Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Social Culture

Jadi Kampung KB Terbaik Se-Jawa Barat, Desa Haurkuning Siap Tanding Tingkat Nasional

KUNINGAN (MASS) – Kabar membanggakan datang dari Desa Haurkuning Kecamatan Nusaherang. Pasalnya, Kampung KB (Keluarga Berkualitas) Hegarmanah desa tersebut, berhasil menjadi jawara, juara, Kampung KB terbaik se-Jawa Barat tahun 2022.

Ya, hasil itu diputuskan berdasarkan hasil penilaian terakhir, rechecking, tim juri apresiasi Jawa Barat pada 24 Mei 2022 lalu. Hal itu, tertuang dalam Surat Kepala Perwakilan BKKBN no 2673/PD.05.01/J2/2022 perihal pengumuman pemenang.

Kampung KB Hegarmanah Desa Haurkuning Kecamatan Nusaherang, berhasil menjadi juara dengan skor akhir 7,8 dan mengalahkan 27 peserta lainnya.

Ada 4 faktor utama yang akhirnya memikat juri dan jadi daya tarik, kenapa Kampung KB ini jadi yang terbaik di Jawa Barat tahun 2022. Beberapa program dan koordinasi yang baik jadi alasannya.

Program pertama, Kayucanting (Kampung Ayunan Cegah Stunting) yakni program ada ayunan setiap rumah yang memiliki balita. Ayunan ini, jadi wahana bermain anak dan ibu, sambil sang ibu memberikan makanan atau asupan gizi yang seimbang. Asupan gizi ini, jadi langkah yang bagus untuk pencegahan stunting.

Kedua adalah Ngaburjo (Ngajadikeun Buruan Hejo), yakni program penanaman tanamah damam polibeg di setiap rumah. Tujuannya, tanaman dapat dimanfaatkan untuk menambah gizi keluarga, atau dijual dan jadi pendapatan tambahan.

Selanjutnya, keguyuban dan kekompakan gotong royong yang masih terjaga. Dan terakhir, dukungan DPPKBP3A dan lintas sektor terkait di Kabupaten Kuningan.

Kepala DPPKBP3A Kabupaten Kuningan Trisman Supriatna M Pd, mengaku bersyukur atas keberhasilan ini. Menurutnya, hasil memuaskan ini bisa didapat, berkat potensi sosial dari masyarakat Desa Haurkuning yang luar biasa.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Kami sebagai OPD pengampu program KB di daerah, siap untuk menjadi Kampung KB terbaik Nasional,” lanjutnya.

Selain mengapresiasi masyarakat, Kadis Trisman juga menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya untuk pemerintah Kabupaten Kuningan, khususnya Bupati, Wabup, Sekda, Ketua TP PKK, DWP. Persatuan, dan Camat Nusaherang.

“Terima kasih sudah bahu-membahu untuk menjadi terbaik 1 Jawa Barat dan selanjutnya kita persiapkan lagi Kampung KB Hegarmanah ini untuk menjadi terbaik tingkat Nasional,” tutupnya. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Tahun ini, setelah dua tahun sebelumnya tidak bisa dilakukan karena pandemi, DPPKBP3A Kabupaten Kuningan kembali menggelar Rakerda Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan...

Government

KUNINGAN (MASS) – Sekda Kuningan memberikan arahan pada kegiatan Bimbingan Teknis Pelaporan Online Pendamping Kampung KB. Acara dihelat  di Aula Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga...

Government

KUNINGAN (MASS) – Bupati Kuningan H Acep Purnama. SH., MH membuka Rapat Kerja Daerah Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kabupaten Kuningan Tahun...

Advertisement