Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Netizen Mass

Mutiara Keluarga (13)

KUNINGAN (MASS) – Setiap orang berusaha untuk meraih setiap kesuksesan yang dicita-citakan. Umumnya sejak awal belajar dan anak-anak itu penanaman cita-cita telah diajarkan sesuai dengan usianya.

Pembelajaran yang sangat berarti, karena dengan tumbuh cita-cita dan keinginan mereka bisa punya ghirah, punya jiwa-jiwa untuk perjuangan dan punya kekuatan untuk melewati setiap tantangan dalam hidupnya. Menjadi pedagang, pegawai, militer, dokter, petani dan lainnya merupakan jalan mulia setiap orang dalam perjuangan hidupnya.

Hal yang menggembirakan juga, cita-cita itu kadang bisa diwariskan kepada anak-anaknya, kata orang tua, ”mungkin saya tidak bisa meraih cita-cita ini, tapi saya ingin anak-anak saya bisa mewujudkannya kelak”.

Masing-masing orang diberikan kebebasan memberikan definisi kesuksesannya. Sesuai kodratnya manusia, kesuksesan itu bisa dibentuk sesuai dengan akal yang dimiliki pribadi masing-masing.

Disanalah fungsi akal untuk mendampingi dan menunjukkan arah kemana kesuksesan itu akan diarahkan dan digerakkan. Akal yang selalu mendapatkan pikiran dan lingkungan yang baik, biasanya memberikan pengaruh yang sangat positif untuk memberikan kesuksesan yang positif juga.

Dalam hal ini maka pendidikan menjadi hal yang sangat penting dilakukan, khususnya pendidikan agama yaitu pendidikan yang bisa menempatkan posisi manusia dihadapan aturan agama dan bisa berperilaku sesuai dengan kehendak alloh swt.

Dari kebanyakan  kesuksesan umumnya hanya bersifat sementara, baik itu berupa jabatan, kekayaan, popularitas dan lainnya. Kesuksesan itu hanya hanya sementara jika hanya disandarkan pada kehidupan dunia, namun jika ia disandarkan kepada nilai-nilai akhirat maka ruh dari kesuksesan itu akan berdimensi akhirat, berdimensi keabadian dan juga keagungan.

Seorang guru ngaji di kampung kecil, tampak sederhana namun jika dimensi akhiratnya dimunculkan itulah kesuksesan yang hebat. Ia bisa mengajari anak-anak huruf-per huruf sampai akhirnya mereka mengenal al quran, kitab suci yang diturunkan kepada hamba paling mulia rasulullah saw.

Jika demikian maka besar kecilnya kesuksesan itu bukan pada pekerjaan dan hasilnya tapi kepada sandarannya, jika kesuskesan itu sandarannya kepada sang maha pencipta maka kesuksesan itu akan menjadi agung dan abadi. Sebuah nilai yang bisa kita dapatkan adalah kesuksesan tidak hanya materi namun seberapa besar manfaat yang bisa diberikan dunia dan bekal untuk kehidupan akhirat.***

Kokom Komariyah

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

PD

PKB

PAN

BNNK

P3MI

Bappenda

Uniku

Bank Kuningan

You May Also Like

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Manusia adalah makhluk sosial. Sejak ia lahir ia tidak bisa sendiri, namun ia selalu membutuhkan banyak orang untuk membantunya sampai ia...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Keluarga selalu membutuhkan kehadiran cinta. Rasa kasih sayang pada keluarga menjadi anugrah untuk selalu bisa bersama dalam menjalani kehidupan. Tidak mudah...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Kita memasuki masa pandemic covid 19 pada tahun kedua. Banyak keadaan yang berjalan tidak normal dengan musibah ini dan banyak hal...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Wakil Ketua DPRD Kuningan, Hj Kokom Komariyah mengatakan, penggunaan RSCI tidak sesuai dengan estimasi awal pembelian. Tak heran jika dirinya meminta...

Advertisement