAN MEMBERIKAN PERHATIAN YANG LUAR BIASA TERHADAP BERBAGAI LEMBAGA DAN KEGIATAN KEAGAMAAN YANG TUMBUH DAN BERKEMBANG DITENGAH MASYARAKAT.

FRAKSI KAMI MENGAPRESIASI POLITICAL WILL PEMERINTAH DAERAH TERHADAP KEGIATAN-KEGIATAN KEAGAMAAN SELAMA INI, CONTOHNYA INSENTIF GURU NGAJI YANG SUDAH BERTAHUN-TAHUN KAMI SUARAKAN DALAM FORUM YANG TERHORMAT INI. NAMUN FRAKSI KAMI MEMANDANG ANGGARAN INSENTIF GURU NGAJI YANG SEMULA SEBESAR Rp. 1 MILIAR DAN SETELAH DI REFOCUSING MENJADI Rp. 750 JUTA. MASIH SANGAT KURANG, SETELAH KAMI KAJI SECARA FILOSOFIS DAN SOSIOLOGIS BAHWA ANGGARAN TERSEBUT MASIH KURANG MEMADAI.

FRAKSI KAMI MEMINTA ANGGARAN INSENTIF GURU NGAJI TERSEBUT AGAR DITAMBAH MENJADI Rp. 5 MILIAR.

  • BEBERAPA WAKTU YANG LALU, PEMERINTAH KABUPATEN KUNINGAN DINYATAKAN SEBAGAI KABUPATEN TERMISKIN SE-JAWA BARAT DAN KEMUDIAN DI TAHUN INI KABUPATEN KUNINGAN MASUK KE DALAM DAFTAR YANG MASYARAKATNYA TERMASUK KATEGORI MISKIN EKSTREM.

MOHON PENJELASAN SAUDARA BUPATI TERKAIT DENGAN RENCANA AKSI DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN TERSEBUT, TERUTAMA DI BIDANG PEMENUHAN KEBUTUHAN DASAR DAN KEBUTUHAN POKOK SEBAGAIMANA DATA YANG TELAH KAMI TERIMA JUMLAH MASYARAKAT MISKIN DI BEBERAPA DESA DI KABUPATEN KUNINGAN PROSENTASENYA DI ATAS 40% LEBIH BAHKAN ADA YANG MENCAPAI 70% LEBIH, UNTUK ITU KAMI MEMINTA KEPADA SAUDARA BUPATI UNTUK SERIUS DALAM MENENTUKAN RENCANA PENYELESAIAN TERSEBUT.

MOHON TANGGAPANNYA.

  • TERKAIT DENGAN ASET DAERAH BAHWA TELAH TERSIAR DI MEDIA, BAIK CETAK MAUPUN ONLINE YANG MENYATAKAN ASET PEMERINTAH DAERAH DIDUGA HILANG, DAN ATAU PINDAH TANGAN.

AGAR TIDAK MENJADI RUMOR BAHKAN PITNAH YANG TIDAK BERTANGGUNGJAWAB. KAMI MOHON SAUDARA BUPATI MEMBERIKAN PENJELASAN SECARA GAMBLANG.

  • SEBAGAIMANA KITA KETAHUI BERSAMA BAHWA VISI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN KUNINGAN YAITU KUNINGAN MAJU (MAKMUR, AGAMIS, PINUNJUL) BERBASIS DESA TAHUN 2023 DAN MISI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN KUNINGAN :
  • MEMBANGUN TATA KELOLA PEMERINTAHAN DAERAH YANG PROFESIONAL, EFEKTIF, DEMOKRATIS, DAN TERPERCAYA DENGAN JIWA KEPEMIMPINAN NU SAJATI.
  • MEWUJUDKAN MASYARAKAT KUNINGAN NU SAJATI DALAM KEHIDUPAN BERAGAMA DAN BERNEGARA DALAM BINGKAI KEBANGSAAN DAN KEBHINEKAAN.
  • MEWUJUDKAN MANAJEMEN LAYANAN PENDIDIKAN DAN KESEHATAN YANG MERATA, ADIL, BERKUALITAS DAN BERKELANJUTAN DALAM MENCIPTAKAN SUMBER DAYA MANUSIA NU SAJATI.
  • MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN KAWASAN PERDESAAN BERBASIS PERTANIAN, WISATA, BUDAYA DAN POTENSI LOKAL UNTUK MEMPERCEPAT PERTUMBUHAN SERTA PEMERATAAN EKONOMI RAKYAT.

MOHON PENJELASAN SAUDARA BUPATI TERKAIT DENGAN CAPAIAN PEMERINTAH DAERAH BERBASIS DATA YANG SESUAI DENGAN VISI MISI KABUPATEN KUNINGAN.

SAUDARA BUPATI, WAKIL BUPATI, SAUDARA PIMPINAN DAN HADIRIN YANG INSYA ALLAH DIMULIAKAN ALLAH.

  • PEMBIAYAAN DAERAH, BERDASARKAN URAIAN YANG DISAMPAIKAN OLEH PEMERINTAH DAERAH BAHWA PENGELUARAN PEMBIAYAAN PADA TAHUN ANGGARAN 2022 DIRENCANAKAN SEBESAR Rp. 32,07 MILIAR LEBIH YANG DIALOKASIKAN UNTUK :
  • PEMBENTUKAN DANA CADANGAN SEBESAR Rp. 15 MILIAR
  • PENYERTAAN MODAL DAERAH SEBESAR Rp. 3 MILIAR
  • PEMBAYARAN CICILAN POKOK UTANG YANG JATUH TEMPO KEPADA BPJS

SEBESAR Rp. 14,07 MILIAR LEBIH

UNTUK HAL INI FRAKSI KAMI BERHARAP AGAR PENGELUARAN PEMBIAYAAN HENDAKNYA MENGACU KEPADA KETENTUAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN.

KAMI BERPENDAPAT BAHWA SEHARUSNYA PEMERINTAH DAERAH DALAM MENENTUKAN SASARAN PENGELUARAN HARUS LEBIH EFFISIEN MELALUI PENETAPAN STANDAR HARGA, DOKUMEN ANGGARAN, MANAJEMEN KONTRAK, SERTA PENGAMANAN IMPLEMENTASI PROGRAM DAN KEGIATAN SECARA LEBIH EFISIEN.

SAUDARA BUPATI DAN SELURUH ANGGOTA DEWAN SERTA HADIRIN YANG KAMI BANGGAKAN.

DEMIKIANLAH PANDANGAN UMUM FRAKSI PARTAI KEBANGKITAN BANGSATERHADAP RANCANGAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH KABUPATEN KUNINGAN TAHUN ANGGARAN 2022. HAL-HAL YANG BELUM DISAMPAIKAN AKAN KAMI SAMPAIKAN MELALUI UTUSAN FRAKSI KAMI DIBADAN ANGGARAN DPRD KABUPATEN KUNINGAN. TERIMA KASIH ATAS PERHATIAN DAN MOHON MAAF ATAS KEKURANGANNYA. SEMOGA ALLAH SWT SENANTIASA MEMBERIKAN HIDAYAH KEPADA KITA SEMUA. AAMIIN….

Advertisement. Scroll to continue reading.

IHDINAS SIRATAL MUSTAQIM

WALLAHUL MUWAFFIQ ILLA AQWAMITH THORIQ

WASSALAMUALLAIKUM, WARAHMATULLAHI WABARAKATUH

KUNINGAN, 04 NOVEMBER 2021

FRAKSI PARTAI KEBANGKITAN BANGSA

DPRD KABUPATEN KUNINGAN

Ketua       H. HARIRISekretaris         M. APIP FIRMANSYAH, S.Sy

 

Advertisement. Scroll to continue reading.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PD

PKB

Advertisement

PAM

Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Politics

KUNINGAN (MASS) – Penyerahan insentif kepada 1000 guru ngaji yang dilaksanakan di Aula Bank BJB, Rabu (17/11/2021), membuat haru Ketua DPC PKB Kuningan, H...

Government

KUNINGAN (MASS) – Ditanya wacana pembentukan Provinsi Cirebon, salah seorang anggota DPR RI dari Fraksi PKB, H Yanuar Prihatin memberikan jawaban panjang lebar. Menurutnya,...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Untuk kesekian kalinya, PKB Kuningan melancarkan program unggulannya “Food Bank”, Jumat (28/5/2021). Sejumlah pelaku UMKM yaitu tukang bakso dan tukang rujak...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Rabu (26/5/2021) dihari libur waisak Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) secara nasional melaksanakan kegiatan “Sholawat untuk Keselamatan Dunia”. Kegiatan tersebut dilangsungkan pukul...

Advertisement