Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Pertentangan Pikiran adalah Pembuluh Darah Universitas

KUNINGAN (MASS) – Diskusi publik dengan mendatangkan pemateri tokoh nasional Rocky Gerung menjadi daya tarik masyarakat Kuningan. Salah satu topik yang diperbincangkan oleh RG tentang pertentangan pikiran adalah pembuluh darah universitas.

“Pertentangan pikiran adalah pembuluh darah universitas. Kalau di universitas manggut-manggut, pengetahuan tidak bertambah. Jadi tugas universitas adalah menggeleng. Mengatakan tidak, salah, keliru, tolol, dungu, bodoh. Supaya timbul percakapan,” ucap Rocky disambut tepuk tangan hadirin.

Menurutnya, jika di lingkungan universitas hanya manggut-manggut tanpa adanya konflik, maka pengetahuan yang dimiliki tidak akan tumbuh. Dalam ilmu pengetahuan dikenal dengan istilah konflik paradigma.

Pada penyampaian materinya, RG menceritakan tentang pengalaman mengajar mahasiswa di sebuah universitas negeri ternama. RG memberikan nilai jelek kepada mahasiswa yang manggut-manggut. Sedangkan mahasiswa yang menggelengkan kepalanya diberi nilai bagus.

“Setiap saya ngajar, saya memperhatikan mahasiswa yang manggut-manggut dikasih nilai C-, karena akhirnya mahasiswa tidak mengerti saya sedang menipu dia. Saya umpankan sesuatu dia iya iya, berarti tidak berpikir kritis. Mahasiswa yang menggelengkan kepalanya (memiliki pengetahuan), diberikan nilai A-” jelasnya.

Kehidupan akademik, lanjut RG, hidup dengan pertarungan pikiran. Supaya bisa bertarung pikiran, perspektif mesti panjang yang mampu mendeteksi keadaan masa depan. Perspektif merupakan pandangan jauh ke depan. Perspektif sama dengan visi misi.

Sekedar informasi, diskusi publik dengan pemateri Rocky Gerung dan Anggawira diikuti sekitar 700 peserta. Kurang lebih satu jam, RG memaparkan materi dan ditutup dengan pemberian buku karyanya kepada 2 orang yang mampu menjawab pertanyaannya. Peserta yang hadir tidak hanya dari mahasiswa, namun banyak juga dari masyarakat umum. (ali)

Advertisement. Scroll to continue reading.

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS) – Diskusi publik yang digelar dalam kegiatan Unifest 2021 dengan tema “Pandemi Covid 19. Nasib Pendidikan di Kabupaten Pendidikan?” Selesai diselenggarakan pada...

Education

KUNINGAN (MASS)- Tepat di hari ke-15 bulan suci Ramadhan 1441 Hijriyah yang jatuh pada hari Jumat (8/5/2020), para aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Badan...

Education

KUNINGAN (MASS) – Upaya pencegahan penyebaran covid-19 terus digalakkan berbagai kalangan. Mulai dari individu dengan isolasi mandiri, hingga kelompok-kelompok yang membuka donasi dan menyalurkannya...

Education

KUNINGAN (MASS) – Revolusi industri 4.0 ada tantangan dan ada peluang yang sangat luar biasa. Oleh karena itu, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Kuningan...

Advertisement