Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Pelatihan Profesi Langka

KUNINGAN,- Sekda Kabupaten Kuningan Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi menghadiri sekaligus membuka Pelatihan Kifayah Tahun 2021, di Aula Masjid At-Taufik Komplek Islamic Center  Jalan Dr Ir Soekarno, Sabtu (12/6/2021).

Hadir pada kegiatan tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kuningan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kuningan, Kabag Kesra Setda Kuningan beserta jajaran, Ketua MUI Kabupaten Kuningan, serta undangan lainnya.

Sekda menyebutkan, dalam Islam hukum mengurus jenazah adalah fardhu kifayah, itu artinya diantara umat Islam diwajibkan memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan bagaimana caranya memandikan, mengkafani, mensholatkan, dan menguburkan jenazah.

“Tentu yang sesuai dengan ketentuan syariat islam, maka dari itu, kegiatan ini wajib dilaksanakan,” ujar Sekda saat memberikan sambutannya.

Dikatakan Sekda, Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Bagian Kesra hingga saat ini masih tetap istiqamah dalam menjalankan kegiatan Pelatihan Kifayah.

Adapun tujuan diselenggarakan kegiatan tersembut untuk menambah dan mengembangkan wawasan tentang penyelenggaraan jenazah yang harus dimunculkan di tengah-tengah masyarakat secara berkesinambungan.

“Menggelar pelatihan jenazah sangat penting dilaksanakan, mengingat di era globalisasi seperti sekarang ini, generasi muda sibuk dengan urusannya masing-masing, sehingga mereka tidak tau betapa pentingnya penyelenggaraan jenazah ini,” imbuhnya.

Lebih lanjut Sekda mengemukakan, masalah  tata cara penyelenggraan jenazah, memang cukup sulit ditemui di tengah-tengah  masyarakat, terutama bagi generasi muda.

Menurutnya, saat ini hanya beberapa kalangan generasi muda saja yang peduli terhadap bidang keumatan, terutama dalam penyelenggaraan jenazah.

“Akibatnya untuk melaksanakan fardu kifayah, biasanya didominiasi oleh para orang tua. Padahal, penyelenggaraan jenazah tidak akan pernah berhenti selama umat Islam masih ada,” pungkasnya. 

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Kuningan H Nunung Nurjati SPd MSi,  menyebutka, kegiatan Pelatihan Kifayah Tahun 2021, diikuti sebanyak 32 peserta perwakilan dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Kuningan.

Adapun Narasumber pada kegiatan tersebut yakni, Tim Ahli Pemulasaraan Jenazah Covid 19 RSUD 45 dan Kyai Haji Abdul Azis  Amrullah.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sementara, Kasubag Bina Mental Spiritual Bagian Kesra Setda Kuningan, Wibawa Gumbira, SSos M.Pd, disela-sela kegiatan mengemukakan, Pelatihan Kifayah merupakan program rutin yang dilaksanakn Subbag BMS Kesra Setda Kuningan, dimana program tersebut, dilaksanakan 3 angkatan setiap tahunnya.

“Alhamdulillah seluruh peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan kifayah sekarang ini, sudah punya dasar dan tinggal meneruskan atau menguatkan kembali,” jelasnya yang menyebutkan profesi memandikan jenazah di Kuningan terbilang langka sehingga rutin dilakukan pelatihan.

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta dapat melakukan penyelenggaraan jenazah lebih profesional sesuai dengan syariat-syariat Islam. (agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bank Kuningan

PAM

PD

PKB

PAN

Advertisement
Advertisement
Advertisement

BNNK

Bappenda

Uniku

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Ibu Sarwi (73) salah seorang warga Kelurahan Winduhaji Kecamatan Kuningan begitu sumringah ketika melihat rombongan Polres Kuningan mendatangi rumahnya. Kedatangan mereka...

Government

KUNINGAN (MASS) – Staf téritorial Kodim 0615/Kuningan meninjau lokasi jalan yang rencananya akan diperbaiki lewat program Bhakti Siliwangi Satata Sariksa (BSMSS). Jalan yang akan...

Government

KUNINGAN (MASS) – Selama masa pemberlakuan PPKM Darurat, Polres Kuningan terus bergerak membantu masyarakat dengan menggelar bakti sosial (baksos) di seluruh wilayah Kabupaten Kuningan....

Uncategorized

KUNINGAN (MASS)- Pandemic covid 19 tidak mematahkan semangat bagi mahasiswa Universitas Kuningan (Uniku) untuk menorehkan prestasi, baik prestasi akademik maupun non akademik. Kemarin, salah...

Advertisement