Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Netizen Mass

Memaknai Pernikahan

KUNINGAN (MASS) – Nikah berasal dari asal kata na-ka-ha. Terdiri dari tiga huruf, yaitu huruf nun, kaf, dan ha. Hal ini memiliki makna yang mendalam dan sebagai bekal dalam mengarungi rumah tangga agar selalu bahagia di dunia hingga di surga.

Pertama, huruf nun, yaitu nikmat. Saat menikah menjadi perhatian banyak orang, bagaikan raja dan ratu. Diliputi rasa cinta, bahagia, indah dan segala hal yang indah-indah. Seakan dunia ini milik berdua. Bahkan, ibaratnya tahi lalat di wajah pun disebut sebagai bintang yang memancarkan keindahan.

Kedua, huruf kaf, yaitu karohah. Setelah tiga bulan berlalu mulai muncul hal-hal yang tidak disuka. Mulai tampak sikap asli dari pasangan. Karena itu, dalam membangun rumah tangga yang penuh onak dan duri perlu hendaknya melipatgandakan kesabaran.

Ketahuilah, tidak ada orang (pasangan) yang sempurna. Jika seseorang mencari pendamping yang sempurna hingga akhir hayat tidak akan menemukan. Karena itu, sepasang suami istri harus saling melengkapi dan menyempurnakan.

Ketiga, huruf ha, yaitu hikmah. Semua itu ada hikmahnya, karenanya senang susah, manis pahit, dan segala hal pernak pernik dalam kehidupan rumah tangga harus diarungi bersama. Sehingga pada akhirnya menjadi keluarga sehidup sesurga. Bahagia di dunia hingga di surga.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Agar keluarga bahagia dunia hingga di surga perlu ditopang dengan tiga penyangga utama agar tetap kokoh meski diterpa badai.

Yiatu, ibadah. Jadikan menikah sebagai sarana untuk ibadah sehingga apapun kondisinya selama membangun rumah tangga akan terasa indah. Karenanya sabar dan shalat harus tetap dijaga.

Kemudian, taawun keluarga. Karena itu perlu ditopang dengan saling bekerja sama dalam mengurus rumah tangga. Berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Suami dan istri hendaknya komitmen untuk saling membantu dan meringankan beban pasangannya.

Dan, ekonomi keluarga. Bekerja keras untuk mendapatkan rezeki yang halal sehingga mendatangkan keberkahan dalam rumah tangga. Ketika suami berangkat bekerja, istri hendaknya mengingatkan agar selalu dalam ketakwaan dan memastikan rezeki yang didapat halal.

Semoga Allah membimbing kita, keluarga kaum muslimin agar menjadi keluarga yang sakinah di dunia hingga di akhirat.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Penulis : H. Imam Nur Suharno, SPd, SPdI, MPdI
dan Hj Siti Mahmudah, SPdI, MPd

Penceramah dan Pembina Majelis Taklim Ibu-Ibu di Kuningan Jawa Barat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Anything

KUNINGAN (MASS) – Puluhan pasangan yang sudah menikah secara agama, sudah jadi pengantin (sirri), mengikuti Sidang Isbat Nikah Massal hari ini, Jumat (11/10/2022) pagi...

Advertisement