Connect with us

Hi, what are you looking for?

Netizen Mass

Kelangkaan Minyak Bumi

KUNINGAN (MASS) – Seringkali kita mendengar tentang minyak bumi yang berada di Indonesia ini, bahkan tidak hanya di Indonesia tetapi seluruh dunia pun mengetahui dan memakainya untuk kebutuhan sehari-hari. Baik untuk kebutuhan yang paling kecil seperti kebutuhan rumah tangga maupun untuk kebutuhan di negara tersebut. Seperti halnya bensin, solar, minyak tanah, dan lain-lain. Minyak bumi berperan penting dalam kehidupan di bumi.

Minyak bumi adalah bahan utama dalam pembuatan bahan bakar tak terbarukan. Proses pengolahannya beragam yaitu destilasi, cracking, reforming, polimerasi, alkilasi, treating dan blending. Minyak bumi menjadi bahan utama dalam pembuatan bahan bakar minyak.

Hampir seluruh kegiatan manusia membutuhkan hasil olahan minyak bumi. Mulai dari bahan bakar minyak, LPG, aspal, hingga bahan dasar pembuatan plastik dan obat-obatan.  Dalam proses pengolahan minyak bumi menjadi bahan bakar tentu saja melalui proses yang cukup panjang.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dampak dari kelangkaan minyak bumi atau sumber daya alam di Indonesia itu pengambilannya tidak sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan oleh pemerintah artinya banyak pengambilan secara ilegal bisa disebut juga perampasan minyak bumi yang ada di Indonesia.

Untuk itu pemerintah harus melakukan pengawasan secara ekstra/ketat karena pengambilan secara berlebihan dan apa yang ada dalam perut bumi itu jumlah nya terbatas tidak menutup kemungkinan untuk masa yang akan datang menjadi kelangkaan. 

Macam-macam dan fungsi minyak bumi dibagi 5 :

Advertisement. Scroll to continue reading.

1. Bensol (Untuk bahan bakar pesawat terbang) bahan bakar yang paling baik untuk digunakan di masyarakat. 

2. Bensin  (Untuk bahan bakar kendaraan) dibagi menjadi 3 : a. Pertamax, b. Pertalite, c. Premium 

Tiga jenis ini yang paling banyak dipergunakan untuk pengisian bahan bakar kendaraan umum bagi masyarakat. 

Advertisement. Scroll to continue reading.

3. Solar (Untuk alat-alat berat, seperti contoh eksafator, mesin diesel, dan lain-lain) dibagi menjadi 2: a. Solar dex, b. Solar biasa 

4. Minyak tanah (untuk kebutuhan rumah tangga)

5. Aspal. Aspal adalah untuk lapisan yang paling bawah (untuk perbaikan jalan yg rusak).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Minyak bumi harus perlu melalui penyulingan, yang bertempat di Singapura untuk penyulingan tersebut. 

Proses penyulingan minyak bumi harus dipisah semua artinya tidak boleh ada yang disatukan dari penyulingan tersebut. Menurut Rizka Chandra Puspitasari proses pengolahan (Penyulingan) dari bahan bakar minyak bumi tersebut dibagi menjadi 7 :

1. Proses Destilasi

Bensin, kerosin dan minyak gas biasanya akan melalui proses penyulingan pada tekanan atmosfer, fraksi-fraksi minyak pelumas akan mencapai suhu yang lebih tinggi dimana zat-zat hidrokarbon mulai terurai (biasanya kira-kira antara suhu 375 -400°C) karena itu lebih baik jika minyak pelumas disuling dengan tekanan yang diturunkan. Pengurangan tekanan diperoleh dengan menggunakan sebuah pompa vakum (vacuum pump)

Advertisement. Scroll to continue reading.

2. Proses Cracking

Proses pengolahan minyak bumi dengan cracking yakni dengan menguraikan molekul-molekul besar senyawa hidrokarbon menjadi molekul hidrokarbon dengan ukuran yang lebih kecil. Proses ini sering disebut juga dengan proses refinery.

3. Proses Reforming

Reforming merupakan proses konversi dari naptha untuk memperoleh produk yang memiliki bilangan oktan yang tinggi dalam proses ini biasanya menggunakan katalis rhenium, platinum dan chromium.

4. Proses Polimerasi 

Proses polimerisasi merubah produk samping gas hirokarbon hasil cracking menjadi hidrokarbon liquid yang bisa digunakan sebagai bahan bakar motor dan penerbangan yang memiliki bilangan oktan yang tinggi, bahan baku petrokimia. Bahan dasar utama dalam proses polimerisasi adalah olefin (hidrokarbon tidak jenuh) yang diperoleh dari cracking still. 

Advertisement. Scroll to continue reading.

5. Proses Alkilasi

Proses alkilasi adalah eksotermik dan pada dasarnya sama dengan polimerisasi, hanya berbeda pada bagian-bagian dari charging stock need be unsaturated. Sebagai hasilnya adalah produk alkilat yang tidak mengandung olefin dan memiliki bilangan oktan yang tinggi. Metode ini didasarkan pada reaktivitas dari karbon tersier dari isobutan dengan olefin, seperti propilen, butilen dan amilen.

6. Proses Treating

Treating merupakan proses pemurnian fraksi minyak bumi melalui tahap eliminasi bahan-bahan pengotor yang terlibat dalam proses pengolahan. Bahan-bahan yang dihilangkan dalam proses treating ini antara lain adalah bau tidak sedap yang dihilangkan melalui proses copper sweetening and doctor treating, parafin yang dihilangkan melalui proses solvent dewaxing, lumpur dan warna yang dihilangkan melalui proses acid treatment, aspal yang dihilangkan melalui proses deasphalting dan terakhir belerang melalui proses desulfurizing. Inti dari proses ini adalah mengeliminasi bahan-bahan yang tidak memberikan mutu dalam proses pengolahan minyak mentah ini sehingga hasil akhirnya nanti mutunya akan bertambah. 

7. Proses Blending

Proses pengolahan minyak bumi pada tahapan terakhir adalah proses blendingBlending merupakan proses yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas produk siap pakai dengan cara menambahkan bahan-bahan aktif ke dalam fraksi minyak bumi. Salah satu bahan aktif yang digunakan adalah TEL (tetraethyl lead). TEL ini merupakan bahan aditif yang digunakan untuk menaikkan bilangan oktan bensin.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Setelah melalui proses ini maka hasil dari pengolahan minyak bumi mutunya menjadi lebih baik dan menjadi bahan yang siap pakai. Minyak bumi yang telah diolah melalui proses di atas akan menghasilkan bahan siap pakai untuk kebutuhan sehari-hari. Mulai dari LPG yang merupakan hasil pengolahan gas cair dengan unsur hidrokarbon rungan, bensin yang merupakan bahan bakar kendaraan bermotor, kerosin atau minyak tanah untuk menyalakan api dan bahan dasar arang, serta solar yang digunakan sebagai bahan bakar mesin diesel.

Jadi minyak bumi bisa menghasilkan ratusan senyawa hidrokarbon yang dapat dikelompokkan menjadi 3 yakni hidrokarbon parafin, naften dan aromat. Jumlah atom karbon dalam minyak bumi mulai dari metana dengan satu atom karbon dalam molekulnya hingga 60 atau lebih dan memiliki berat 16 sampai 850 atau lebih.

Hidrokarbon parafin adalah hidrokarbon jenuh dengan ikatan C – C dan C – H dengan struktur rantai atom C terbuka. Hidrokarbon parafin memiliki titik didih paling rendah dibandingkan dengan hidrokarbon naften dan aromatik. Oleh karena itu, terdapat banyak fraksi ringan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Hidrokarbon neften sering disebut pula dengan sikloparafin atau sikloalkana. Senyawa ini memiliki sifat-sifat diantara hidrokarbon parafin dan hidrokarbon aromat.  Jika dibandingkan dengan hidrokarbon parafin, senyawa ini lebih stabil karena memiliki rantai atom C tertutup sedangkan pada hidrokarbon parafin rantai atom C nya terbuka, berikatan rangkap dua dan tunggal yang bergantian antara kedua atom C yang berdekatan. 

Selain itu,  minyak bumi juga mengandung senyawa non hidrokarbon yakni oksigen, nitrogen, halogen dan logam. Keberadaan unsur non hidrokarbon ini merupakan bentuk senyawa organik yakni organik sulfur, organik nitrogen, organik oksigen, organik halogen, organik logam dan sebagian lainnya senyawa anorganik. Sebagai senyawa organik, non hidrokarbon dapat larut di dalam minyak bumi, sementara senyawa anorganik tidak dapat larut di dalam minyak bumi namun, akan larut di dalam air sebagai emulsi yang di dalamnya terdapat garam-garam anorganik. 

Sumber : Mas’udi, Artikel Kenali 7 Proses Pengolahan Minyak Bumi (Rizka Chandra Puspitasari. 28 september 2022)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dampak dari minyak bumi itu sendiri adalah akan menghasilakn kelangkaan bagi masyarakat. Pengunaan yang berlebihan , pengambilan secara ilegal akan berdampak besar bagi negara tersebut. Masyarakat akan kesulitan untuk mendapatkan minyak bumi tersebut untuk kebutuhan sehari-hari.

Pentingnya menggunakan minyak bumi dengan sebaik mungkin karna untuk menghindari terjadinya kelangkaan yang akan di timbulkan oleh diri kita sendiri (Manusia). Menjaga dan melestarikan alam dan sumber daya yang kita punya dengan sebaik mungkin. Tidak terlalu berlebihan dalam menggunakan minyak bumi tersebut.

Oleh: Adinda Salwa Audi (Mahasiswa Prodi IPS 1B – UIN Syber Syekh Nurjati Cirebon) 

Advertisement. Scroll to continue reading.

(Ditulis untuk memenuhi tugas artikel essay dalam Mata Kuliah Produksi, Distribusi, dan Konsumsi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Education

CIREBON (MASS) – Mahasiswa Tadris IPS UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, ditugasi membuat peta timbul dalam salah satu mata kuliahnya yang diampu Ilham Pamungkas...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – ASN atau Aparatur Sipil Negara adalah profesi bagi pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Sudah tidak asing lagi bagi kita disaat kita mendengar istilah Pancasila. Pancasila merupakan dasar negara republik Indonesia yang berdasarkan ketuhanan yang...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Pancasila adalah ideologi dasar negara Indonesia, dan untuk menjadi warga negara yang baik di Indonesia, seseorang harus mengikuti Pancasila dan UUD 1945. Nilai-nilai...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Baru-baru ini sering sekali terjadi adanya kekerasan dimana-mana. Terdapat berbagai kasus kekerasan seksual yang viral. Anak-anak diperkosa oleh orang dewasa, mahasiswa...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Seorang warga Desa Dukuhdalem Kecamatan Japara, Upen Supendi (40), meninggal dunia setelah terperosok ke dalam sumur sedalam -+ 15 meter, Kamis...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Dr KH Syaid Aqil Sirodj MA, mantan ketua Umum PBNU (Kini menjabat sebagai Dewan Mustasyar), nampak datang ke IAIN Syekh Nurjai...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Setelah kenaikan BBM beberapa waktu lalu, ternyata tak membuat pelayanan ngisi bensin jadi lebih mudah dan cepat. Ya, nampak di banyak...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Sebuah motor Vario 125 dengan nopol E 3110 YO, terbakar tepat di depan SMK Yamsik (Jl Ir H Juanda) – Kuningan,...

Government

KUNINGAN (MASS) – Mahasiswa yang tergabung dalam HMI CabangKuningan, nampak datang ke gedung DPRD Kabupaten Kuningan pada hari ini, Selasa (30/8/2022) sore. Nampak mahasiswa...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Nasib kurang menyenangkan harus dialami Aip Samsudin (22). Pasalnya, lelaki asal Ancaran yang bekerja di kedai ini, harus melihat motornya terbakar...

Advertisement
Exit mobile version