Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/kuninganmass/public_html/wp-content/themes/zoxpress/zoxpress/parts/post/post-img.php on line 35

Education

Perkenalkan Teknologi, serta Waspadai Pengunaanya

KUNINGAN (MASS) – Melihat derasnya arus perkembangan teknologi, Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (Hima TI) Uniku meresponnya dengan menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kegiatan tersebut, digelar selama dua hari (5-6/2020) di Desa Cikubangmulya, Ciawigebang.

Ketua Pelaksana PKM Alki Fadyahaya menyebut pada PKM kali ini, kegiatan yang digelar disesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing.

“Kalo ke sekolah-sekolah dasar kita berikan pengajaran, soalnya saya nangkep isu kalau anak-anak di sini (Cikubangmulya) itu pada takut kalau lihat (mengoperasikan) laptop. Jadi, kita coban tunjukkin, ini lho cara penggunaan laptop itu kayak gini,” imbuhnya Kamis (6/2/2020).

Selain memperkenalkan pengoperasian komputer, dilakukan juga seminar bagi orang tua tentang ’Internet Sehat’. Tujuan seminar diberikan pada orang tua agar mengetahui apa dampak positif dan negatif dari internet, sehingga dapat mengajarkan kepada anak-anaknya bagaimana menggunakan internet secara bijak.

“Tema seminarnya itu “Internet Sehat”. Kita kasih tahu batasan-batasan apa yang harus mereka ketahui (dalam berinternet), agar nanti mereka bisa melaksanakan (mengajarkan) ke anak-anaknya,” jelasnya.

Kegiatan tersebut diapresiasi langsung oleh Kepala Desa Cikubangmulya Enah Junaenah. Dirinya menyebut, kegiatan seperti itu baru pertama kali dilaksanakan di desanya.

“Saya ucapkan terima kasih, sudah melaksanakan kegiatan ini. Warga juga antusias dengan kegiatan ini, karena bisa dikatakan baru pertama kali. Saya harap, semoga kegiatan ini bisa memiliki dampak positif lebih jauh dan berkelanjutan untuk warga,” ujarnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Salah satu warga Cikubangmulya Timoh merasa seminar tersebut bermanfaat, karena mereka dapat mengetahui bahwa internet atau teknologi komunikasi jika tidak digunakan dengan bijak akan berbahaya.

“Ya bagus (seminarnya, red). Dikasih pengarahan-pengarahan. Anak-anak sekarang kan sudah dikasih HP, harusnya (dalam penggunaannya, red) hati-hati,” ungkapnya.

Selain mengadakan seminar, Hima TI Uniku juga menyediakan stand-stand yang digunakan sebagai medical check-up (tes kesehatan), produk makanan dari anak sekolah desa tersebut, dan lapak bacaan. Bukan hanya siang hari, kegiatan tersebut juga pada malam hari diisi dengan menonton film bersama dan juga diskusi. Adapun kegiatan PKM ditutup dengan melakukan kerja bakti bersama masyarakat. (eki)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS) – Untuk memperluas jejaring kerja sama, Universitas Kuningan (Uniku) menjalin kerja sama dengan Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang. Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU)...

Education

KUNINGAN (MASS)- Rektor Universitas Kuningan (Uniku) yang beberapa waktu lalu sudah melantik para pejabat strukturalnya, kali ini Uniku yang merupakan kampus pertama dan menjadi...

Netizen Mass

“Al-Quran as the first and the foremost guidance for Muslims“ KUNINGAN (MASS) – Al-Qur’an sebagai pedoman utama dan terpenting bagi umat Islam dimana Islam...

Sport

KUNINGAN (MASS) – Derbi klasik sepakbola antara civitas akademika Uniku dan STKIP Muhammadiyah tersaji di lapangan Cipari, Rabu (18/11/2020) sore. Tim Uniku yang mengusung...

Advertisement