Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Inspiration

Mengenal Andini, Pendongeng Kuningan yang Masuk 15 Besar di Festival Nasional

KUNINGAN (MASS) – Kuningan boleh berbangga. Pasalnya, Andini Rahmawati, perempuan asal Pasapen Kuningan masuk nominasi 15 besar nasional Festival Kampung Dongeng.

Pengumumannya adalah pada 25 Oktober. Perempuan semampai ini satu-satunya mewakili Jawa Barat.

Festival Kampung Dongeng dengan mengusung tema Budaya Bangsa Identitas Kita, yang diselenggarkan Kemendikbud.

Andin, panggilan akrabnya, terlihat senang saat diwawancarai kuninganmass.com perihal prestasinya tersebut. Apalagi, dunia dongeng merupakan salah satu hal yang disukainya.

“Awalnya iseng, ditawari temen yang aktif di Kampung Dongeng buat ikutan kompetisi. Yaudah, akhirnya saya mau,” jelasnya beberapa waktu lalu.

Andin, yang memang banyak bergerak di basic kepenulisan, mulai menulis script dongeng anak.

Awalnya, Andin berencana mengangkat asal mula Cigugur, namun setelah beberapa pertimbangan, Andin memutuskan menulis naskah dongeng tentang Cingcowong.

Sebuah boneka dalam ritual pemanggilan hujan yang cukup ‘mistis’, yang ceritanya berkembang dari daerah Luragung.

“Kebetulan pernah wawancara juga, tapi memang saya gak tulis versi aslinya, karena terlalu berat. Saya tulis, dengan bahasa dongeng yang lebih masuk untuk anak-anak,” ujarnya lebih lanjut.

Dari 500-an peserta, ternyata naskah Andin lolos hingga 60 besar. Dirinya bercerita, saat masih sesi tersebut, ada 3 orang dari Jawa Barat yang lolos, 2 dari Kuningan (termasuk Andin, red), satu dari Depok.

“Karena ini kan festival video dongeng, setelah itu kita bikin dongengnya dalam bentuk video. Alhamdulillah saya dibantu,” ujarnya sembari menyebutkan siapa yang membantunya menggarap video.

Setelah itulah, ternyata dirinya masuk nominasi 15 besar skala nasional. Sayangnya, saat kualifikasi 6 besar, tidak ada satupun perwakilan dari Jawa Barat.

Meski pada akhirnya harus terhenti, Andini harus cukup berbangga. Apalagi sejak 15 besar, Andin merupakan satu-satunya pendongeng dari Jawa Barat yang bertahan.

Artinya, salah satu pendongeng terbaik Jawa Barat itu, berasal dari Kuningan. (eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

PD

PKB

PAN

BNNK

P3MI

Bappenda

Uniku

Bank Kuningan

You May Also Like

Advertisement