Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Religious

Jamaah Makin Banyak, Masjid Al Hidayah Direnovasi, Ayo Bantu!

KUNINGAN (MASS) – Langar Al-Hidayah yang berada di Perumnas Kelurahan Ciporang, sedang direnovasi. Langgar yang yang sudah berdiri sejak tahun 1980-an itu, selama 40 tahunan menjadi sentra ibadah masyarakat sekitar.

Terlihat, bangunan tengah dikerjakan beberapa patukangan. Mereka tersebar di beberapa penjuru. Bergotong royong mengerjakan pengerjaan rumah ibadah agar bisa selesai sesuai tenggat waktu yang ditentukan.

“Karena sekarang kondisi masyarakat semakin berkembang semakin banyak, otomatis, masyarakat yang ibadah juga bertambah. Apalagi penduduk disini mayoritas islam juga. Kalo idul fitri udah jadi rahasia umum, tidak tertampung. Untuk taraweh juga sudah diluar. Makanya perlu diperbesar,” ujar H Suraja, ketua panitia pembangunan Rabu (24/11/2021) siang.

Dijelaskan Suraja, awal mula rencana renovasi itu atas hasil rempugan dari ketua DKL (Dewan Kemakmuran Langgar) dengan tokoh masyarakat. Setelah itu membentuk kepanitiaan pembangunan mesjid, dan dirinya dipercaya ditunjuk ketua pelaksanaan.

“Awalnya ingin rehab biasa, yang pentingnya saja. Ada yang menginginkan mempertahankan seperti awal tapi ada yang pengen dirobah total. Akhirnya, tihang-tigang dalam dihilangkan dan ditambah ruangan (berubah). Jadi yang awalnya direncanakan 400 juta, membengkak jadi 700 juta,” ucapnya menjelaskan.

Dengan lahan yang semakin besar, dan bangunan yang dibentuk sedemikian rupa, langgar Al Hidayah ini akan berfungsi kedepan sebagai masjid.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dengan luas 7,5 x 15 meteran ini, Masjid Al Hidayah setidaknya akan bisa menampung sekitar 150 jamaah. Sementara, jumlah penduduk yang berada di sekitar Al Hidayah, terutama 2 RT di RW 06, cukup banyak. Jumlah penduduk Rt 39 mencapai 80 kk dan
Rt 40 mencapai 50 kk.

“Tapi satu Kk yang dewasa kan bukan hanya anakna, kadang menantu. Sehingga lumayan banyak yang beribadah disini,” ucapya lagi.

Ditargetkan panitia, kata Suraja, bisa selesai dalam 5 bulan pengerjaan. Semuanya, tentu sangat berganting pada cuaca, peralatan, tukang, bahan dan keuangan yang ada.

“Terbuka untuk menerima donasi. Mudah-mudahan masyarakat tergugah, untuk bekal nanti di akhirat,” jawabnya kala ditanya apakah terbuka untuk siapapun berpartisipasi dalam pengerjaan masjid tersebut.

Bagi yang ingin berpartisipasi pun, bisa langsung datang ke lokasi pembangunan di Rw 06 Masjid Al Hidayah Perumnas Ciporang, atau bisa langsung transfer melalui Bank BRI 1564-01-001245-53-7 atau via Bank BJB dengan norek 00021-8633-010-0 atas nama DKL Al Hidayah. (eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PD

PKB

Advertisement

PAM

Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Ini sejarah baru bagi masyarakat Kuningan dikatagorikan sebagai Kabupaten dengan penduduk miskin ekstrim.   Sebagai warga Kuningan tentu ada rasa malu...

Anything

KUNINGAN (MASS)- Pasca dilantik PAC Pemuda Pancasila  Kecamatan Luragung langsun bergertak. Bukti nyata adalah melakukan kegiatan Jumat Berbagi. Kegiatan ini hasil kerjasama dengan Unit...

Headline

KUNINGAN (MASS)- Insiden kecelakaan terjadi di ruas jalan Kuningan-Cikijing tepatnya di Desa Haurkuningan Kecamatan Nusaherang pada Jumat pukul 11.30 WIB. Insiden kecelakaan itu melibatkan...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Untuk memperkuat kohesi sosial dan moderasi beragama, yayasan Pasamoan Kuningan menggelar pelatihan pangan berbasis kearifan lokal. Kegiatan itu, dikakukan di Highland...

Advertisement