Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Business

KKN di Ciangir, Bantu Produk UKM Dapatkan NIB dan Label Produk

KUNINGAN (MASS) – Mahasiswa STKIP Muhammadiyyah di Desa Ciangir Kecamatan Cibingbin menggelar penyuluhan dan membantu pendaftaran NIB bagi pelaku UMKM.

Selain hal itu, mahasiswa juga membantu pembuatan label untuk produk-produk UMKM setempat. Hal itu diutarakan Azhar Ramadhan, didampingi Ahmad Afif Yusuf baru-baru ini.

“Kami berharap dengan adanya penyuluhan dan pembuatan NIB, serta label produk dapat meningkatkan mutu industri rumahan, selain itu, kami juga bertujuan agar terciptanya legalitas usaha yang dimiliki oleh warga desa Ciangir,” terangnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

NIB atau Nomor Induk Berusaha adalah sebuah identitas untuk para pelaku usaha dalam rangka melaksanakan kegiatan bisnis. NIB ini berlaku sepanjang menjalankan kegiatan usaha sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Dengan memiliki NIB, para pelaku UMKM bisa membuktikan legalitas penanaman modal atau usaha.

Pentingnya pelalu usaha memiliki izin usaha dan NIB tersebut, lanjutnya, sempat ditekankan langsung Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu lalu.

NIB, nantinya dapat dimanfaatkan para pelaku UMKM untuk mendapatkan bantuan usaha mikro dari pemerintah dan memanfaatkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Salah satu UMKM yang di bantu dalam pembuatan NIB dan label adalah industri pembuatan keripik pisang dan opak ketan yang dikelola Susi.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dengan adanya penyuluhan NIB dan pembuatan label yang difasilitasi oleh mahasiswa ini, lanjut Azhar, semoga diharapkan bisa memajukan usaha yang dirintis masyarakat. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Economics

KUNINGAN (MASS) – Organisasi kumpulan UMKM, Solusi Store, kini punya koperasi. Hal itu tampak dari dibukanya Koperasi Solusi Sinar Niaga, pada Kamis (22/9/2022) di...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Di tengah kenaikan harga BBM, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kuningan menggelontorkan bantuan bagi para pedagang, Selasa (20/9/2022) kemarin. Bantuan...

Education

KUNINGAN (MASS) – Sejumlah mahasiswa dari Universitas Gunung Jati (UGJ) Cirebon, mengajak masyarakat untuk mengolah sampah agar tidak jadi masalah. Hal itu, dilakukannya sebagai...

Education

KUNINGAN (MASS) – Kelompok mahasiswa LLDikti 4 di Desa Bayuning Kecamatan Kadugede, mengajak masyarakat untuk mengolah sampah, agar tidak hanya jadi masalah. Salah satunya,...

Advertisement