Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Social Culture

Kemilau Lampion Hiasi Setiap Jalan di Cidahu

KUNINGAN (MASS)- Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 H yang tahun ini  bertepatan dengan Hari Jadi Kuningan Ke 521 terasa lebih gebyar di seluruh tempat di Kabupaten Kuningan, tak terkecuali  di  Desa/Kecamatan Cidahu.

Di desa yang berada di wilayah timur Kuningan itu, pemdesnya  menggelar pawai lampion. Dengen begitu disetiap jalan yang adad desa tersebut terihat kemilau terlebih cuaca mendukung yakni cerah.

Bukan hanya pawai lampion tapi juga digelar doa bersama yang dipusatkan di lapangan bola voli. Doa bersama digelar agar semau diberikan keselamatan dan keberkahaan.

“Kami atas nama Pemerintah Desa Cidahu menggelar acara Karnaval Lampu Lampion Hias serta Do’a bersama dengan tujuan  untuk memperkuat ukhuwah islamiyah antar sesama umat,”  salah seorang perangkat desa setempat bernama  Kang Opick Sabtu (31/08/2019) malam.

Opik menyebutkan, acara yang diikuti sekitar 500 orang ini terdiri dari unsur Musyawarah Pimpinan Desa (Muspides), Marching Band SDN 1 Cidahu, Seni Hadroh Desa Cidahu, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, para santri hingga Kepala Madrasah Diniyah (MD) yang ada di Desa Cidahu.

“Kegiatan ini kami gebyarkan atas dasar sebuah rasa keprihatinan terhadap tradisi yang ada. Sebab, pada saat  terjadi pergantian Tahun Masehi, semua lapisan masyarakat amat sangat antusias, tapi sebaliknya tahun baru hijriyah sepi,” timpal Panitia Kegiatan sekaligus Bakal Calon Kepala Desa Cidahu 2019-2025) Jaeni Muchtar saat di wawancarai kuninganmas.com di sela-sela acara.

Dengan cara ini maka pihaknya  berupaya menumbuhkan kembali semangat kepada para generasi muda Desa Cidahu untuk tak kalah menyemarakan bila terjadi pergantian Tahun Hijriyah, terlebih sudah menjadi sebuah kewajiban sebagai sesama muslim mengagungkan agama sendiri.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Mengenai tahu baru dan Harjad, Jaeni berharap pencapai tahun baru lebih baik dan selalu meningkat dalam hal positif. Sedangkan Harja tentu Kuningan lebih maju sehingga warga sejahtera.

Diakhir acara selain pengumuman 12 terbaik  Lampion Hias dari seluruh peserta, Panitia juga menyediakan beberapa door prize menarik kepada warga masyarakat yang mampu menjawab pertanyaan yang diberikan panitia.(agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Religious

KUNINGAN (MASS) – Pada peringatan tahun baru islam, banyak sekali yang menggelar perlombaan bernuansa islami. Pada Minggu (23/8/2020) lalu digelar perlombaan juga, untuk memeriahkan...

Government

CIAWIGEBANG (MASS)- Ribuan masyarakat Desa Cihirup, Kecamatan Ciawigebang, menghadiri istighosah dan tabligh akbar dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H, Kamis (20/8/2020)...

Government

KUNINGAN (MASS) – Pada tanggal 17 Agustus merupakan HUT RI. Tentu agar wilayah Kuningan aman pihak kepolisian sudah mempersiapkan ratusan anggota. Bukan hanya HUT...

Business

KUNINGAN (MASS) – Perayaan tahun baru merupakan momen yang langka, sehingga banyak yang merayakan di tempat-tempat yang spesial. Bagaimana dengan pembaca kuninganmasss.com sudah punya...

Advertisement