Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Religious

Mutawally Awards 2, Ratusan Pelajar Ikuti Lomba Islami

KUNINGAN (MASS) – Tahun ini, Ponpes Al-Mutawally kembali menggelar kegiatan bertajuk Mutawally Awards 2 se-Wilayah 3 Cirebon, Sabtu (17/12/2022) kemarin. Kegiatan yang berisi perlombaan-perlombaan islami itu, dihelat di lapangan volly pondok, Desa Bojong Kecamatan Cilimus.

Bertajuk “Tebar Cahaya Qur’an, Menjaga Kearifan Lokal”, kegiatan dibuka langsung oleh Kasi PD Pontren Kabupaten Kuningan H Ahmad Fauzi. Acara sendiri, digelar sejak pukul 07.00 WIB pagi sampai malam hari.

Dalm kegiatan itu, ada 2 kategori yang dilombakan yaitu MHQ (Musabaqoh Hifdzil Qur’an) dan Qosidah. Perlombaan sendiri, diikuti oleh banyak peserta. Untuk MHQ ada 72 peserta tingkat SD/MI dan 39 peserta tingkat SMP/MTs. Sementara, untuk lomba Qosidah ada 8 grup tingkat anak, dan 18 grup umum sebagai peserta.

Dengan total 111 peserta perorangan dan ada 26 grup, mereka berlomba dan akan diberi hadiah dengan total jutaan rupiah, tropy, dan juga sertifikat untuk peserta pemenang.

Ketua pelaksana ustadz Rudi Haryanto mengatakan, kegiatan ini digelar sebagai program tahunan dan kalender akademik Pondok Pesantren Kuliyyatul Mu’alimin Al-Mutawally (KMA) yang sudah ditentukan sebelumnya.

“Ya ini merupakan program tahunan dan juga sudah ada di kalender akademik KMA,” ucapnya.

Kegiatan ini, lanjut Ustad Rudi, dilaksanakan sebagai upaya menyiarkan ajaran Islam melalui kreasi, ekspresi dan budaya terutama pelajar dan umumnya orang dewasa.

“Ini sebagai wadah untuk berkreasi dan mengembangkan minat dan bakat para peserta didik se-Wilayah III Cirebon,” ucap Rudi.

Rudi Haryanto juga berharap, dengan kegiatan ini akan muncul generasi Qurani yang akan berkiprah di masa depan. Dirinya juga ingin, kegiatan semacam ini bisa lebih meriah dan lebih luas lagi jangkauannya di masa yang akan datang.

Sementara, Direktur KMA Dr H Didin Nurul Rosidin M A dalam sambutannya mengatakan bahwa pesantren Al-Mutawally berkomitment akan terus melakukan syiar Islam dimanapun dan sampai kapanpun.

“Syiar Islam akan tetap kami kumandangkan, setiap detik, setiap jam, dan sampai kapanpun kami akan tetap melakukannya,” sebutnya. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Agus Kusman adalah salah satu murid saya yang sekarang sedang mendapatkan anugerah dari Allah dengan dinyatakan lulus untuk Program Doktor Pengkajian...

Education

KUNINGAN (MASS) – Ratusan santri Al-Mutawally mengikuti Kegiatan Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan (PPTA) yang digelar Kepanduan Pramuka Al-Mutawally (KPMA). Kegiatan tersebut diadakan pada tanggal...

Education

KUNINGAN (MASS) – Pondok Pesantren Kulliyatul Mu’alimin Al-Mutawally (Ponpes Al-Mutawally) menyelenggarakan peletakan batu pertama Masjid Zainal Abidin di kampus II mereka yang sedang dibangun,...

Government

KUNINGAN (MASS) – Komunitas pesantren nampaknya merasa sangat kecewa dengan pernyataan Ketua DPRD Kuningan Nuzul Rachdy SE. Salah satunya Ponpes Al Mutawally Bojong Cilimus...

Advertisement