Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Naskah Kuno Akan Dipajang Untuk Umum

KUNINGAN (Mass)- Setelah naskah-naskah kuno yang dimiliki warga diakuisisi oleh pemerintah dan kemudian dilakukan restorasi (perbaikan), maka  Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan akan memajang naskah tersebut di Perpustakaan Daerah yang terletak  di depan SMPN 1 Kuningan.

Kebanyakan naskah yang dimiliki Pemkab Kuningan adalah tafsir Al-Quaran yang dibuat tahun 1800-an) dan berjumlah lima. Diharapkan dengan dipajang di perpustakaan maka akan banyak warga mengakaji isi dari naskah kuno tersebut.

“Selama ini naskah disimpan di kantor, rencana akan kami pajang. Kami juga berharap naskah kuno itu ada yang mengkaji sehingga bermanfaat bagi masyarakat luas,” ucap Kadis  Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan Drs Ucu Suryana MSi kepada kuninganmass.com Rabu (15/3/2017).

Sekedar informasi naskah kuno yang direstorasi itu menggunakan  tisu Jepang. Kelebihan menggunakan  tisu Jepang adalah  naskah bisa berumur 100 tahun.

Pada tahun tahun 2006, satu lembar biaya restorasi mencapai Rp25 ribu. Sedangkan naskah yang ada jumlah ribuan sehingga dana yang digunakan untuk restoarsi dan juga akuisi cukup besar.

Salah satu satu naskah yang paling menarik adalah naskah Mbah Dako. Nasakah ini sangat penting dan berhubungan dengan sejarah perkembangan agama Islam di Kuningan.

Peninggalan Mbah Dako berupa Al-Quran tulis tangan buatan 1808. Kemudiah  tafsir tangan dan kitab gundul yang semuanya ditulis tangan oleh Mbah Dako di Desa Lengkong Kecamatan Garawangi pada tahun 1850 (1266 H).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Al-Quran, tafsir dan kitab gundul ini diserahkan ke  Kantor Arsip dan Perpustakan pada tahun 2005. Tiga naskah itu yakni Al-Quran yang terdiri 612 halaman, kitab gundul berjumlah 611 halaman,.

Sementara  tafsir jalallain jilid 2 berjumlah 234  lembar. Kuninganmass.com sendiri pernah melihat satu persatu naskah tersebut meski umurnya sudah dua 207 tahun, namun peninggalan sejarah itu terliat kuat. Tulisan tangan sangat rapih dan tinta yang digunakan pun sangat bagus kualitas.(agus)

 

 

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS)- Ketika Kabupaten Kuningan dinyatakan zona merah semua kaget terutama mereka pelaku usaha dan warga. Mereka wajar shock karena baru tanggal 23 Februari...

Government

KUNINGAN (MASS)- Dari data terbaru Pikobar Jabar, ternyata Kabupaten Kuningan masuk zona merah . Dari peta resiko covid-19 di Jabar hingga 23 Februari 2021...

Headline

KUNINGAN (MASS)- Insiden warga Blok Ciasem Kelurahan Purwawinangun Kecamatan Kuningan yang mengamuk kepada salah satu terduga pelaku pencabulan yang ada di wilayahnya, menjadi kabar...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Duda yang berinisial AH (36) yang mencabuli anak pacarnya mengaku, bukan sekali mencabuli anak dibawah umur. Namun tiga kali. “Saya sudah...

Advertisement