Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Anything

Ketik ‘Setan’ di Google Muncul Amien Rais, Ini Penjelasannya

KUNINGAN (MASS) – Belakangan ini, dunia maya sedang dihebohkan dengan munculnya foto Tokoh Nasional Amien Rais ketika mengetikkan kata ‘setan’ di mesin pencari google. Hal tersebut menjadi perbincangan hangat di media sosial bahkan menjadi isu nasional.

Sofhian FN, Pemuda Desa Mekarwangi Lebakwangi angkat bicara. Kepada kuninganmass.com Jum’at (22/06/2018) mengatakan bahwa itu merupakan kerja mesin pencari pada perusahaan Google.

“Itu merupakan kerja mesin pencari, dalam hal ini Google. Analoginya itu sama seperti mengetikkan kata ‘Portugal’ dan yang muncul mayoritas Cristiano Ronaldo,” ujar Mahasiswa Pascasarjana Teknik UGM tersebut.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Menurutnya, Algoritma (logika, red) yang digunakan oleh google dapat merekam konten-konten yang diunggah ke situs dan dijelajahi oleh penggunanya. Semakin banyak yang membuat konten dan mengakses konten tersebut maka semakin tinggi rating pencariannya.

“Dalam hal ini, Google memang meng-crawl (menjelajah dan mengambil) konten-konten situs. Kebetulan Pak Amien pernah melontarkan statement Partai Allah dan Partai Setan, yang dimuat dibanyak media online dan sempet rame,” jelasnya.

Dalam hal ini, mesin pencari tidak akan menampilkan foto setan ketika mengetikkan kata kunci ‘amien rais’.

“Jadi tidak bisa diasosiasikan. Coba saja ketik sebaliknya, Amien Rais. Apakah yang muncul gambar setan? Kan ngga,” ucap Ketua BTI STKIP Muhammadiyah Kuningan tersebut.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Lagipula, lanjut Sofhian, selain tidak hanya foto Amien Rais saja yang muncul pada hasil pencarian mesin Google tersebut.

“Selain itu, ngga cuma gambar Amien Rais ko yang muncul. Kalau dulu pak Amien memilih diksi Partai Banteng, mungkin ketika mencari gambar Banteng, yang munculnya gambar Pak Amien,” pungkasnya sambil tersenyum. (ali)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS) – Di ulang tahunnya yang ke-65, Astra, brand kenamaan di bidang otomotif ini, menggelar program Gerakan Astra Mengajar, dengan mendatangi lembaga pendidikan...

Government

KUNINGAN (MASS) – Pemuda Muhammadiyyah bekerjasama dengan Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) menggelar pelatihan yang ditujukan pada pelaku UMKM Kuningan, Rabu (13/4/2022). Pelatihan itu, dilakukan...

Education

KUNINGAN (MASS) – Ikatan Mahasiswa Kuningan (IMK) wilayah Cirebon menggelar kegiatan Ngopdar (Ngobrol Perkara Kedaerahan) di balai Desa Kertayasa Kecamatan Sindangagung Kuningan, pada Selasa...

Education

KUNINGAN (MASS) – Rektor Unisa Nurul Iman Hima Arullah S Ag M Si, menyebut kemungkinan teknologi blockchain digunakan untuk pendidikan. Hal itu diutarakannya setelah...

Advertisement