Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Kadisnakertrans Mulai UnjuK Gigi, Jalin Kerjasama Untuk Penyaluran Tenaga Kerja ke Jepang

KUNINGAN (MASS)- Alasan Bupati Kuningan H Acep Purnama menempatkan Dr Elon Carlan sebagai Kadisnakertrans adalah ingin  adanya terobosan-terobosan dalam penanggulangan jumlah pengangguran di kota kuda.

Kepercayaan dari bupati itu dibuktikan dengan Elon langsung berkerja dan langkah pertama yang ia ambil adalah menjalin  kerja sama dengan pihak swasta untuk penyaluran tenaga kerja ke negara Jepang.

Bentukan kerjasama itu dituangan dalam sebuah MoU dengan biro Kerjasama luar negeri UPI Tentang Penyaluran Alumni BLK untuk bekerja ke Jepang di Ruang Rapat Graha Kartini Senin (17/1/2022) sekitar pukul 11.00 WIB.

Sementara itu, penandatangan langsung dilakukan  oleh Kadisnakertrans Elon Carlan dengan LPK Lingua Global Utama yang diwakili Dianni Risdia MPd.

“Ada 14 bidang pekerjaan yang dibutuhka di Jepang, dari mulai perawat, karyawan diperusahaan, hingga pegawai bangunan,” ujar Elon.

Mekansime perekutannya adalah menampuung para pencaker dan diseleksi untuk dididik selama 6 bulan. Setelah itu mereka akan disalurkan ke negeri Sakura.

“Ini kesempatan emas karena bukan hanya penghasilan yang besar tapi juga pengalaman,” ujarnya.

Diterangkan, kerjasama dengan pihak swasta dilakukan karena adanya keterbatasan baik dari sarana dan dana.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pihaknya tidak ingin tinggal diam harus mencarai celah untuk menyalurkan para pencaker.

“Akan banyak terobosan yang akan saya lakukan di Disnakertran untuk mengatasi permasalah selama ini terutama dalam lapangan perkerjaan,” tandasnya.

Terpisah,   Perwakilan LPK Lingua Global Utama yang diwakili Dianni Risdia MPd menerangkan, 14 jenis perkerjaan itu disedikan untuk warga Indonesia.

“Ingat untuk penyaluran tenaga kerja tidak terbatas, jadi ketika mereka minta kita berikan,” ujarnya.

Diterangkatan , agar bisa bekerja di Negara sakura tentu para calon tenaga kerja dididik selama enam bulan terutama masalah bahasa.

“Negara Jepang meminta kepada kita tenaga kerja  yang banyak baik bagi perawat, tenaga kerja di perusahaan hingga profesi lainnya,” jelasnya.

Kenapa Jepang butuh tenaga kerja Idonesia karena dianggap paling baik. Di negara Jepang sendiri laju pertumbuhan penduduk menurun.

“Banyak lansianya, sedangkan yang muda tidak mau menikah dan punya anak. Selain itu juga banyak generasi muda yang meninggal beberapa profesi sehingga kekurangan,” jelasnya.(agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Business

CILIMUS (MASS) – Pada Jumat (6/5/2022) malam kemarin, Coffee and Resto Saung Tengah Sawah di Desa Linggaindah Kecamayan Cilimus, resmi di-launching secara resmi. Kedai...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Kecelakaan laka lantas di Jalan Baru Lingkar Timur yang melibatkan dua kendaraan, tidak memakan korban jiwa. Hal itu dipastikan Kapolres Kuningan...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Keluarga Alumni Pondok Pesantren Al-Mutawally (KAPPA), menggelar halal bi halal dengan tema “Membangun Ukhuwah Makhluqiyah, Memperkuat Soliditas, Mengasah Solidaritas Alumni” pada...

Religious

MALEBER (MASS) – Sebanyak 285 anak yatim dan dhuafa, mendapatkan santunan dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Hikmatul Islam Desa/Kecamatan Meleber, Sabtu (23/4/2022) kemarin. DKM,...

Advertisement