Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Netizen Mass

Mutiara Keluarga (12)

KUNINGAN (MASS) – Manusia adalah makhluk sosial. Sejak ia lahir ia tidak bisa sendiri, namun ia selalu membutuhkan banyak orang untuk membantunya sampai ia bisa mandiri dalam menjalani hidupnya.

Keluarga, lingkungan anak, remaja sampai ia dewasa ia tidak bisa lepas dari lingkungan sosialnya. Kesadaran ini menjadi hal yang sangat penting untuk kita tanamkan, bahwa kehidupan sosial telah mengajarkan banyak hal dalam hidup kita, telah mendidik pikiran serta telah membentuk sikap dan tindakan kita.

Sebenarnya jika direnungkan, apapun lingkungan yang pernah ada dalam hidup kita mereka telah banyak memberikan bekal pendidikan untuk kepribadian kita. Mereka punya jasa yang telah ditanamkan sejak diri ini masih kecil dan tak berdaya.

Jika ada orang yang menurut kita baik mereka telah mengajarkan kepada kita tentang kita harus baik dan bagaimana kita bisa berterima kasih dan jika pun ada orang yang buruk menurut kita, setidaknya ia telah mengajarkan bahwa kita harus sabar, tahan segala ujian dan tabah menjalani kehidupan.

Atas dasar itu maka, sikap kita yang baik adalah tersenyumlah untuk mereka, senyum yang menunjukkan pemaafan, kasih sayang dan saling mendoakan.

Selanjutnya dalam hidup ini, kita pun pasti punya sahabat yang secara kedekatan hati memang seakan kita tanpa batas dengannya bisa berbagi dalam setiap peristiwa dan keadaan. Seakan ia memang dihadirkan untuk bisa menjalani hidup ini untuk terus bisa bertahan dalam setiap keadaan menuju puncak kehidupan. Sahabat itulah yang biasanya tempat kita bisa berbagi air mata dan juga segala permasalahan, ia memang hadir untuk momentum itu.

Demikian juga keluarga adalah lingkungan sosial terdekat yang mendidik kita bagaimana hidup harus terus berjuang untuk mereka. Segala keadaan sebagian besar hidup kita dengan mereka, merekalah lingkungan sosial yang paling memberikan dampak dalam hidup kita.

Baca juga: https://kuninganmass.com/mutiara-keluarga-1/

Bersama mereka kita bisa memahami kasih sayang, rindu, cinta, perjuangan, kesedihan dan juga bersama akhir hidup kita. Untuk keluarga, tunjukkan lah kesungguhan, balas lah pendidikan mereka dengan ketabahan dan balas lah kesabaran mereka dengan kelulusan.

Namun dari semua keadaan sosial itu, kadang kita berhasil sering juga kita gagal menghadapinya. Tugas hidup semakin banyak namun seiring usia potensi kita semakin menurun. Untuk itu dalam menjalani ini tersenyum lah untuk masyarakat, menangis dan berbagilah kepada sahabat, tunjukkan kesungguhan untuk keluarga dan akhirnya bersimpuhlah kepada alloh swt sang maha pemilik kehidupan ini.***

Kokom Komariyah

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Keluarga selalu membutuhkan kehadiran cinta. Rasa kasih sayang pada keluarga menjadi anugrah untuk selalu bisa bersama dalam menjalani kehidupan. Tidak mudah...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Kita memasuki masa pandemic covid 19 pada tahun kedua. Banyak keadaan yang berjalan tidak normal dengan musibah ini dan banyak hal...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Wakil Ketua DPRD Kuningan, Hj Kokom Komariyah mengatakan, penggunaan RSCI tidak sesuai dengan estimasi awal pembelian. Tak heran jika dirinya meminta...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Ada ungkapan yang sering didengar, jika seseorang terpakai kompetensi dan kepribadian pada satu organisasi maka ia juga akan terpakai pada organisasi...

Advertisement