Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Headline

Komentari Kekerasan di Lembaga Pendidikan, Presma STIKKu Bicara Perundungan dan Mental Health

KUNINGAN (MASS) – Lembaga pendidikan sebagai wadah pembekalan ilmu pembelajaran dan pengetahuan, masih sering dijumpai tindakan perundungan yang dilakukan oleh oknum-oknum siswa yang mungkin notabenenya masih kurang memiliki rasa kekeluargaan antar sesama siswa.

Hal itu, diutarakan Presma STIKes Kuningan Rizky Maulan Rustama mengomentari fenomena yang terjadi pada lembaga pendidikan, dan memakan korban jiwa di Kuningan baru-baru ini.

“Miris sekali hal tersebut terjadi, karena secara tidak langsung dapat mencoreng nama baik pondok pesantren yang dijadikan tempat untuk menimba ilmu agama,” sebutnya mengawali paparan, Selasa (22/11/2022).

Baca : https://kuninganmass.com/innalillahi-ada-santri-tewas-dikeroyok/

Namun, kata Rizky, dengan adanya hal itu tidak sepatutnya elemen-elemen masyarakat langsung menilai secara sudut pandang yang negatif terhadap pondok pesantren.

“Sebab, hal demikian terjadi mungkin disebabkan oleh kepribadian oknum-oknum santri yang memang belum bisa menjaga amanah sebaik-baiknya sebagai santri,” tuturnya.

Lebih lanjut, Presma STIKKu itu menjelaskan bahwa untuk meminimalisir hal tersebut harus diadakannya penyuluhan ataupun edukasi mengenai pentingnya menjaga kondisi mental seseorang. Harus juga dilakukan tindakan tegas apabila ada indikasi perundungan kembali.

“Menurut ilmu kesehatan pun apabila mental seseorang sudah terganggu dapat menimbulkan rasa kepercayaan diri yang berkurang dan lebih sering mengalami pengurungan diri sendiri,” jelanya.

Di akhir, dirinya berharap semoga hal tersebut tidak terulang kembali. Rizky khawatir, dengan hal seperti ini bisa menjatuhkan marwah institusi terkait.

“Semoga hal tersebut tidak terulah. Saya khawatir bisa menjatuhkan marwah instansi terkait dan generasi-generasi terbaik bangsa mengalami penurunan perannya sebagai santri yang diridhoi Allah SWT,” sebutnya. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Health

KUNINGAN (MASS) – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Kuningan menggelar Seminar Profesi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan tema “Pentingnya Penerapan Desain Stasiun Kerja...

Education

KUNINGAN (MASS) – Menginjak dies nataliesnya yang ke-16, Stikes Kuningan menggelar berbagai macam kegitan untuk memeriahkanya, Minggu (11/12/2022) ini. Kegiatan yang digelar Stikes Kuningan...

Health

KUNINGAN (MASS) – Akhir bulan November lalu, civitas akademik Program Studi S1 Keperawatan STIKes Kuningan menggelar pengabdian masyarakat melalui penyuluhan kesehatan yang mengusung tema...

Health

KUNINGAN (MASS) – Jelang akhir November 2022 lalu, kelas peminatan Kesehatan Lingkungan Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan menggelar seminar profesi. Kegiatan yang dilakukan di...

Advertisement