Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Netizen Mass

Pengangguran Picu Tindakan Kriminal

KUNINGAN (MASS) – Pekerjaan memiliki peran penting dalam keberlangsungan hidup masyarakat. Masyarakat tentu ingin mendapatkan pekerjaan sebaik-baiknya untuk kehidupan yang baik dan terhindar dari pengangguran.

Pengangguran menjadi masalah sosial yang belum terselesaikan dan menjadi mimpi buruk bagi masyarakat. pengangguran dapat menyebabkan seseorang kehilangan aktifitas sehari-harinya. Waktu yang seharusnya digunakan untuk bekerja menjadi terbuang sia-sia karena tidak memiliki pekerjaan. Hal ini membuat mereka tidak percaya diri, putus asa, bahkan depresi.

Beberapa penganggur mencari alternatif untuk mengisi waktu luangnya dengan kegiatan yang dapat menghasilkan uang, terutama pada masa pandemi sekarang banyak orang yang banting setir dari pekerjaanya, bahkan sekarang sekarang ini marak aksi pencurian, perampokan dan pembegalan, bahkan juga  yang sedang hangat-hangatnya diperbincangkan di media sosial  adalah kasus subuh berdarah, yang dimana seorang ibu membunuh tiga anaknya salahsatunya faktor ekonomi.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pengangguran dapat ditinjau dalam berbagai segi yang berujung pada tindakan kriminal. Dalam segi ekonomi, pengangguran berdampak langsung pada kemiskinan yang membuat masyarakat tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehingga perlu mencari alternatif lain agar kebutuhannya tetap terpenuhi.

Dalam segi sosial, pengangguran membuat masyarakat kehilangan aktifitas sehari-harinya dan membuang waktunya dengan sia-sia tanpa menghasilkan apapun. Dalam segi politik, pengangguran menjadi penyebab maraknya demonstrasi yang diiringi dengan kerusakan-kerusakan dan tindakan kriminal lainnya yang merugikan banyak pihak.

Dalam segi keamanan, pengangguran membuat suatu negara menjadi tidak aman karena maraknya tindakan kriminal yang dilakukan masyarakat demi memenuhi kebutuhan hidupnya.

Oleh karena itu masyarakat yang menganggur harus memiliki semangat yang besar dan tetap berusaha agar terhindar dari pikiran negatif yang memicu terjadinya tindakan kriminal. Pun juga pemerintah harus bisa memberikan solusi solusi atas isu isu dan keresahan masyarakat, semoga senantiasa kita diberi kesabaran, ketabahan, keikhlasan dan kekuatan oleh tuhan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Penulis :

Komarudin Humaedi

Mahasiswa asal Kuningan – IAIN Syekh Nurjati CIrebon

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Badan Buruh dan Pekerja PP Kuningan menggelar diskusi serta dialog publik soal ketenagakerjaan di Kopi Lendot Mang Elon di Jalaksana, Minggu...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – “Apakah bisa, dikatakan bahwa pemerintah daerah Kuningan hari ini tidak mampu mengatasi permasalahan yang sangat serius?” Dilansir dari data BPS Kuningan...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Ketua LSM Geram (Gerakan Rakyat Marginal) Rudi Idham Malik menyebut predikat-predikan yang menempel untuk Kabupaten Kuningan tak seharusnya terjadi. Rudi, mengomentari...

Government

KUNINGAN (MASS) – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kuningan Dr Elon Charlan menjawab tudingan dan kritikan yang tertuju padanya soal naiknya angka pengangguran....

Advertisement