Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

KKN Tematik, Gelar Cerdas Cermat Matematika

KUNINGAN (MASS) – Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) membangun desa, salah satu program Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dikakukan Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhamaddiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) dilakukan di Desa Garajati Kecamatan Ciwaru.

Sebanyak 10 mahasiswa terbaiknya, berbaur dan mengabdi di masyarakat dengan programnya di bidang pendidikan yang mencanangkan “Kampung Matematika”.

Salah satunya, menggelar kegiatan Lomba Cerdas Cermat Matematika (LCCM) yang melibatkan 3 SD disana, SD 1, 2, 3 Garajati dengan kategori kelas 4, 5, 6. Kegiatan dilakukan pada Sabtu (27/11/2021) lalu di balai desa.

Kegiatan sendiri diikuti antusias para siswa dari masing-masing sekolah. Bahkan, para kepala sekolah dan guru pun senantiasa hadir mendampingi. Di akhir, kelas 4 dan kelas 6 juaranya berhasil diraih SD 2, sedangkan kelas 5 juaranya dari SD 3.

Ketua Tim KKN-T Rifqi Rahmatullah Aziz dalam kegiatan itu menghaturkan terima kadih baik kepada pihak sekolah maupun pemdes yang mendukung kegiatan.

“Terima kasih, kegiatan terlaksana dengan sangat meriah,” ujarnya.

Kepala Desa Garajati Anwar Firmansyah juga merespon baik kegiatan tersebut. Bahkan, dalam sambutannya dirinya bilang, kedepan mungkin kegiatan seperti itu akan terus diadakan dengan format Piala Kepala Desa Garajati.

Apalagi, kegiatan yang dirasanya mendukung pendidikan ini juga termasuk baru, belum ada di desa lain.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Tim KKN-T Prodi MTK Uhamka yang mengabdi sendiri, merupakan binaan Kaprodi Meyta Dwi Kurniasih M Pd dan Sekprodi Ayu Faradhillah M Pd. Serta dibimbing dosen Windia Hadi MPd dan didampingi di lapangan Edi Supriadi, yang juga salah satu inisiator kampung matematika.

Edi Supriadi menyebut, Kampung Matematika merupakan gagasan bersama dosen Matematika Uhamka, Mahasiswa dan Pemdes Garajati.

Selain cerdas cermat, program lainnya yang diusung adalah siswa mengaji, bimbel, serta liburan ceria di Kampung Matematika.

“Kedepan, kampung matemarika akan merancang literasi digital dan belajar bahasa jnggris. Mudah-mudahan gagasan ini bisa membantu menyiapkan siswa yang memiliki pemahaman agama yang bagus, ilmu umum, bahasa sing dan keterampilan digital yang mumpuni. Tak lupa akhlak yang terpuji,” harapnya. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Business

CILIMUS (MASS) – Pada Jumat (6/5/2022) malam kemarin, Coffee and Resto Saung Tengah Sawah di Desa Linggaindah Kecamayan Cilimus, resmi di-launching secara resmi. Kedai...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Kecelakaan laka lantas di Jalan Baru Lingkar Timur yang melibatkan dua kendaraan, tidak memakan korban jiwa. Hal itu dipastikan Kapolres Kuningan...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Keluarga Alumni Pondok Pesantren Al-Mutawally (KAPPA), menggelar halal bi halal dengan tema “Membangun Ukhuwah Makhluqiyah, Memperkuat Soliditas, Mengasah Solidaritas Alumni” pada...

Religious

MALEBER (MASS) – Sebanyak 285 anak yatim dan dhuafa, mendapatkan santunan dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Hikmatul Islam Desa/Kecamatan Meleber, Sabtu (23/4/2022) kemarin. DKM,...

Advertisement