Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Launching PTU, Bukti Kadis Kopdagprin Ingin Meningkatkan Daya Saing Pasar Rakyat

KUNINGAN (MASS)- Satu persatu terobosan nyata dilakukan oleh Kepala Dinas Kopdagperin U Kusmana SSos MSi untuk meningkatkan daya saing pasar rakyat yang ada di Kota Kuda.

Salah satu cara yang dibenahi oleh pihaknya adalah menjamin hasil pengukuran alat ukur takar timbang dan perlengkapanya (UTTP) yang berada pada pasar rakyat.

Selasa (2/3/2021) dilakukan  Launching Pasar Tertib Ukur Tahun 2021 di Kantor Desa Cilimus, Selasa (3/2/2021). Acara ini dibuka Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH.

Lauching Pasar Tertib Ukur tesebut di tandai dengan Pemasangan Cap Tanda tera secara simbolis ke timbangan oleh Bupati Kuningan.  

Tak hanya itu, Launching Kegiatan Pasar Tertib Ukur Tahun 2021 bertujuan untuk menjamin hasil pengukuran alat ukur takar timbang dan perlengkapanya (UTTP) yang berada pada pasar rakyat.

Kemudian, menjaga kepentingan bersama baik itu penjual maupun pembeli dari kesalahan pengukuran, serta menumbuhkan kepercayaan konsumen terhadap pasar rakyat sehingga daya saing pasar rakyat kian meningkat.

Kusmana mengatakan, ini salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing pasar rakyat perlu adanya terobosan konkrit yang mengarah kepada perbaikan internal. Salah satunya adalah dengan terciptanya Pasar Tertib Ukur.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Allhamdulillah, pada tahun ini Kabupaten Kuningan melaksana kegiatan Pasar Tertib Ukur yang difokuskan kepada ruang koperasi yaitu Pasar Cilimus dan Pasar Ciputat. Insya allah minggu depan seluruh pasar kita akan laksanakan juga simbolis,” sebut mantan Kabag Barjas itu.

Kemudian Ia juga berharap, semua Pasar di Kabupaten Kuningan dapat menjadi Pasar Tertib Ukur, sehingga dapat meningkatkan citra sebagai konsumen masyarakat secara umum.

Tentu  melalui jaminan dengan terciptanya perdagangan yang jujur, adil, dan menjadi pemborong dengan perssaingan yang sehat.

Selain itu, pada kesempatan yang sama Ketua Panitia Eris Rismayana melaporkan bahwa kegiatan Pasar Tertib Ukur adalah kegiatan dimana seluruh alat ukur, takar, timbang dan perlengkapanya (UTTP) yang digunakan di pasar rakyat terverifikasi mengikuti tera/tera ulang.

“Sehingga seluruh pedagang pemilik timbangan wajib mengikuti kegiatan ini,” sebutnya.

Dalam pelaksanaanya Untuk sasaran kegiatan pasar tertib ukur adalah para Wajib Tera Ulang (WTU) yang berada pada area pasar rakyat.

Kemudian, tahapan agar mempunyai Pasar Tertib Ukur yakni, sosialisasi dan penyuluhan, tera ulang, dan pengawasan dan pemeriksaan.

Diterangkan, untuk personil yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Pegawai Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian berupa penera pengamat tera.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Selanjtnya,  juru timbang dan PPNS (Penyidik Pegawai Negeri Sipil). Selain itu di lapangan  piahknya dibantu oleh beberapa pihak.

Mereka itu adalah personil dari kantor kecamatan, personil dari kantor desa, pengelola pasar dan perwakilan dari paguyuban pedagang pasar

Kegiatan tersebut diakhiri dengan Peninjauan ke lokasi pembersihan timbangan dan pengecekan timbangan.

Turut hadir dalam acara ters Camat Cilimus, Camat Ciawigebang, Kepala Desa Cilimus, Kepala Desa Ciputat, Pengelola Pasar Cilimus dan Ciputat, Perwakilan Paguyuban Pedagang Pasar Cilimus dan Ciputat. (agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Untuk update  data covid-19, Crisis Center kembali merilis data baru yakni untuk update Minggu (10/4/2021).   Dari data tersebut  kasus positif...

Government

KUNINGAN (MASS)- Bagian  dari pemeliharaan jalur pendakian dan pemulihan ekosistem secara alami, pihak Balai Taman Nasional Gunung Ciremai akan melakukan penutupan jalur pendakian. “...

Headline

KUNINGAN (MASS)- Kurang dari sepekan serangan kera meresahkan warga, bukan hanya memangsa hewan ternak warga, tapi juga menyerang. Bukti ada serangan kepada dua warga...

Headline

KUNINGAN (MASS)- Bukan hanya pohon tumbang, tapi akibat hujan deras pun terjadi serangan puting beliung di wilayah Desa Rajawetan dan Desa Tajurbuntu Kecamatan Pancalang....

Advertisement