Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Pelatihan Aplikasi e-HDW dan Pembinaan Kader Pembangunan Manusia

KUNINGAN (MASS) –  Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, Hj Ika Acep Purnama, membuka secara resmi Pelatihan Aplikasi e-HDW ( E Human Development Worker ).

Selain itu  juga digelar  Pembinaan Kader Pembangunan Manusia (KPM) Kabupaten Kuningan, bertempat di Aula Desa Gersik Kecamatan Ciawi Kabupaten Kuningan, Kamis (01/04/2021).

Diterangkan, pembangunan desa yang sedang digalakan memiliki tujuan utama, yaitu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat secara langsung melalui berbagai kegiatan dan program dengan sasaran utama masyarakat desa.

Hal itu dalam rangka mencapai target pembangunan seperti pengentasan kemiskinan, penanggulangan stunting, penanganan gizi balita dan anak, serta peningkatan kualitas layanan pendidikan dan kesehatan.

“Untuk itu, kemampuan para penggerak pembangunan di desa akan menjadi penentu keberhasilan pembangunan daerah,”terang Ika dalam sambutannya.

Satu hal yang perlu di ingat, bahwa desa harus memberdayakan kader- kader setempat untuk menjadi motor pembangunan. Salahsatunya keberadaan KPM (Kader Pembangunan Manusia) yang sejatinya adalah kaum relawan yang bersedia tanpa pamrih untuk kemajuan pembangunan desa.

“Untuk membantu kerja KPM, saat ini telah disediakan aplikasi e-HDW,” ujarnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Diterangkan,  aplikasi tersebut di kelola oleh Kementerian Desa dan dapat di gunakan di seluruh Indonesia.

Manfaat utama aplikasi e-HDW adalah untuk membantu pencatatan data secara langsung, lebih akurat dan mudah di perbaharui kapan saja. Tentu data tersebut dapat dijadikan rujukan bagi pelaksanaan kegiatan prioritas desa.

Manfaat lainnya, secara umum akan memantau pemenuhan gizi keluarga terutama pada masa 1000 hari masa kelahiran, pelayanan pencegahan stunting dan berfungsi untuk pelaporan secara elektronik.

“Saya mengamanatkan, aplikasi ini adalah alat bantu. Seberapa besar manfaatnya tergantung ketekunan KPM dalam mengisi data, memperbaharui dan menindaklanjuti data tersebut agar dapat dimanfaatkan secara optimal oleh pemerintah desa,”pungkas Ika.(agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Netizenmass

KUNINGAN (MASS) – Apa yang anda rasakan ketika berada di kantor saat ramadhan tiba tanpa asap rokok? Apa yang anda rasakan saat berada di...

Government

KUNINGAN (MASS) – Anggota Koramil 1501/Kuningan membagikan takjil pada masyarakat menjelang waktu berbuka puasa. Pembagian takjil ini dilaksanakan di depan markas Koramil 1501/Kuningan, Jumat...

Inspiration

KUNINGAN (MASS) – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui Dinas Kehutanannya menggelar pengenalan lapangan Petani Milenial. Pengenalan tersebut, dilajukan di kumbung produksi jamur kayu...

Government

KUNINGAN (MASS) –  Memasuki pertengahan April 2021 kenaikan kasus positif di Kabupaten Kuningan masih terjadi. Hal ini dibuktikan dengan kenaikan kasus untuk update Jumat...

Advertisement