Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Anything

Istilah yang sering Ada di Bulan Ramadhan, Mana yang Paling Kalian Kangenin ?

KUNINGAN (MASS) – Sudah lebih dari setengah bulan, umat islam berpuasa di bulan Ramadhan. Tentu, moment setahun sekali ini sangat berkesan dan selalu ingin dimanfaatkan dengan baik oleh umat islam ang menjalankannya.

Di bulan yang penuh berkah ini, tentu banyak sekali moment yang akan diingat karena memang hanya ada di bulan Ramadhan. Berikut adalah ulasan dari istilah-istilah dan tradisi, yang memang selalu ada di bulan ramadhan.

1.Ngabuburit
Istilah yang satu ini tentu sangat familiar di bulan puasa. Ngabuburit sendiri, sebenarnya berasal dari bahasa sunda, burit artinya sore. Ngabuburit, menungu sore.
Biasanya ini dilakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa, baik itu dengan jalan ataupun tadarusan

2.Takjil
Takjil sendiri, merupakan kata serapan dari bahasa arab yang artinya menyegerakan. Maksudnya, menyegerakan berbuka. Tapi penggunaanya saat ini, lebih banyan merujuk pada makanan awal saat berbuka puasa, makanan pembuka. Biasanya, takjil disematkan pada makanan ringan di awal, seperti kolak dan makanan lainnya.

3.Bukber
Berbuka puasa, biasa dilakukan dengan membatalkan puasa baik itu minum ataupun makan. Moment yang satu ini juga cukup umum dilakukan oleh orang yang berpuasa. Berbuka bersama, menjadi salah satu moment yang banyak ditunggu sebagai sarana kumpul untuk berbuka puasa. Kalo bukber, jangan lupa shalat magrib juga ya guys.

4.Tarawih dan Witir
Ibadah yang satu ini memang khusus hanya ada di bulan ramadhan, shalat tarawih. Shalat sunnah yang dilakukan setelah isya ini, tentu akan sangat sayang dilewatkan, karena hanya sebulan dalam setahun.
Sedangkan shalat witir, merupakan shalat sunnah yang bisa dilakukan kapan saja. Shalat witir, diguakan sebagai shalat sunnah penutup malam. Di bulan puasa, biasa dilakukan setelah tarawih.

5.Bilal
Bilal merupakan istilah untuk seseorang yang membacakan doa dan bacaan di setiap akan dimulainya shalat tarawih.

6.Koprek/Obrog-obrog dan Sahur
Istilah ini juga mungkin hanya ada di bulan ramadhan di Indonesia. Praktek membangunkan orang untuk segera makan sahur ini cukup beragam, ada yang dengan musik, beduk dan bakan arak-arakan. Sahur sendiri, merupakan makan sunnah sebelum subuh sebelum puasa.

7.Imsak
Imsak sendiri berasal dari bahasa arab, artinya menahan. Imsak, merupakan istilah yang digunakan untuk mulai menahan diri dari makan dan minum serta bersiap puasa. Imsak, biasanya tanda bahwa hanya 10 menit sebelum waktu subuh, sebelum puasa mulai.

8.Nuzulul Quran
Moment yang satu ini juga memang diperingati pada bulan Ramadhan. Nuzulul Quran, diturunkannya alqur’an. Merujuk pada peristiwa pertama kali Alqur’an diturunkan oleh allah swt. Biasa diperingati pada tanggal 17 ramadhan. Biasanya dilakukan dengan tadarusan, mengaji bersama.

9.Lailatul Qodar
Malam ini biasa disebut sebagai malam seribu bulan, malam yang dianggap lebih baik daripada malam untuk seribu malam di bulan biasa. Pada malam ini, segala pahala akan kebaikan dilipatgandakan. Biasanya, banyak orang yang ‘berburu’ kemulyaan Lailatul Qodar dengan I’tikaf di masjid dan berdzikir. Istilah ini sendiri, muncul di alqur’an.
Tidak ada yang tahu kapan turunnya lailatul qodr, namun pendapat umum dikatakan terjadi pada malam ganjil di 10 malam terakhir ramdhan.

10.Zakat Fitrah dan Istilah Perzakatan
Zakat sendiri dala bahasa arab artinya suci, bisa juga diartikan mensucikan diri. Namun dalam praktiknya, zakat biasanya dilakukan dengan mengeluarkan harta dalam bentuk dan jumlah tertentu, untuk membersihkan jiwa.
Zakat fitrah hanya ada di bulan puasa. Biasanya zakat dilakukan dengan bahan makanan pokok untuk menyempurnakan ibadah puasa. Seiring dengan zakat, istilah dalam perzakatan juga muncul dan populer di bulan ramadhan, seperti amil (pengurus zakat), muzaki (pemberi zakat), serta mustahiq (penerima zakat).

Nah, tadi merupakan bebeberapa istilah yang sering muncul di bulan ramadhan. (eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Tourism

KUNINGAN (MASS) – Salah satu tempat yang bisa jadi rujukan untuk sekedar berhenti sejenak dari rutinitas dan merefresh pikiran agar lebih segar, Cipaniis bisa...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo, MSi sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia melalui 16 program prioritasnya yang telah dilaksanakan sesuai dengan...

Government

KUNINGAN (MASS)- Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH didampingi perwakilan dari MUI, Baznas dan Camat Nusaherang, M Reza, SSTP, MSi melakukan kunjungan dan silaturahmi...

Government

KUNINGAN (MASS) – Jalinlah silaturahmi, Karena didalam silaturahmi ada komunikasi, yang akan melahirkan solusi untuk memecahkan persoalan.   Hal itu, disampaikan oleh Bupati Kuningan, H...

Advertisement