Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Netizen Mass

Meminimalisir Penyebaran Covid-19 Dengan Melakukan Protokol Kesehatan

KUNINGAN (MASS) – Protokol kesehatan merupakan sebuah langkah antisipasi penyebaran Virus Covid-19, yang mana Pemerintah telah menyusun protokol atau ketentuan yang harus dijalankan dan dipatuhi oleh seluruh masyarakat tanpa pandang bulu.

Pada saat ini, Virus Covid-19 atau Corona menyebar dengan sangat mudahnya melalui kontak fisik maupun udara (droplet).

Bisa dikatakan pemerintah kewalahan untuk menanganinya karena, berbagai protokol kesehatan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah dan institusi kesehatan dimana bertujuan untuk menghentikan penyebaran virus dengan begitu cepat.

Dikarenakan kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan yang diluncurkan sangatlah minim dan terkesan menyepelekan.

Bahkan di Kabupaten Kuningan sendiri sudah banyak yang tertular oleh virus ini, yang mana pada waktu lalu grafik penularan virus ini sempat turun.

Namun kembali mengalami peningkatan karena dimulainya era New Normal, bahkan tempat-tempat wisata, pusat perbelanjaan, tempat nongkrong mulai dibuka kembali tanpa ada batasan waktu yang ditentukan.

Hal yang menyebabkan membludaknya keramaian dan sangat rawan akan penularan Covid-19.

Tidak sedikit pula masyarakat yang acuh tak acuh akan protokol kesehatan terlihat bahwa banyak yang tidak memakai masker dan tidak diterapkannya social distancing (jaga jarak).

Bahkan Covid-19 dianggap bisa menular melalui udara (percikan air liur) dari orang yang sudah terinfeksi, ataupun bisa juga dengan menyentuh permukaan barang/fasilitas umum lalu meyentuh bagian wajah terutama bagian mulut, hidung maupun mata.

Menurut saya, adanya covid-19 ini menjadi buah simalakama bagi pemerintah, pasalnya jika pemerintah menerapkan sistem New Normal maka perekonomian akan berangsur membaik.

Tapi angka penularan virus bisa saja melonjak kembali, jika menerapkan sistem PSBB bahkan Lockdown maka angka penularan virus akan berkurang secara signifikan dan dapat terkontrol namun dikhawatirkan perekonomian akan hancur.

Oleh karena itu, saya menghimbau agar masyarakat tidak panik namun tetap waspada dan mengikuti protokol kesehatan tambahan seperti dibawah ini:

1.Tetap waspada dan tidak panik.
2.Hindari keramaian di tempat tertutup maupun terbuka.
3.Gunakan masker dimanapun berada.
4.Bila berada di dalam ruangan buatlah sirkulasi udara di dalam ruangan sebaik mungkin, dengan membuka jendela sesering mungkin.

5.Tetap jaga kesehatan dengan teratur mencuci tangan dan berolahraga
6.Selalu terapkan social distancing pada aktivitas sehari-hari.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Terhentinya pandemi ini tergantung pada kesadaran kita semua, oleh karena itu marilah patuhi Protokol Kesehatan agar situasi ini berhenti dengan secepatnya dan kita bisa beraktivitas normal seperti sediakala.

Mari bersama-sama melawan covid-19 dengan melakukan protokol kesehatan setiap harinya.****

Penulis : Firman Gandar (Anggota Muda Himpunan Mahasiswa Manajemen)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Advertisement