Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Kegiatan P2M Fosmaku UPI Ditutup Dengan pertunjukan Kesenian

CILEBAK (MASS) – Forum Silaturahmi Mahasiswa Kuningan (Fosmaku) UPI baru saja menyelesaikan program Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) di Desa Jalatrang Kecamatan Cilebak, Sabtu (22/1/2022) kemarin.

Kegiatan yang dilaksanakan selama hampir 1 pekan itu, sebelum ditutup secara resmi siang hari, malamnya digelar malam puncak dengan menampilkan berbagai kesenian dan pertunjukan budaya daerah.

Meski sekpat diguyur hujan pada malam puncak itu, warga desa tetap datang berbondonh-bondong menyaksikan pagelaran tari, musik dan pembacaan puisi dan pertunjukan wayang oleh siswa-siswi SD, SMP, SMA dan ibu-ibu PKK, juga mahasiswa.

Dalam malam puncak juga, diumumkan pemenang dari berbagai perlombaan yang digelar dalam pengabdian itu.

Kepala Desa Jalatrang Solihi mengaku sangat senang dan bangga dengan kolaborasi yang berhasil dibangun oleh warga dan mahasiswa/i UPI asal Kuningan ini.

“Saya sangat terharu dan bangga menyaksikan pagelaran malam ini, ternyata apabila kita terus gali potensi desa kita, banyak hal yang dapat kita berdayakan untuk kemajuan desa,” sebutnya.

Kades juga mengingatkan warga agar dapat mengambil manfaat dan menerapkan berbagai ilmu yang didapat selama pengabdian.

“Semoga setelah pengabdian ini, ilmu yang diberikan dari adik-adik mahasiswa kepada masyarakat Jalatrang dapat bermanfaat,” sambungnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kegiatan penutupan sendiri, secara resmi dihadiri perwakilan dari Dinas Pendidikan Kunigan. Selain menyebut pengalaman ini menjadi ajang menimba pengalaman, dalam pesannya pada mahasiswa juga mengatakan bahwa lulusan S-1 dicetak menjadi pemimpin.

Maka untuk menjadi pemimpin itu, lanjut memberi pesan kepada mahasiswa, harus dapat menyasar semua lapisan masyarakat dengan mengidentifikasi kondisi di bawah dan terjun langsung ke masyarakat.

Sedangkan, ketua umum Fosmaku UPI Sigit Ardiansyah juga menyampaikan harapannya agar kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) ini dapat terus konsisten dilaksanakan setiap tahunnya agar mahasiswa/i UPI asal Kuningan dapat mengetahui potensi daerahnya serta dapat tergerak untuk membangun Kuningan dengan bekal ilmu yang dimiliki.

“Alhamdulillah kegiatan P2M tahun ini berjalan dengan baik dan mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat Jalatrang, semoga fomaku terus konsisten di tahun-tahun selanjutnya melakukan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat Kuningan di berbagai kecamatan sebagai bukti cinta untuk Kuningan,” harapnya.

Setelah acara P2M ini, lanjut Sigit, Fosmaku UPI akan kembali melakukan kegiatan Road to School (RTS), yaitu dengan mengunjungi sekolah-sekolah SMA di Kabupaten Kuningan untuk memberikan sosialisasi mengenai UPI dan dunia kampus. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Business

CILIMUS (MASS) – Pada Jumat (6/5/2022) malam kemarin, Coffee and Resto Saung Tengah Sawah di Desa Linggaindah Kecamayan Cilimus, resmi di-launching secara resmi. Kedai...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Kecelakaan laka lantas di Jalan Baru Lingkar Timur yang melibatkan dua kendaraan, tidak memakan korban jiwa. Hal itu dipastikan Kapolres Kuningan...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Keluarga Alumni Pondok Pesantren Al-Mutawally (KAPPA), menggelar halal bi halal dengan tema “Membangun Ukhuwah Makhluqiyah, Memperkuat Soliditas, Mengasah Solidaritas Alumni” pada...

Religious

MALEBER (MASS) – Sebanyak 285 anak yatim dan dhuafa, mendapatkan santunan dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Hikmatul Islam Desa/Kecamatan Meleber, Sabtu (23/4/2022) kemarin. DKM,...

Advertisement