Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Netizen Mass

Makna Huruf Ramadhan

KUNINGAN (MASS) – Ramadhan bulan yang istimewa dalam Islam. Keistimewaan Ramadhan dapat ditinjau dari berbagai aspek. Termasuk ditinjau dari aspek makna yang terkandung dalam setiap huruf dalam kata Ramadhan. Hal ini seperti dijelaskan oleh Syaikh Abdul Qadir al-Jilani dalam Al-Gunyah li Thalibi Thariq al-Haq Azza wa Jalla.

Ramadhan terdiri dari lima huruf: ra, mim, dha, alif, dan nun. Dari setiap huruf tersebut mengandung makna yang agung. Apabila setiap kita dapat memahaminya maka akan semakin mengokohkan keyakinan akan keistimewaan bulan suci Ramadhan.

Pertama, huruf ra. Huruf ra kepanjangan dari ridhwanullah yang artinya keridhaan Allah. Pada bulan Ramadhan, umat Islam bersemangat untuk memperbanyak amal saleh yang dapat mengantarkan kepada keridhaan Allah SWT.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Hal ini karena amalan saleh menjadi sarana yang mendatangkan rindha Allah SWT. “Barang siapa yang berharap perjumpaan dengan-Nya, maka perbanyaklah amal saleh dan jangan menyekutukan-Nya dengan siapapun.” (QS Al-Kahfi [18]: 110).

Kedua, huruf mim. Huruf mim berarti mahabatullah an al-ashah yang artinya condong mendekatkan diri kepada Allah SWT daripada bermaksiat. Orang yang berpuasa mempunyai kecenderungan menjauhkan diri dari segala kemaksiatan. Sebab, makna asal puasa adalah imsak (menahan diri). Menahan diri agar istikamah tidak melakukan perbuatan maksiat yang dilarang oleh-Nya.

Ketiga, huruf dha. Huruf dha berarti dhamanullah yang artinya jaminan Allah. Orang yang berpuasa mendapatkan jaminan pahala puasa yang diberikan secara langsung oleh-Nya. Hal ini menunjukkan keistimewaan puasa Ramadhan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR Bukhari dan Muslim).

Keempat, huruf alif, yaitu ulfatullah artinya kasih sayang Allah. Kasih sayang Allah mengalir deras untuk orang yang berpuasa dan berlimpah keberkahan. Pahala ibadah di bulan Ramadhan pun dilipatgandakan hingga ditambah bonus super istimewa yaitu lailatul qadar.

Kelima, huruf nun, yaitu nurullah artinya cahaya Allah. Cahaya Allah meliputi bulan Ramadhan dan umat Islam yang menjalankan ibadah puasa. Cahaya Allah diberikan kepada orang-orang yang mau membersihkan hatinya dan menjauhi kemaksiatan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sesungguhnya kemaksiatan itu akan menutup hati yang awalnya putih bersih hingga menjadi gelap gulita jika dibiarkan terus melakukan kemaksiatan. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis riwayat Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dam Ahmad.

Dari Abu Hurairah, dari Rasulullah SAW, beliau bersabda, “Seorang hamba apabila melakukan suatu kesalahan, maka dititikkan dalam hatinya sebuah titik hitam. Apabila ia meninggalkannya dan meminta ampun serta bertaubat, hatinya dibersihkan. Apabila ia kembali (berbuat maksiat), maka ditambahkan titik hitam tersebut hingga menutupi hatinya. Itulah yang diistilahkan ‘ar-raan’ yang Allah sebutkan dalam firman-Nya (yang artinya), ‘Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutupi hati mereka.”

Semoga Allah memampukan kita kaum Muslimin agar dapat memaksimalkan bulan suci Ramadhan dengan berbagai amal ibadah sehingga layak mendapatkan ridha-Nya. Amin.

Advertisement. Scroll to continue reading.

H Imam Nur Suharno dan Hj Siti Mahmudah
(Penceramah Agama)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Advertisement