Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Netizen Mass

Konsep Digital Leadership Beserta Implementasinya di Era Digital

KUNINGAN (MASS) – Sebagai seorang pemimpin yang harus menyesuaikan perkembangan zaman, penting rasanya untuk memiliki soft skill dalam memahami perkembangan teknologi yang berkembang begitu pesat. Tidak sampai pada aspek memahami nya saja, tapi dengan implementasi yang akan membawa organisasi yang dipimpin dapat survive di berbagai masa.

Gaya kepemimpinan di era digital mestinya diarahkan dalam pemanfaatan teknologi informasi yang berkembang begitu massif. Karenanya, seorang pemimpin harus memiliki visi dan tujuan yang jelas, baik yang bersifat jangka panjang maupun jangka pendek.

Jadi, apa pengertian digital leadership? Digital leadership adalah suatu cara atau pola kepemimpinan yang berfokus pada pemanfaatan teknologi secara optimal untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan dengan lebih cepat.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Seorang pemimpin yang cerdas akan selalu mengambil peluang untuk kemudian mengembangkan wadah yang dipimpinnya menjadi organisasi yang dapat menyesuaikan perkembangan zaman. Percepatan masa gerak pemimpin yang mampu memanfaatkan digital inilah yang akan memberikan efisiensi waktu dalam organisasi.

Selain itu, dalam digital leadership, jangan lupa untuk memiliki kemampuan menemukan berbagai peluang yang muncul akibat perubahan tren dalam masyarakat. Misalnya, jika sebelum pandemi masyarakat lebih senang berbelanja langsung dengan mendatangi tempat usaha, maka sejak masa pandemi terjadi di Indonesia, pelanggan lebih senang berbelanja secara online tanpa harus meninggalkan rumah. 

Implementasi digital leadership sebagai peluang di masa kini, bisa diaplikasikan dengan banyaknya penyesuaian diri dengan media yang ada, seperti Instagram, FB, Youtube, Website serta media-media digital lain nya yang dapat membantu percepatan organisasi di setiap lininya. Selain itu, implementasi digital leadership dapat diaplikasikan dalam hal mengelola keuangan organisasi, dengan diarahkannya kepada teknis yang paling modern dan memudahkan transaksi organisasi dengan dompet-dompet digital yang ada pada saat ini.

Adanya digital leadership akan mengarahkan perusahaan atau organisasi dalam menguasai banyak sektor dengan data digital yang dimilikinya.  Seperti halnya perusahaan bisa mendapatkan data produk yang paling laku dijual dengan lebih mudah. Monitoring iklan juga sama mudahnya. Saat ada strategi bisnis yang kurang efektif, hal tersebut bisa diidentifikasi lebih cepat dan mudah.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Demikian konsep digital leadership beserta implementasinya sebagai jalan penyesuaian masa kepemimpinan di era digital yang bisa mendorong kemudahan kita dalam memimpin satu kelompok menjadi lebih modern dan efisien.

Penulis : Yasir Sutisna

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Advertisement