Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Kuningan dan Cirebon Kembali Lakukan Penandatangan Kerjasama Pengelolaan Air

KUNINGAN (MASS)- Pemkab Kuningan dan Pemkab   Cirebon mendatangani Naskah Kerjasama Pengelolaan  Sumber Daya Air Cibodas, Bebelan, Astana Desa Kaduela, dan Cigusti Desa Padamatang Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan.

Acara berlangsung di Cirebon,  ditandai dengan penandatanganan   oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama, SH MH dan Bupati Cirebon Drs H Imron Rosyadi, MAg Rabu (10/11/2021)  malam.

Sekda Kuningan  Dr Dian Rachmat Yanuar, M.SI mengatakan, Perjanjian Kerjasama  Pengelolaan Sumber daya air ini,  Pemkab Cirebon memberikan dana kompensasi sebesar Rp.250/M3  yang dibayarkan setiap bulan.

Pembayaran dana kompensasi  setelah dikurangi toleransi kebocoran sebesar 20%  yang dihitung dari besaran debit air baku sesuai hasil bacaan meter air di hulu. Sebelumnya Kompensasi air sebesar  Rp.110/M3

“Perjanjian kerja Sama ini akan dilakukan evaluasi bersama 3  tahun sekali, untuk  pelaksanaan pembayaran dana kompensasi ini, mulai dilaksanakan atas pemanfaatan air bulan Januari 2022,” ungkapnya  didampingi   Dr Ukas Suhar Saputra, Direktur PAM Tirta Kamuning Deni Erlanda, dan Pejabat Pemkab lainnya.

Bupati Kuningan menuturkan, apa yang dilakukan malam ini,  intinya  ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Bagaimanapun masyarakat Kabupaten Cirebon juga bagian dari Kuningan yang  merupakan  bagian yang tidak terpisahan dengan NKRI.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Untuk ketersedian air harus kita jaga baik dari sisi kualitas maupun kuantitatas. Kuningan sebagai  wilayah yang dianugerahkan  memiliki mata air tentu berkewajiban menjaga dan memelihara dengan melakukan penghijauan di wilayah sumber mata air  dan  sekitarnya  agar debit air tidak berkurang. Hal ini perlu kita perhatikan bersama-sama,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Cirebon, menyampaikan terima kasih atas diperpanjangnya  kerjasama pengelolaan air ini.  Dengan adanya perpanjangan kerjasama semoga apa yang kita sepakati membawa manfaat untuk kedua belah pihak.

“Bagi kami  air dari Kuningan sudah menjadi ketergantungan, karena memiliki kualitas air yang bersih dan seger,” ujarnya. (agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PD

PKB

PAM

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Bank Kuningan

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Untuk kesekian kalinya ULP PLN Kuningan kembali melakukan pemeliharaan jaringan listrik dan gardu dibeberapa titik, sehingga pada Kamis (2/12/2021) akan dilakukan...

Culinary

KUNINGAN (MASS) – Tepat pada Rabu 1 Desember 2021 ini, sebuah rumah makan baru saja dibuka di Desa Haurkuning Kecamatan Nusaherang Kuningan. Namanya simpel...

Government

KUNINGAN (MASS)- Gubernur Jabar Selasa (30/11/2021) menetapkan besaran nilai UMK di Provinsi Jawa Barat. Hal itu melalui keputusan  Gubernur Jabar Nomor 561/kep.732-Kesra/2021 Tanggal 30...

Government

KUNINGAN (MASS)- Pasca kenaikan kasus positif covid-19 pada Kamis, kini untuk update tanggal 1 Desember kasus kembali naik dua orang. Tentu harus diwaspadai karena...

Advertisement