Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Social Culture

PDM KNPI, Membangun Untuk Negeri

KUNINGAN (Mass) – Program kepedulian sosial yang dicanangkan DPD KNPI Kabupaten Kuningan dalam konsep Pemuda Desa Membangun (PDM), merupakan bukti nyata pengabdian para pemuda terhadap pembangunan negeri. Pasalnya, beragam kegiatan sosial baik fisik maupun non fisik disalurkan langsung dengan titik sasaran warga masyarakat di sejumlah desa.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Kuningan Cecep Hendie usai kegiatan PDM di Desa Mekarsari Kecamatan Maleber yang dibuka langsung Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH kepada awak media menjelaskan, Minggu (11/9), visi DPD KNPI Kuningan sebagai induk organisasi kepemudaan di tingkat kabupaten yaitu berupa pembinaan dan pemberdayaan, demi mewujudkan pemuda Kuningan yang mandiri dan berdaya saing. Kemandirian pemuda adalah cita-cita yang perlu diwujudkan melalui proses panjang, dan harus terus diupayakan bersama-sama.

“Jadi, wujud dari pengabdian ini tidak dapat hanya dilakukan dalam sehari atau dua hari saja, dan tidak hanya dilakukan oleh satu atau dua pihak saja. Kita harus mewujudkan bersama-sama dengan prinsip gotong royong demi mewujudkan generasi pemuda yang mandiri dan berkualitas,” katanya.

Menurutnya, pembinaan menuju kemandirian pemuda harus dilakukan semua pihak baik itu pemerintah, swasta, masyarakat serta elemen masyarakat lainnya.

“Melalui PDM, kami ingin mengajak semua pihak untuk bersama-sama membina dan memberdayakan pemuda menuju kemandiriannya. Kemandirian dalam konteks ini tidak hanya terfokus pada aspek ekonomi, tetapi juga kemandirian dalam hal jati diri, akhlak, nilai-nilai sosial, dan kharakter kebangsaan,” ungkapnya.

Ketua Pelaksana PDM DPD KNPI yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD Kuningan, Masuri menambahkan, kegiatan ini sebagai bentuk nyata pengabdian dari KNPI mewakili generasi muda Kabupaten Kuningan. Yaitu, memiliki satu tekad untuk ikut berkontribusi langsung dalam proses pembangunan di Kuningan.

“Kegiatan PDM merupakan salah satu program unggulan DPD KNPI, dengan diisi berbagai jenis kegiatan pemberdayaan baik bersifat fisik maupun non fisik, hingga lomba dan olahraga tradisional. Kita juga mendeklarasikan Desa Mekarsari bebas narkoba, senam sehat bersama PKK yang dihadiri langsung Istri Bupati Kuningan Hj Ika Siti Rahmatika,” terangnya.

Sementara kegiatan lainnya kata Masuri, diantaranya yaitu sosialisasi bahaya narkoba, gizi buruk, kepemiluan, pencegahan HIV AIDS, penanganan korban kekerasan ibu dan anak, serta pengobatan gratis. Adapula turnamen voli antar dusun, lomba panjat pinang, lomba bakiak, lomba egrang, hingga pembuatan tong sampah untuk setiap kampong.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kepedulian kita terhadap kemajuan dan perkembangan Kuningan,” pungkasnya.(andri)

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Advertisement