Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Social Culture

Intensitas Hujan Tinggi, Karang Taruna Karoya Gelar Edukasi Tanggap Bencana 

KUNINGAN (MASS) – Dengan meningkatnya intensitas hujan, Kabupaten Kuningan termasuk yang rentan bencana. Terlebih, di Kuningan ini, kondisi dan kontur tanahnya berbukit.

Karena hal itulah, Karang Taruna Tunas Mekar Desa Karoya Kecamatan Cipicung, pada Sabtu (12/2/2022) kemarin, menggelar sosialiasi tanggap darurat bencana alam.

Ketua pelaksana kegiatan Adi Nizwar Purnama  menjelaskan, kegiatan sosialiasi itu mengundang tim korgad rescue (komunitas relawan garda depan) yang bermarkas di Bekasi.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kegiatan sendiri dibuka langsung oleh kepala desa setempat.  Sosialisasi itu, dihadiri seluruh komponen masyarakat, mulai dari perangkat desa, BPD, LPM, Linmas, DKM dan Irmas.

“Saya merasa bangga dengan kerja keras tim karang taruna dan Irmas yang telah berjibaku untuk membantu mensukseskan acara ini,” sebut Adi.

Sosialisasi kali ini, lanjutnya, bertujuan untuk mengedukasi masyarakat untuk lebih siap siaga dan tanggap ketika terjadi bencana alam.

Adi menjelaskan, dalam sosialisasi ini, dijelaskan tahapan dasar dalam tanggap darurat saat terjadi bencana alam dan menyusun langkah mengevakuasi korban sesuai dengan tahapan penyelamatan yang baik dan benar.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kepala Desa Karoya Toto Tohidi menyebut, pemerintah desa mendukung penuh kegiatan tersebut, karena bersifat positif dan bermanfaat bagi warga.

“Agar ketika suatu saat di daerah kita terjadi bencana baik itu longsor, gempa bumi maupun banjir setidaknya kita sudah paham apa yang harus kita lakukan,” ujarnya. (eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Religious

KUNINGAN (MASS) – Pada Minggu (14/8/2022) kemarin, salah satu Mitra Pengelola Zakat (MPZ) Arrahman binaan DT Peduli, menggandeng Ikatan Jemaah Haji Kuningan menyalurkan paket...

Inspiration

KUNINGAN (MASS) – Adalah Tita Puspita dan Insan Nurhaida, dua atlet disabilitas Kuningan yang ikut menyumbang medali dan menghantrkan Indonesia juarai ASEAN Para Games...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Lelaki yang tengah terbaring di salah satu kamar di Rumah Sakit Wijaya ini adalah Wahyu, salah satu korban yang tersenggol dari...

Government

KUNINGAN (MASS) – Tahun ini, Kabupaten Kuningan akan menginjak hari jadinya yang ke-524. Pemkab Kuningan, melalui Panitia Hari Besar Nasional (PHBN) nya, merilis logo...

Advertisement