Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Economics

Minyak Goreng Harganya Bukan Lagi Rp14ribu

KUNINGAN (MASS) – Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk minyak goreng tidak lagi dipatok pemerintah di angka Rp14ribu/liter. Hal itu, dipastikan setelah keluarnya SE no 9 tahun 2022 tentang relaksasi harga minyak goreng sawit kemasan sederhana dan kemasan premium. Harga minyak goreng, akan diserahkan ke mekanisme pasar yang ada.

Di peraturan sebelumnya, harga eceran tertinggi untuk minyak goreng dalam SE no 6 tahun 2022 di angka Rp13.500/liter (kemasan sederhana) dan Rp14.000,-/liter (kemasan premium). Peraturan yang berlaku mulai awal Februari itu, ”dihapus ketentuannya” oleh aturan terbaru mulai Rabu (16/3/2022) kemarin.

Selain minyak goreng, harga yang kemudian diatur adalah minyak curah. Jika sebelumnya harga minyak curah ada di angka Rp11.500,-/liternya, kini harganya di angka Rp14.000/liter.

Sementara itu, Kadiskopdagperin Kuningan U Kusmana juga membenarkan hal tersebut. Pada keterangan yang diberikannya pada wartawan, Kusmana menyebut harga minyak goreng akan menyesuaikan nilai keekonomian.

“Diharapkan dengan adanya kebijakan ini, minyak goreng sawit akan tersedia kembali di para pedagang baik tradisional maupun modern,” ujarnya.

Saat ini, di pasaran harga baru ini sudah berlaku. Beberapa ritel juga sudah menjual harga minyak goreng kemasan hampir mencapai angka Rp. 24.000,-. Seperti yang diketahui, harga minyak goreng sawit di pasaran sempat ‘meledak-ledak’ tak karuan.

Kenaikan harga itu, direspon pemerintah dengan menetapkan harga eceran tertinggi (HET). Sayangnya, setelah ditetapkannya harga tersebut, ketersediaan minyak goreng di pasaran seolah ‘langka’. Dan kebijakan ini, merupakan respon untuk menekan kelangkaan tersebut. (eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kuningan menggelar unjuk rasa di depan tugu titik nol Kuningan, sekitar taman...

Netizen Mass

SALAM PERJUANGAN !!HIDUP MAHASISWA HIDUP RAKYAT INDONESIA !! Menyikapi keadaan negeri ini yang sedang dalam kondisi darurat dari segi demokrasi, ekonomi dan HAMnya. Kemelut...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Kapolres Kuningan bersama jajarannya terus melakukan monitoring selama bulan Ramadhan ini. Tentu bukan tanpa alasan, pasalnya, setiap menjelang Idul Fitri, selalu...

Business

KUNINGAN (MASS) – Kapolres Kuningan AKBP Dhany Aryanda SIK melalui Kasat Reskrim Hafidz SIK MA, menerjunkan anggota kepolisian untuk melalukan monitoring pendistribusian minyak goreng,...

Advertisement