Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Pembangunan IPAL Terus Dikebut

KUNNGAN (MASS) – Hari ketujuh kegiatan Pra TMMD ke-111, masyarakat dan anggota Kodim 0615/Kuningan bergotong royong membangun Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL).

Pembanunam IPAL itu di Dusun Cilimus, Desa Jamberama, Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan, Kamis (10/6/2021).

Menurut Danramil 1514/Subang Kapten Inf Ujang Maryadi, pengerjaan IPAL ini baru mencapai 25% dengan skala pemukiman 25 KK.

IPAL Ini akan menjadi solusi atasi limbah bagi masyarakat Dusun Cilimus, Desa Jamberama.

Diterangkan, IPAL adalah sarana untuk mengolah limbah cair seperti limbah dari WC, air cuci atau kamar mandi.

Limbah rumah tangga dari sebanyak 25 KK disekitarnya, akan dialirkan melalui pipa yang akan dipasang menuju instalasi pengolahan bersama.

Kapten Ujang menambahkan, kedepan dari program TMMD ke -111 pembangunan IPAL yang sedang dilaksanakan, masyarakat yang berada di beberapa RT dan RW ini akan menerima manfaatnya.

Mereka akan dengan mudah membuang limbah rumah tangganya, tanpa harus membangun sarana penampungan atau septik tank.

“Kondisi lingkungan akan menjadi bersih dan terbebas dari wabah penyakit yang yang ditimbulkan dari limbah tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Saji (61) warga Dusun Cilimus merasa senang dengan adanya program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) karena mereka jelas – jelas terbantu. Seperti salah satunya pembangunan IPAL.

“Karena yang namanya limbah kalau tidak dikelola dengan baik, akan berdampak dan mengganggu masyarakat sekitar,” sebutnya.

Bukan saja bagi kesehatan tapi bisa mengganggu ketertiban, keindahan dan kenyamanan bagi lingkungan itu sendiri.(agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

PAM

Bank Kuningan

PD

PKB

Advertisement
Advertisement
Print
Advertisement

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Membludaknya Kolam Jaring Apung (KJA) di Waduk Darma menjadi perhatian dan dalam kurun waktu 2 tahun kedepan akan berkurang karena akan...

Government

KUNINGAN (MASS)-  Meski terjadi kenaikan kasus, tapi kenaikan terbilang tidak tinggi. Sebagai bukti  untuk update tanggal 21 September kenaikan positif covid-19 hanya  genap orang....

Anything

KUNINGAN (MASS) – Deklarasi penolakan LGBT yang dilakukan elemen masyarakat dan beberapa LSM pada Minggu (19/9/2021) kemarin, didukung dan diapresiasi Gerakan Persaudaraan Islam Indonesia...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Dikait-kaitkannya kasus ‘sapi pokir’ dengan kemunduran dirinya dari parlemen daerah, mendapat penjelasan langsung dari Deki Zaenal Mutaqin. “Saya senang dan bangga...

Advertisement