Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Inspiration

Mengenal KH Ayub Ahmad, Dai Kondang Yang Dekat Dengan Dunia Wayang

KUNINGAN (MASS) – Dai kondang asal Kuningan yang satu ini, mungkin sudah tak asing lagi, KH Ayub Ahmad FA. Bukan hanya terkenal karena agama dan dakwahnya yang segar, Kyai Ayub, terbilang dekat dengan dunia wayang.

Ya, Kyai yang sudah melanglang buana ke berbagai daerah di Jawa Barat ini, lekat dengan wayang golek yang kerap dibawakan Ki Dalang Asep Sunandar Sunarya. Kyai Ayub, sudah dianggap sebagai keluarga besar Giri Harja 3 Putra.

Besar dengan bimbingan dalang, Ayub kini bekerja sebagai penyuluh agama Kemenag di Kecamatan Ciawigebang Kuningan. Ayub, dikenal sebagai pendakwa yanh humoris dan lugas.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dekatnya dengan dunia kebudayaan, gaya dakwahnya pun tidak terlepas dengan kesenian dan kebudayaan, namun dengan bobot yang mudah di pahami dan dimengerti oleh kalangan masyarakat sekarang.

“Beramal baiklah dengan tulus karena ketulusan menghantar kepada kefithrahan hati,” pesannya saat ditanya, kenapa jalan dakwah terus dipilihnya hingga sekarang.

Lulusan S-3 Uin Bandung itu, kini tinggal di Desa Mekarwangi Kecamatan Lebakwangi. Kyai Ayub, pernah ikut mengaji di berbagai pondok, dan salah satunya di pondok Desa Pangkalan Ciawigebang. Dakwah Kyai Ayub Ahmad, banyak tersebar melalui Youtube dan banyak disukai.

Selain jadi penyuluh, Kyai Ayub juga mengajar sebagai dosen di UNU Cirebon dan Pascasarjana UNIAT Jakarta. Ayub, juga terlibat aktif di banyak organisasi seperti BPD, MUI, NU, IPHI, Ketua Ikatan Mubaligh Kuningan, LPTQ, JQH NU, Dewan Hakim MTQ, serta pengurus Dai Seniman Muslim Jawa Barat. (eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Advertisement