Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Permohonan Cerai Menurun, Ini Penyebabnya

KUNINGAN (Mass)- Hikmah datangnya bulan Ramadhan sangat banyak. Salah satunya adalah orang yang mau bercerai mereka banyak yang membatalkan atau pun menahannya.

Hal ini membuat Kantor Pengadilan Kuningan sepi pengunjung. Diluar bulan puasa jumlah pemohon yang datang untuk mengajukan cerai lebih dari 250 orang. Tapi pada bulan puasa hingga memasuki hari ke 17 hanya ada 52 pemohon.

Minimnya permohonan cerai dari warga Kuningan disebabkan karena mereka menghargai bulan suci Ramadha. Sudah menjadi tradisi setiap datangnya puasa permohonon menurun drastis.

“Banyak yang menahan menunggu beres leberan. Mereka malu harus bercerai pada saat bulan puasa. Kejadian ini selalu terjadi setiap bulan puasa,” ucap   Panitera Muda Hukum Ikin Sodikin kepada kuninganmass.com, Selasa (13/6/2017).

Ia menyebutkan, dari data sejak tanggal 29 Mei hingga 12  Juni yang daftar ada  52 orang. Biasanya bisa ratusan pemohon yang masuk.

Pemohon lanjut dia, biasanya merasa malu dan pihak desa pun selalu memberikan masukan agar mereka menahan terlebih dahulu. Selain alasan puasa, pihak desa (bagian kesra) berharap ada hidayah, sehingga mereka tidak melanjutkan permohonan cerai, karena perceriaan itu tetap saja merugikan terutama yang sudah punya anak.

Ikin sebenarnya mengingkan hal ini terjadi setiap hari. Dengan minimnya pemohon menandakan bahwa rumah tangga warga Kuningan adem. “Situasi berbeda akan terjadi ketika usai lebaran yang mengajukan sangat membludak. Biasa lebih dari 250 pemohon,” tandasnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sementara mengenai jadwal sidang selama puasa kata dia, tidak mengalami perubahan karena sudah diatur. Baik jadwal sidang di PA maupun jadwal sidang keliling.

Dari pantauan, memang aktivitas PA cukup ramai. Tapi bukan yang daftar namun yang mengahdiri sidang dan juga banyak saksi yang dihadirkan. (agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Government

KUNINGAN (Mass)- Pada lebaran tahun ini masyarakat yang menggunakan bus AKAP dan AKDP cendrung mengalami penurunan dbanding tahun lalu. Dari data yang dimiliki oleh...

Government

KUNINGAN (Mass)- Seperti tahun-tahun sebelumnya setiap menjelang puasa pemerintah mengeluarkan surat edaran untuk pemilik tempat hiburan. Untuk  tahun ini surat ederan  sudah disebar Pemkab...

Government

KUNINGAN (Mass)- Bekurangnya jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan beras sejahtera (rasta) disikapi positif oleh Bupati kuningan H Acep Purnama. Menurutunya ketika penerima berkurang...

Advertisement