Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Headline

Muncul Percikan Api dari Mesin, Pabrik Pengolahan Kayu di Susukan Alami Kebakaran

KUNINGAN (MASS) – Sebuah pabrik pengolahan kayu/triplek di Desa Susukan Kecamatan Cipicung (Jalan raya Ciawi-Susukan) alami kebakaran pada Selasa (20/9/2022) sekitar pukul 09.30 WIB.

Pabrik yang terbakar, adalah CV Jati Welas milik H Asep Syaripudin (52). Insiden kebakaran, terjadi saat proses pengolahan kayu berlangsung.

Diceritakan, saat itu H Asep sedang melakukan pengawasan dengan cara berkeliling pabrik bersama beberapa karyawan. Namun, saat mendekati mesin produksi yang bersebelahan dengan pembuangan serbuk pengolahan kayu, terlihat ada percikan api dari mesin bering (pengepresan).

Advertisement. Scroll to continue reading.

H Asep dan beberapa karyawan melakulan pengecekan mesin, dan terlihat diatas mesin bering ada serbuk penggergajian yang terhisap oleh mesin blower.

Ternyata, diatasnya sudah ada sekam/bubuk kayu yang mulai berasap. Kemudian, yang terbakar itu masuk ke mesin pembuangan/penampungan bubuk penggergajian.

Sang pemilik bersama karyawan berusaha untuk melakukan pemadaman dengan menggunakan APAR, dan peralatan seadanya. Namun, kebakaran belum terkendali, apalagi angin berhembus kencang. Bahkan asap dari insiden itu semakin tebal.

Khawatir semakin meluas, H Asep kemudian melapor ke UPT Damkar Satpol PP Kuningan (0232) 871113. Damkar bergerak cepat dengan menurunkan 5 anggota dan 1 randis damkar dari piket regu 3 ke lokasi kejadian.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Dibantu karyawan dan pemilik, api berhasil dipadamkan pada Pukul12.30 WIB. (-+ 2 Jam 40 menit),” ujar Kepala Damkar M Khadafi Mufti, M Si dalam laporanya.

Setelah dilakukan pendataan, investigasi dan pengumpulan data, lanjut Khadafi, diduga penyebab kebakaran berasal dari mesin bering (baud aus dan terjadi gesekan besi yang menimbulkan percikan bunga api, dan membakar sekam /bubuk kayu).

“Cepatnya laporan kejadian, dan tersedianya sumber air tambahan memudahkan petugas untuk melakukan pemadaman dan meminimalisir kerugian,” tambah Khadafi. (eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Kebakaran di kawasan Gunung Ciremai, terlihat kembali di hari keempat, setelah tiga hari sebelumnya berturut-berturut juga terjadi kebakaran. Jika dirunut, api...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Pada Minggu (25/9/2022) kemarin, kawasan Gunung Ciremai khususnya Blok Cileutik dan sekitarnya (Kecamatan Pasawahan) mengalami kebakaran. Di hari itu, wilayah yang...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Pada Minggu (25/9/2022) kemarin, kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengalami kebakaran. Yang terbakar, adalah Blok Cileutik, Blok Manguntapa, Blok Jalan...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Sebuah insiden kebakaran terjadi pada Kamis (22/9/2022) malam tadi sekitar pukul 23.45 WIB. Kebakaran, terjadi pada sebuah pabrik pengolahan kayu di...

Advertisement