Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Pemadaman kebakaran kebun bambu, Desa Ciloa Kecamatan Kramatmulya

Incident

Kepulan Asap “Serang” Area TK, Ternyata Kebun Bambu Terbakar

KUNINGAN (MASS) – Pada Rabu (14/9/2022) kemarin sekitar pukul 12.30 WIB, Elis, seorang guru di TK Pembina Desa Ciloa Kecamatan Keamatmulya, dibuat kaget karena kepulan asap dan kobaran api masuk area sekolah.

Adanya kepulan asap itu, cukup mengganggu aktifitas kegiatan belajar mengajar. Dan ternyata sumber apinya berasal dari lahan kebun bambu yang terbakar.

Merasa aktifitasnya terganggu, Elis segera melaporkan hal tersebut ke UPT Pemadam Kebaran Satpol PP Kuningan. Hal itu, segera direspon dengan menurunkan tim pemadam. Api sendiri, benar-benar berhasil dipadamkan setelah 45 menit berjibaku.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Luas lahan yang terbakar +_ 900 M². Penyebab kebakaran diduga ada orang yang sengaja membakar ilalang yang ada di kebun tersebut dan meninggalkannya,” ujar Kepala UPT Damkar M Khadafi Mufti, M Si dalam laporannya.

Dalam kesempatan itu, Damkar juga mengumbau kepada masyarakat yang berada dilokasi, serta pengarahan tentang hukum pencegahan dan penanggulan kebakaran.

Hukum yang dimaksud, adalah :

  1. Perda Kab. Kuningan No 4 tahun 2022 perubahan atas Perda No 8 Tahun 2020 tentang pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran.
  2. KUHP Pasal 188 :
    ” Barang siapa menyebabkan karena kesalahannya kebakaran, peletusan atau banjir, dihukum dengan hukuman penjara selama lamanya 1 tahun atau hukuman denda sebanyak-banyaknya satu tahun atau untuk barang karena hal itu, jika terjadi bahaya kepada maut orang lain, jika berakibat matinya seseorang. (K.U.H.P. 35,206,359 s, 497, L.N. 1960 no. 1)

“(Tidak ada korban jiwa) nihil,” sebut Khadafi setelah berhasil melakukan pemadaman. (eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Pada Minggu (25/9/2022) kemarin, kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengalami kebakaran. Yang terbakar, adalah Blok Cileutik, Blok Manguntapa, Blok Jalan...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Sebuah insiden kebakaran terjadi pada Kamis (22/9/2022) malam tadi sekitar pukul 23.45 WIB. Kebakaran, terjadi pada sebuah pabrik pengolahan kayu di...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Sebuah pabrik pengolahan kayu/triplek di Desa Susukan Kecamatan Cipicung (Jalan raya Ciawi-Susukan) alami kebakaran pada Selasa (20/9/2022) sekitar pukul 09.30 WIB....

Incident

KUNINGAN (MASS) – Pada Senin (19/9/2022) kemarin sekitar pukul 16.00 WIB sore, sebuah insiden kebakaran terjadi di Blok Wangun Kelurahan Citangtu, Kuningan. Yang terbakar,...

Advertisement